11 Profesi Hebat yang Perlu Diperkenalkan pada Anak

Beritahu secara bertahap dan pelan-pelan ya, Ma

21 April 2020

11 Profesi Hebat Perlu Diperkenalkan Anak
Freepik/prostooleh

Masa pertumbuhan anak-anak banyak diisi dengan belajar hal baru. Selain belajar membaca dan berhitung, mengenalkan berbagai jenis profesi juga penting untuk diketahui anak, setuju nggak Ma?

Dalam rangka merayakan Hari Kartini, yang jatuh pada tanggal 21 April setiap tahunnya, nggak ada salahnya menggunakan waktu untuk berbincang dan bercerita bersama si Kecil di rumah. Topik hari ini adalah mengenalkan ragam profesi pada anak.

Peran orangtua di rumah juga tak kalah penting dengan materi pembelajaran di sekolah dalam mengenalkan berbagai profesi serta pekerjaan yang biasa dilakukan banyak orang.

Bukan tanpa alasan, mengenalkan aneka profesi padanya akan membuatnya semakin banyak tahu tentang cita-citanya kelak. Jika anak mama mengetahui macam-macam profesi, ini akan memotivasinya untuk berusaha mengejar cita-citanya tersebut.

Bagaimana Cara Mengenalkan Profesi pada Anak?

Cara mengenalkan profesi pada anak bisa melalui dongen, bercerita, atau membaca buku berisi aneka profesi. Manfaatnya adalah anak bisa membangun imajinasi yang lebih maju setelah mengetahui banyak jenis pekerjaan.

Tambah lagi informasi yang didapat maka tambah pula ilmu si Kecil. 

Di sisi lain, saat anak mulai mengenal banyak profesi, maka dengan begitu anak bisa menghargai setiap profesi yang ada tanpa memandang perbedaan.

Nah, untuk mengenalkan berbagai profesi pada anak, berikut Popmama.com telah merangkum profesi apa saja yang bisa diperkenalkan pada mereka. Disimak ya, Ma!

1. Dokter

1. Dokter
Freepik/ jcomp

Dokter adalah orang yang bekerja di dunia medis, ia memiliki ilmu yang sangat dalam dan bisa menymbuhkan orang sakit. Profesi dokter menjadi salah satu yang paling banyak dicita-citakan oleh anak kecil.

Profesi ini sangat penting dalam kehidupan, sebab tak hanya membantu pasien sembuh dari penyakit, dokter juga sebagai tempat konsuktasi serta mendiagnosis sebuah penyakit.

Namun yang perlu diperhatikan, pekerjaan dokter memiliki risiko cukup tinggi.

Oleh sebab itu banyak dokter yang mengambil spesiasil tertentu untuk lebih mendalami pengetahuan mereka dan tidak boleh sembarangan melakukan tindakan medis terhadap pasien.

2. Arsitek

2. Arsitek
Freepik

Anak menyukai gambar? Mungkin Mama bisa mengenalkan profesi satu ini padanya. Arsitek, merupakan profesi yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi. Seorang arsitek juga harus pandai dalam menggambar desain bangunan lengkap dengan ukuran yang presisi.

Banyak gedung-gedung yang menjulang tinggi dan kokoh yang kita lihat saat ini memerlukan konstruksi desain yang bagus dan presisi, itulah mengapa arsitek sangat dibutuhkan dalam sebuah konstruksi. 

3. Fotografer

3. Fotografer
Pixnio.com

Hidup di era teknologi serba canggih, tentu membuat profesi fotografer menjadi yang banyak digandrumi. Pekerjaan fotografer sendiri merupakan sebuah hobi yang menjadi profesi. Ketika sejak kecil sang anak mulai tertarik akan dunia foto, maka Mama bisa mengasah kemampuannya untuk menggeluti profesi fotografer.

Tak hanya soal hobi, menjadi seorang fotografer juga membutuhkan rasa peka dan insting yang tinggi untuk menentukan angle dan timing yang sesuai dalam proses pengambilan gambar. Seorang fotografer juga harus memahami pengaturan pada fitur-fitur kamera untuk mendapat hasil jepretan yang maksimal.

4. Guru

4. Guru
Freepik/ Pressfoto.ru

Sama dengan dokter, profesi guru juga menjadi profesi yang banyak dicita-citakan anak. Guru merupakan salah satu profesi yang dianggap mulia karena membantu dalam bidang pendidikan bagi seluruh masyarakat di seluruh dunia.

Ketika anak belajar di sekolah dan melihat bagaimana gurunya mengajar, mungkin ini yang menjadikan mereka tertarik pada profesi guru. Anak yang memiliki cita-cita guru dianggap memiliki rasa toleransi yang tinggi untuk membantu sesama. Apakah anak Mama memiliki cita-cita ini juga?

Editors' Picks

5. Koki

5. Koki
Instagram.com/chefchandra_y

Koki atau orang sering menyebutnya chef, merupakan profesi yang membutuhkan kepekaan dan ketelitian tinggi. Hal ini karena para koki harus mempersiapkan semua yang terbaik dari awal, bahkan sebelum proses memasak dimulai. 

Koki juga harus mampu melakukan pemilihan bahan makanan yang bagus, memhami teknik pengupasan dan pemotongan yang benar, mengetahui takaran komposisi bumbu yang tepat dan semacamnya untuk menyajikan makanan yang harus dapat memikat hati.

