Cara Mencegah Anak Stunting saat Pandemi agar Tumbuh Bahagia

Yuk, bantu cegah stunting pada anak-anak

8 September 2020

Cara Mencegah Anak Stunting saat Pandemi agar Tumbuh Bahagia
Dok. 1000 Days Fund

Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia sejak beberapa bulan lalu tentu telah membuat banyak perubahan bagi masyarakat. Berbagai sektor kegiatan pun ikut alami perubahan karena adanya pandemi ini.

Saat ini, hampir semua sektor mengalami dampak dari adanya Covid-19 yang sedang mewabah. Mulai dari perekonomian, pendidikan, dan terlebih kesehatan.

Guna mencegah penyebarluasan virus selama pandemi, banyak layanan kesehatan masyarakat yang berkurang hingga 45,31%.

Masyarakat diminta untuk tetap di rumah saja jika tidak dalam keadaan yang darurat dan mendesak untuk mendapat penanganan dokter.

Namun pengurangan layanan kesehatan ini justru berdampak pada semakin buruknya angka stunting anak di Indonesia. 

Sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah untuk perangi stunting di masa pandemi, 1000 Days Fund membagikan lebih dari 35,000 poster tinggi badan kepada lebih dari 100 Puskesmas di seluruh Indonesia pada peringatan Hari Anak Nasional bulan Juli lalu.

Berikut Popmama.com telah merangkum cara mencegah anak stunting saat pandemi agar anak tumbuh dengan bahagia.

Editors' Picks

1. Pelayanan Posyandu ditiadakan lantaran pandemi

1. Pelayanan Posyandu ditiadakan lantaran pandemi
Freepik/jcomp

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sejak kuarter dua 2020 sebanyak 45,31% pelayanan Posyandu terpaksa ditiadakan dan terdapat 37,23% pelayanan berkurang sehingga hanya ada 18,7% pelayanan yang berjalan tetap.

Terhentinya pelayanan Posyandu tentu berdampak pada imunisasi anak yang kemudian hanya dilakukan 39,55%, sementara 56,99% cakupan pelayanan imunisasi sudah berkurang.

Berdasarkan data tersebut, pemantauan tumbuh kembang anak yang biasanya dapat dilakukan terjadwal saat imunisasi dan pemberian vitamin A pun alami perubahan dan terhambat. Itulah yang kemudian memperburuk angka stunting di Indonesia.

2. Membagikan poster tinggi badan untuk perangi angka stunting

2. Membagikan poster tinggi badan perangi angka stunting
Dok. 1000 Days Fund

Sebagaimana telah diimplementasikan oleh 1000 Days Fund sejak tahun 2018 dengan membagikan poster tinggi badan, angka stunting berhasil turun 9% di Labuan Bajo dalam dua tahun sejak dimulainya edukasi.

Tak hanya pembagian poster edukasi, 1000 Days Fund juga memberikan pelatihan mengenai stunting dan poster tinggi badan ini yang sudah diberikan kepada 500 kader dan nakes yang tersebar di 25 pulau di Indonesia.

"Poster ini mudah ditempel sehingga menjadi cara paling efektif untuk diberikan kepada yang paling membutuhkan tanpa harus mengorbankan keberlangsungan atau dampak dari program yang sebelumnya telah dilakukan,” kata Sisi Arawinda, Project Officer 1000 Days Fund.

3. Cara mencegah stunting pada anak

3. Cara mencegah stunting anak
sittercity.com

Adanya pandemi tentu memperburuk keadaan karena berdampak pada pelayanan Posyandu dan Puskesmas yang ditutup di berbagai lokasi. Pengurangan layanan kesehatan masyarakat ini pada akhirnya berdampak pada semakin tingginya angka stunting di Indonesia.

Untuk membantu mencegah peningkatan angka stunting anak Indonesia, yuk bantu anak Mama dengan menerapkan 4 cara berikut ini agar tetap tumbuh dengan baik tanpa alami stunting. 

  • Membaca dan memahami ilmu kesehatan: Orangtua harus memiliki infromasi mengenai perkembangan anak. Saat ini sudah banyak informasi secara online yang bisa Mama cari tahu dengan mudah. Pemahaman baik tentang stunting akan mampu memberikan orangtua kesadaran arti pemenuhan gizi bagi anak.
  • Menerapkan pola asuh yang baik: Keluarga merupakan tempat pertama anak bertumbuh kembang. Menerapkan pola asuh yang baik sejak kehamilan menjadi kunci penting agar anak dapat tumbuh secara baik dan sesuai dengan usianya.
  • Membiasakan pola makan sehat: Pola makan dengan gizi yang seimbang ini perlu dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Baik sejak anak masih dalam kandungan, hingga nanti sudah tumbuh besar. Dengan membiasakan pola makan sehat dan bergizi, maka orangtua sudah membantu anak untuk tetap tumbuh dengan baik.
  • Kebersihan air dan sanitasi: Lingkungan yang bersih tentu dapat menjaga kekebalan tubuh anak, sehingga terhindar dari infeksi. Untuk itu, kebersihan air dan sanitasi dibutuhkan agar anak tetap mendapat perlindungan kesehatan yang maksimal selama tumbuh kembangnya.

Nah, itu dia informasi seputar angka stunting di Indonesia yang semakin meningkat karena pandemi. Untuk itu, semoga cara-cara di atas dapat membantu para orangtua dalam ikut serta memerangi stunting pada anak mereka.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.