Anak 5 Tahun Tertangkap saat Mengendarai Mobil, Kok Bisa?

Jangan biarkan ini terjadi pada anak Mama, ya!

6 Mei 2020

Anak 5 Tahun Tertangkap saat Mengendarai Mobil, Kok Bisa
Twitter/UTHighwayPatrol

Polisi yang melakukan patroli di Utah, Amerika Serikat telah mengamankan bocah yang berhasil membawa kabur mobil orangtuanya di usia terlalu dini, yaitu 5 tahun.

Dalam cuitan pada akun Twitter resmi milik Patroli Utah, menyebutkan bahwa awalnya mereka menemukan ada seorang pengemudi yang bermasalah sehingga memberhentikan mobil tersebut. 

Namun polisi dibuat terkejut dengan orang dibalik kemudi itu yang ternyata adalah anak lelaki berusia 5 tahun.

Patroli Utah juga menyebutkan bahwa anak itu mengambil orangtuanya setelah marah ketika Mamanya mengatakan tidak akan membelikannya sebuah mobil Lamborghini.

Saat orangtuanya bekerja, sang Anak diam-diam mengambil kunci mobil yang ada di rumah dan pergi ke California.

Anak laki-laki yang berhasil diamankan kepolisian setempat diketahui hanya memiliki uang sebesar $ 3 di sakunya. Sebelum berhasil diberhentikan polisi yang sedang patroli, anak itu berhasil menempuh jarak dua mil dari rumahnya.

"Dia kesal dan hampir menangis, dan itu adalah jawaban singkat satu kata yang dia berikan," jelas Polisi Patroli Jalan Raya Utah Rick Morgan.

"Orangtuanya mengatakan bahwa dia tidak pernah mengemudi sebelumnya, ini adalah pertama kalinya dia melakukan hal seperti ini."

Agar hal serupa tak terjadi pada anak Mama, yuk ketahui tips yang sudah Popmama.com siapkan agar anak bisa berpikir dua kali sebelum berkendara.

1. Menjelaskan pentingnya aturan berkendara sejak dini

1. Menjelaskan penting aturan berkendara sejak dini
parenting.firstcry.com

Mengetahui tata cara berkendara yang baik dan benar tentunya harus diterapkan sejak dini. Sebab saat sudah waktunya, mereka diharapkan bisa berperilaku sesuai dengan aturan bekendara yang ada.

Meski usianya masih di bawah umur dan belum diperbolehkan berkendara, tetapi penting untuk Mama memberikan pengertian pada anak tentang aturan berkendara.

Mama juga perlu menjelaskan bahwa saat berkendara terdapat batasan usia sehingga tidak bisa sembarangan memberikan kendaraan pada anak yang masih di bawah umur, hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

2. Memberikan peringatan bahaya berkendara pada anak di bawah umur

2. Memberikan peringatan bahaya berkendara anak bawah umur
familynurture.org

Alasan mengapa anak-anak harus menunggu usia mereka sampai batasan waktu mengemudi adalah selain mempersiapkan segala sesuatu demi keselamatannya dalam berkendara.

Sama seperti bermain sepeda, anak-anak tentunya memerlukan pengaman dan harus dalam pengawasan orangtua.

Begitu pula dengan berkendara, baik mobil atau motor.

Mama bisa menjelaskan pada anak pada usia berapa mereka boleh berkendara dan apa saja aturan yang perlu mereka taati ketika sudah diperbolehkan berkendara sendiri.

Jelaskan pada mereka bahwa berkendara tidak sesuai usianya bisa berisiko pada keselamatannya.

3. Menjelaskan bahwa anak sangat berharga

3. Menjelaskan bahwa anak sangat berharga
Freepik/prostooleh

Setiap anak tentunya sangat berharga untuk orangtuanya. Memberikan pengertian bahwa anak sangat berharga sejak dini menjadi salah satu cara agar anak bisa berpikir dua kali sebelum melakukan tindakan yang akan merugikannya.

Mama bisa memberi tahu pada si Kecil bahwa ia sangat berharga sehingga Mama ingin dirinya selalu dalam keadaan sehat dan aman.

Dengan begitu, diaharapkan anak dapat memahami aturan berkendara sesuai dengan usianya.

Itulah tips yang bisa Mama lakukan pada anak-anak, semoga bisa membantu dan menghindari anak melakukan hal-hal yang dapat merugikan dirinya dan orang lain.

Baca juga:

The Latest