10 Adab Makan dan Minum yang Perlu Diajarkan pada Anak Sejak Dini

Sebagai berkah yang diberikan Allah SWT, yuk ajarkan adab makan & minum pada anak

7 Oktober 2021

10 Adab Makan Minum Perlu Diajarkan Anak Sejak Dini
Pexels/Gabby K

Dalam ajaran Islam, segala kegiatan yang umatnya lakukan baik di dunia maupun di akhirat, semuanya telah tertuang sesuai dengan ketentuan Allah SWT serta sunah yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Sebagai orangtua, tentu kita perlu mengajarkan segala ajaran yang sudah ditetapkan kepada buah hati. Salah satunya adalah mengajarkan adab makan dan minum sebagai salah satu kegiatan rutin harian yang dilakukan umat manusia.

Tak asal memberikan sesuatu hidangan yang menyehatkan dan mengenyangkan, kegiatan ini harus dilakukan dengan benar sesuai sunah yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Makan dan minum merupakan berkah yang telah diberikan Allah SWT kepada hambanya, untuk itu perlu adanya adab yang diperhatikan. Itulah mengapa penting diajarkan pada anak sejak dini mungkin.

Untuk membantu anak mama memahami adab-adab tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum adab makan dan minum dalam Islam.

1. Membersihkan kedua tangan

1. Membersihkan kedua tangan
Pexels/Ketut Subiyanto

Dalam anjuran kesehatan, mencuci tangan sebelum memulai makan dan minum memang perlu dilakukan demi menjaga kebersihan diri dari kuman-kuman yang ada di tangan.

Tak hanya untuk kesehatan saja, rupanya dalam beberapa hadis seperti HR An Nasa 1/50 dan Ahmad VI/118-119 yang menyebutkan bagaimana adab makan dan minum yakni memulainya dengan mencuci kedua tangan.

2. Membaca basmallah

2. Membaca basmallah
Unsplash/Kyle Nieber

Dalam ajaran Islam, setiap umat yang ingin memulai sesuatu umumnya dianjurkan mengucapkan basmallah terlebih dahulu. Pun saat akan makan dan minum.

Ajari anak untuk mengawali kegiatan makan dan minum dengan menyebut dan mengingat Allah SWT. Hal ini merupakan bagian dari rasa syukur yang kita tunjukkan kepada sang pencipta.

Sebagai diriwayatkan Rasulullah SAW dalam HR Bukhari yang berbunyi, "Hai anak laki-laki ada baiknya kamu makan dengan tangan kananmu dan ucapkanlah basmallah dan terus mengulang dan menyebut Allahusubhanahu wa ta'ala."

3. Membaca doa sebelum memulai makan

3. Membaca doa sebelum memulai makan
Freepik

Selain mengawalinya dengan basmallah, selanjutnya tak lupa memulai kegiatan makan dengan membaca doa yang sudah dianjurkan. Adapun doa makan yang bisa diajarkan pada anak adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa 'adzaa bannar

Artinya: "Ya Allah berikanlah kami dan berkahilah kami dalam mencari rezeki yang telah engkau pelihara kami dari godaan setan api neraka."

4. Menggunakan tangan kanan

4. Menggunakan tangan kanan
Freepik/karlyukav

Ajarkan pada anak untuk memulai makannya menggunakan tangan kanan, bukan dengan tangan kiri. Sebagaimana disebutkan dalam HR Muslim No.2020 yang berisikan anjuran makan umat Islam dengan menggunakan tangan sebelah kanan. Sebab sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya.

Editors' Picks

5. Makan dengan posisi duduk, tidak berdiri

5. Makan posisi duduk, tidak berdiri
Pexels/August de Richelieu

Dalam Islam juga diajarkan bahwa makan maupun minum harus dalam keadaan duduk, tidak berdiri. Sebagaimana dikatakan Anas dalam HR Imam Muslim yang berbunyi, "Nabi SAW telah melarang orang minum sambil berdiri. Lalu Qatadah bertanya kepada Anas, 'Kalau makan bagaimana?' Ia pun menjawab: 'Hal itu (makan dengan cara berdiri itu) lebih busuk dan jahat'."

6. Makan dan minum secukupnya

6. Makan minum secukupnya
Freepik.com

Sama seperti adab berbuka puasa yang menyebutkan, "berbukalah secukupnya". Makan dan minum setiap hari juga dilakukan demikian, Ma.

Adab dalam Islam menganjurkan untuk seluruh umatnya makan dan minum dengan secukupnya. Bahkan, Rasulullah SAW juga melarang umatnya untuk menyisakan makanan. Sebab makanan yang tersisa termasuk perbuatan mubazir dan sia-sia.

7. Konsumsi makanan dan minuman yang halal

7. Konsumsi makanan minuman halal
Pexels/alex green

Hal utama yang perlu diketahui oleh seluruh umat Islam adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang halal. Sebagaimana kita ketahui, Allah SWT melarang keras umatnya untuk mengonsumsi sesuatu yang haram sebab akan banyak mudharat yang mereka dapatkan.

Adapun poin ini juga disebutkan dalam Al-Quran yakni pada surat Al-Maidah ayat 88 yang artinya, "Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya."

8. Tidak mencela makanan

8. Tidak mencela makanan
Freepik

Makan dan minum adalah berkah dari Allah SWT kepada umatnya. Barang siapa yang mencela makanan maupun minum berarti tidak menghargai rezeki dan tidak menghargai orang sekitar yang memberikan rezeki tersebut.

Rasulullah SAW pun pernah mendapatkan hidangan yang kurang ia sukai, namun ia sangat menganjurkan untuk tidak mencela hidangan yang disajikan tersebut. Disebutkan dalam HR Muslim yang berbunyi:

"Rasulullah SAW tidak pernah mencela makanan sama sekali. Apabila beliau menyukainya, maka beliau memakannya. Dan apabila beliau tidak suka terhadapnya, maka beliau meninggalkannya." 

9. Segera santap hidangan yang disajikan

9. Segera santap hidangan disajikan
Freepik/pvproductions

Adab makan dan minum yang perlu diajarkan selanjutnya adalah dengan menyegerakan hindangan yang sudah disajikan. Adab ini berkaitan dengan umat yang ingin melakukan ibadah salat.

Saat adzan berkumandang, kita diperbolehkan untuk menyantap makanan atau minuman tersebut terlebih dahulu. Sebab ketika anak salat dalam keadaan makanan sudah siap dan perutnya lapar, dikhawatirkan ini akan membuat salat anak menjadi tidak tenang karena memikirkan hidangan tersebut.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan Rasulullah SAW dalam HR Bukhari berikut ini, "Jika makan malam sudah disajikan dan Iqamah salat dikumandangkan, maka dahulukanlah makan malam." 

10. Menutup makan dan minum dengan doa

10. Menutup makan minum doa
Pixabay/muhammedweb

Memulainya dengan basmallah dan doa, maka ajarkan juga pada anak untuk mengakhirinya dengan alhamdulillah dan doa. Berikut doa yang bisa diajarkan pada anak mama. Bunyinya ialah:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْ

Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alnaa muslimiin

Artinya: "Segala puji bagi Allah Ta'ala yang telah memberikan makanan dan minuman ini serta jadikan kami sebagai orang-orang islam."

Itulah adab makan dan minum dalam Islam yang harus diajarkan dan ditanamkan pada anak sejak dini. Adab di atas dapat dijadikan pembelajaran serta bentuk rasa syukur yang perlu anak tanamkan bahwa setiap makan atau minum yang ia dapat adalah anugerah dari Allah SWT untuk ia hargai.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.