Topik Diskusi Bersama Anak Setelah Nonton Film Avengers: Infinity War

Bukan hanya untuk bersenang-senang, Mama bisa mengajak Si Kecil belajar hal positif dari film ini

12 Mei 2018

Topik Diskusi Bersama Anak Setelah Nonton Film Avengers Infinity War
Pinterest.com/elenamariacamacho

Tidak diragukan lagi, anak kecil seusia anak mama pasti sangat menyukai berbagai karakter pahlawan atau superheroes yang membuatnya masuk ke dalam dunia imajinasi. Itu kenapa, tidak aneh, Si Kecil turut merasakan antusias menonton film Avengers: Infinity War (2018).

Sebagaimana dilansir dari laman commonsensemedia, para pakar anak berpendapat bahwa tidak ada salahnya untuk mengajak anak mama ikut nonton film usungan Marvel Cinematic Universe tersebut.

Tetapi, pastikan angkat topik diskusi bersama anak setelah nonton film Avengers: Infinity War seperti yang bisa Mama lihat di bawah ini.

1. Kebaikan para karakter superheroes

1. Kebaikan para karakter superheroes
imdb.com

Di atas segalanya, Mama disarankan untuk memastikan bahwa Si Kecil mendapatkan nilai-nilai positif yang terkandung pada film Avengers: Infinity War.

Hal ini dapat diupayakan dengan cara mendiskusikan kebiakan yang ditonjolkan para karakter superheroes.

Mama dapat memulainya dengan karakter pahlawan di film tersebut yang menjadi kesukaan anak mama. Setelah itu, bimbinglah Si Kecil melalui pembicaraan yang menyenangkan untuk menggali kebaikan dan hal-hal positif lainnya yang ditonjolkan karakter tersebut dan lainnya.

Editors' Picks

2. Kerja sama dalam bentuk tolong-menolong

2. Kerja sama dalam bentuk tolong-menolong
imdb.com

Sebelumnya, Mama telah berhasil memusatkan orientasi pikiran anak mama terhadap masing-masing karakter secara individual.

Sekarang, saatnya untuk Mama memberi pemahaman bahwa film Avengers: Infinity War secara garis besar menceritakan kerja sama diantara mereka.

Mama dapat membantu Si Kecil paham dengan mendiskusikan beberapa adegan yang memperlihatkan kerja sama di antara para karakter superheroes.

Hal ini disebut akan membuat Si Kecil sekaligus mengerti bahwa kita haruslah membangun sikap kerja sama yang tolong menolong.

3. Toleransi antara umat manusia

3. Toleransi antara umat manusia
imdb.com

Sebagaimana yang kita ketahui, era Millenial yang sudah modern sekarang ini nyatanya masih belum mampu memusnahkan beragam isu terkait SARA yang masih ditemukan di berbagai belahan dunia. Untungnya, film seperti Avengers: Infinity War memberikan pesan baik atas hal itu.

Dengan bersatunya para superheroes dari penjuru dunia yang turut menghadirkan Black Panther dari Wakanda yang merepresentasikan kultur Afrika, Mama dapat mengangkat hal tersebut sebagai topik penting bersama Si Kecil.

Melalui ini, Mama dapat memberikan gambaran bahwa segala sesuatu akan menjadi indah saat kita membangun sikap toleransi antara umat manusia. “Apapun perbedaan yang kita miliki, kita haruslah bersatu,” katakan kalimat itu pada anak mama tercinta, ya!

4. Kekuatan atau kelebihan

4. Kekuatan atau kelebihan
imdb.com

Salah satu faktor yang paling menonjol dari film arahan Anthony Russo dan Joe Russo adalah kekuatan para pahlawan dari Marvel Comics yang menjadi kelebihan utama mereka.

Hal ini tentu tidak boleh dilupakan Mama untuk menjadi topik pembicaraan penting bersama Si Kecil.

Pasalnya, melalui gambaran visual yang memperlihatkan beberapa individu mengandalkan kekuatan fisik, anak mama tentu berpotensi untuk mencotohinya.

Nah, dalam hal ini, Mama sangat ditekankan untuk memastikan bahwa Si Kecil memanfaatkan hal tersebut untuk hal positif dan pada tempatnya.

5. Unsur kekerasan

5. Unsur kekerasan
wired.com

Masih membahas mengenai bagaimana Si Kecil dapat mencontohi beberapa hal yang ditonjolkan film Avengers: Infinity War, Mama sebaiknya disarankan untuk memberi pengertian kepada anak mama bahwa adegan-adegan kekerasan yang ditonjolkan tidak baik diikuti.

Hal ini bisa dilakukan mengikuti pembicaraan Mama saat memberi pemahaman pada Si Kecil untuk menggunakan kekuatan atau kelebihannya pada hal positif.

Sekarang, Mama pasti mengerti bahwa menonton film tidak hanya sekedar untuk bersenang-senang saja. Ada pelajaran penting yang wajib dipahami anak mama setelah menontonnya.

So, discuss it with your child, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk