Menjelaskan pada Anak Bagaimana Cara Virus Menular

Sejak kecil anak harus tahu tentang virus dan bagaimana cara penyebarannya

19 Januari 2021

Menjelaskan Anak Bagaimana Cara Virus Menular
Pixabay/Andrew Angelov

Ma, apakah anak mama sudah mengetahui tentang cara virus menular?

Mengajarkan anak tentang virus merupakan hal penting untuk dilakukan. Meskipun membutuhkan perjuangan dan kesabaran dari orangtua karena tidak mudah bagi anak untuk menangkap pengajarannya, tetapi ini penting.

Anak perlu untuk diperkenalkan dengan virus dan bagaimana cara penularannya. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran anak untuk menjaga kesehatan dan menghindar dari tempat yang dapat menularkan virus.

Berikut ini Popmama.comtelah merangkum terkait cara virus menular.

1. Mengenal virus

1. Mengenal virus
Freepik/kjpargeter

Langkah pertama yang Mama harus lakukan yaitu menjelaskan mengenai virus pada anak. Virus merupakan mikroorganisme yang berukuran lebih kecil dari bakteri. Virus termasuk mikroorganisme yang bersifat parasit atau merugikan pihak yang ditumpanginya.

Virus juga dapat menginfeksi makhluk hidup yang akan mengakibatkan terkena berbagai penyakit. Makhluk hidup yang diserang oleh virus tidak hanya manusia, tetapi hewan, tumbuhan, jamur, dan bakteri juga dapat terinfeksi virus.

Virus tidak dapat dilihat hanya dengan menggunakan mata saja, tetapi membutuhkan alat yang canggih, yaitu mikroskop elektron untuk melihat meski ukurannya sangat kecil.

Editors' Picks

2. Bentuk dari virus

2. Bentuk dari virus
Freepik/kjpargeter

Virus hanya berukuran sekitar 0,02 hingga 0,3 mikrometer. Virus memang hanya dapat dilihat melalui alat, namun ia memiliki bentuk yang bervariasi, namun mengandung RNA dan DNA. Virus dikelompokkan berdasarkan bentuk, yaitu:

  • Berbentuk bulat
  • Berbentuk batang
  • Berbentuk batang dengan ujungnya oval seperti peluru
  • Berbentuk seperti benang
  • Berbentuk polyhedral
  • Berbentuk seperti huruf T

3. Cara virus menular

3. Cara virus menular
Freepik/wirestock

Pada umumnya virus yang dapat menular yaitu virus polio dan flu. Virus akan menyerang sel pada tubuh makhluk hidup dan menyebarkannya pada sel lain, sehingga akan menyebabkan terkena berbagai penyakit.

Penyebaran virus ke sel lain dapat dikenal sebagai virion. Infeksi ini dapat dihentikan ketika berhasil menggangu mekanisme pembentukan dari virion. Virus juga dapat dihentikan dengan mengonsumsi obat, namun memerlukan waktu yang lama.

Virus dapat menular secara langsung melalui sentuhan kulit langsung, bersin atau batuk, penggunaan jarum suntik secara bergantian, dan memegang benda yang merupakan sarang virus.

Virus flu paling mudah menular ke sesama manusia dalam waktu empat hari sejak tubuh terinfeksi penyakit.

4. Tempat yang rentan menjadi penyebaran virus

4. Tempat rentan menjadi penyebaran virus
Freepik/sebdeck

Virus dapat menular disemua tempat dan kapan saja. Namun, ada beberapa tempat yang menjadi paling rentan terkena virus, yaitu tempat yang berisi kerumunan orang dan angkutan umum seperti bus.

Virus gampang ditemukan dimana saja. Oleh karena itu, penting untuk melindungi diri dari virus yang akan menyerang tubuh.

Cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari virus, yaitu mencuci tangan menggunakan sabun, tidak bersentuhan dengan orang yang sedang sakit, dan tidak menyentuh area wajah ketika tangan kotor.

Selain itu, Mama juga dapat mengajak anak untuk menjaga kesehatan dengan beberapa cara berikut ini:

  • mengonsumsi makanan yang sehat bagi tubuh,
  • rajin berolahraga,
  • tidur yang cukup,
  • rajin berjemur pagi,
  • mengonsumsi vitamin.

5. Macam-macam virus yang mematikan di dunia

5. Macam-macam virus mematikan dunia
Freepik/wirestock

Virus sudah ada sejak lama di kehidupan manusia. Virus juga menjadi salah satu yang ditakuti oleh setiap manusia. Varian virus memang banyak dan rentan terkena, namun ada beberapa macam virus yang berisiko tinggi menyebabkan meninggal dunia, yaitu:

  • Virus ebola. Virus ini dapat menyebar melalui darah ataupun cairan lainnya. Virus ini memiliki 2 jenis yang tingkat risiko kematiannya berbeda. Jenis Bundibugyo memiliki tingkat kematian sebanyak 50%, sedangkan jenis sudan dapat mencapai 71%.
  • Virus rabies. Virus ini menularkan melalui gigitan hewan yang sudah terinfeksi. Ketika manusia terkena virus rabies akan merusak bagian otak dan berakibatkan fatal. Bagi yang tertular harus segera ditangani karena memiliki risiko yang tinggi akan kematian.
  • Human immunodeficiency virus (HIV). Virus ini menjadi salah satu yang memiliki risiko paling besar diantara virus lainnya. Pada umumnya HIV terkena karena adanya kegiatan berhubungan intim tanpa menggunakan pengamanan. Bagi yang terkena virus ini dapat meninggal dunia karena susah untuk disembuhkan.

Nah itulah beberapa informasi mengenai virus yang menular pada makhluk hidup, salah satunya yaitu manusia. Ajak anak untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari virus ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.