Ampuh! 5 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Bintitan pada Mata Anak

Pengobatan alami dirasa lebih aman untuk kulit anak-anak

12 Juli 2020

Ampuh 5 Pengobatan Alami Mengatasi Bintitan Mata Anak
Aao.org

Bintitan atau dalam istilah medis disebut hordeolum merupakan kondisi ketika bintil menyakitkan dan serupa dengan jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata.

Secara umum, penyebab terjadinya bintitan sendiri terjadi karena infeksi bakteri dan akan muncul hanya di salah satu kelopak mata. 

Tak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun juga bisa alami kondisi ini.

Walaupun kondisi mata bintitan umumnya tak membahayakan dan dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi bintitan akan menganggu kegiatan harian anak jika tak segera ditangani.

Pastikan anak segera membaik jika mengalami hal ini.

Berikan obat alami untuk mata bintitan pada anak agar segera merasa nyaman.

Agar kondisi bintitan pada mata si Kecil cepat membaik, Mama dapat memberikan obat alami bintitan pada anak seperti yang telah Popmama.com rekomendasikan berikut ini.

1. Meminta si Kecil untuk tidak menyentuh dan mengucek matanya

1. Meminta si Kecil tidak menyentuh mengucek matanya
Freepik

Bintil yang timbul disekitar kelopak mata sering kali menimbulkan rasa gatal bagi anak-anak yang menderitanya. Meskipun terasa gatal, langkah pertama agar tidak sebabkan infeksi adalah dengan meminta si Kecil untuk tidak menyentuh dan mengucek matanya/

Tangan yang kotor dan terus mengucek bintil pada bintitan matanya justru akan menimbulkan rasa sakit dan infeksi. Oleh karena itu, beri tahu padanya untuk tidak menyentuh dan mengucek matanya ya, Ma.

Editors' Picks

2. Mengompres air hangat

2. Mengompres air hangat
Freepik

Daripada membiarkan anak mengucek dan menyentuh terus menerus matanya, Mama bisa mengatasinya dengan memberikan kompres air hangat pada kelopak matanya yang timbul bintil.

Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah kok, Ma. Cukup mengompres kelopak mata anak sebanyak 2-4 kali sehari dengan handuk bersih yang sudah direndam air hangat, lalu diamkan kompres tersebut pada kelopak mata anak selama beberapa saat.

Tetapi jika si Kecil menolak untuk diobati, Mama tidak perlu memaksa ya! Lebih baik Mama melakukannya ketika ia tertidur agar lebih memudahkan Mama dalam mengobati mata bintitannya.

Mama juga bisa memberi tahunya bahwa cara ini dapat membuat bintitannya lebih cepat sembuh, sehingga anak akan lebih mudah mengerti dan mau diobati dengan kompres air hangat.

3. Mengompres dengan air garam

3. Mengompres air garam
Freepik

Jika si Kecil terus mengeluhkan nyeri akibat bintitan yang ia alami. Selain kompres air hangat, Mama bisa mengompres area matanya dengan air garam.

Kandungan magnesium yang terkandung dalam garam dipercaya mampu membunuh bakteri serta mengurangi rasa sakit yang timbul di area mata akibat bintitan.

Caranya sangat mudah, Ma. Pertama Mama perlu melarutkan air garam pada air hangat dan mengaduknya hingga tercampur dengan air. Setelah itu, rendam kain bersih yang lembut ke dalam larutan air garam tersebut.

Langkah selanjutnya, Mama tinggal menempelkan kain tersebut ke area mata bintitan dan diamkan selama sekitar 10 menit. Mama bisa melakukan cara ini sampai bintil pada kelopak matanya mengempis.

4. Kompres dengan teh hitam

4. Kompres teh hitam
Freepik

Selain dengan air hangat dan air garam, bintitan pada anak juga bisa Mama obati dengan teh hitam. Sebab kandungan antibakteri pada teh hitam juga dapat membantu proses penyembuhan mata bintitan.

Caranya pun mudah, cukup menyeduh 1 kantoh teh hitam pada air panas. Lalu tunggu sekitar 1 menit dan Mama bisa mengangkat kantong teh hitam tersebut.

Agar tidak terlalu panas, Mama bisa mendiamkan beberapa saat kantong teh yang tadi sudah diangkat. Kemudian tempelkan kantong teh hitam pada area mata yang bintitan dan tunggu selama 5-10 menit.

Jika bintitan terjadi pada kedua kelopak matanya, jangan menggunakan kantong teh yang sama ya, Ma! Gunakan kantong teh berbeda untuk mengompres area matanya. Jika tidak, ini justru akan memperburuk kondisi matanya.

5. Membersihkan area sekitar kelopak matanya

5. Membersihkan area sekitar kelopak matanya
Flo.health

Cara alami dan mudah lainnya adalah dengan membersihkan area sekitar kelopak mata si Kecil yang terinfeksi bintitan.

Membersihkan area matanya membantu untuk mencegah timbulnya bakteri yang akan semakin memperburuk infeksi pada matanya.

Mama bisa membersihkan dengan kain lembut yang sudah direndam air hangat.

Minta si Kecil untuk memejamkan matanya, bersihkan secara perlahan dan ulangi cara tersebut sampai bintitannya mengempis.

Itulah cara alami dalam mengobati mata bintitan pada anak.

Meskipun umumnya bintitan akan sembuh dan hilang dengan sendirinya, tetapi jika sudah seminggu tidak kunjung sembuh sebaiknya periksakan hal ini pada dokter ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.