Jika anak mama senang diajak berkreasi di dapur, mungkin ia tertarik dengan dunia memasak. Apakah anak mama ingin menjadi koki ketika besar nanti? 

6. Tentara

6. Tentara
Pexels/Pixabay

Memperkenalkan profesi tentara kepada anak adalah hal seru. Ceritakan pada anak bahwa profesi yang satu ini juga tak kalah penting dalam kehidupan.

Tentara merupakan profesi yang harus siap lahir batin menghadapi segala sesuatu di tempat. Sebab seorang tentara memiliki tugas untuk membela bangsa dan negara sampai tetes darah terakhir.

Profesi ini juga memiliki risiko tinggi karena kewajiban menjaga dan membela negara, seperti harus jauh dari keluarga dan tempat kerja yang cukup berbahaya yang bisa menghilangkan nyawa.

7. Polisi

7. Polisi
Freepik/wisanu_nuu

Sama dengan tentara, polisi juga ikut andil dalam menjaga keamanan negara. Tugas polisi juga tak kalah sulit dengan para tentara. Polisi harus menangani masalah yang ada di sekitar masyarakat, menangkap para penjahat, pengedar narkoba, juga mengayomi dan menjaga ketertiban yang ada di lingkungan sekitar.

Sama hal nya dengan tentara, tak sedikit pula para polisi yang harus kehilangan nyawa mereka saat sedang bertugas. Itulah mengapa polisi juga membutuhkan ketelitian dan kekuatan dalam menjalani tugasnya.

8. Pilot

8. Pilot
Wikimedia

Mungkin anak memiliki mainan pesawat yang biasa ia terbang-terbangkan secara manual, Mama bisa nih mengenalkan profesi ini ketika anak sedang memainkan permainan itu.

Beritahu mereka bahwa profesi pilot menjadi salah satu profesi yang cukup menantang dan membutuhkan ketelitiaan yang sangat tinggi.

Mengapa begitu?

Sebab para pilot harus menerbangkan sebuah pesawat di udara dengan puluhan bahkan ratusan penumpang agar sampai di tujuan dengan selamat. Mengendarai pesawat di lalu lintas udara, hanya kalangan penerbang saja yang mengerti tentang ini.

Ada ilmu khusus yang harus dipelajari dengan mengambil sekolah khusus. Sama halnya dengan beragam profesi yang sudah disebutkan tadi.

Hal yang mengagumkan dari profesi pilot adalah bisa keliling dunia, melakukan pendaratan hebat dan menjaga keselamatan para penumpang demi mengantarnya ke tempat tujuan.

Luar biasa!

9. Penjahit

9. Penjahit
Freepik/Bearfotos

Memperkenalkan profesi menjahit kepada anak bisa dimulai dari menanyakan, darimana pakaian yang anak kenakan saat ini. Baju apa yang paling ia sukai? Lalu ceritakan mengenai siapa orang yang membuat pakaian-pakaian bagus yang dikenakan oleh anak.

Dialah penjahit. Orang yang telah membuat pola, menggunting bahan dan menjahitnya sampai menjadi pakaian yang bisa melindungi manusia dari panas atau kedinginan. Orang jadi bisa bergaya, semua karena keahlian para penjahit.

Semua pekerjaan memang membutuhkan ketelitian, sama dengan profesi dan pekerjaan para penjahit.

Mereka adalah orang-orang yang menjahit pakaian dan berusaha agar hasil jahitan mereka terlihat rapi dan sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan.

Kenalkan pada anak bahwa pakaian yang ia gunakan merupakan hasil pekerja para penjahit yang mampu melakukan pekerjaannya dengan baik sehingga menghasilkan pakaian yang nyaman dan banyak disukai orang.

Agar jahitan yang dibuat lebih menarik, maka anak pelu mempelajari ilmunya. Kalau sudah jago, bisa berprofesi sebagai perancang. Hebat kan!

10. Pedagang

10. Pedagang
Insidefmcg.com.au

Pedagang merupakan profesi dan pekerjaan yang banyak ditekuni banyak orang. Sebab profesi ini memiliki cakupan yang sangat luas. Pedagang bisa menawarkan dan menjual barang apapun yang memang bagus dan layak untuk digunakan.

Seperti ketika mengajak anak ke pasar, ada banyak pedagang berbeda yang bisa anak jumpai. Mulai dari pedagang sayur-sayuran hingga pedagang makanan.

Jadi bisa dibilang pedagang juga menjadi profesi penting dalam memenuhi kebutuhan manusia.

11. Pemadam kebakaran

11. Pemadam kebakaran
Freepik

Profesi terakhir yang bisa Mama kenalkan pada anak adalah pemadam kebakaran. Profesi satu ini juga tak kalah berisiko karena para pemadam kebakaran harus berjuang memadamkan api serta menolong korban yang terjebak dalam kebakaran.

Mereka juga harus menembus kobaran api yang mengancam nyawa demi menyelamatkan para korban.

Itulah beragam profesi yang bisa Mama kenalkan pada anak sejak dini. Selain untuk memberikan informasi seputar pekerjaan yang ada di sekitar, anak juga akan belajar menghargai setiap pekerjaan dan melatih dirinya untuk menekuni salah satu pekerjaan yang mereka sukai.

Mudah kan Ma, mengenalkan 11 profesi pada anak melalui bercerita. Semoga si Kecil semakin bersemangat ya menuju cita-citanya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.