Takut Kemoterapi, Begini Cara Denada Bangkitkan Semangat Anak

Dukungan Denada tak pernah putus demi kesembuhan Shakira

26 Oktober 2018

Takut Kemoterapi, Begini Cara Denada Bangkitkan Semangat Anak
Instagram.com/denadaindonesia

Sebagai seorang ibu, Denada tahu betul bagaimana dirinya harus bertindak ketika sang Anak yang didiagnosa memiliki Leukimia, terutama ketika Shakira Aurum merasa ketakutan dalam menjalankan pengobatan.

Cara Denada Memberikan Semangat Pada Shakira

Melalui Instagramnya, @denadaindonesia membagikan caranya dalam mendorong Shakira untuk berani menjalani kemoterapi demi kesemuhannya.

Pada caption foto sang Anak yang menggunakan baju bergambar Iron Man, Denada menuliskan percakapannya dengan Shakira.

Pada percakapannya, Shakira mengatakan bahwa dirinya bukanlah anak yang pemberani. Mendengar pernyataan Shakira, Denada pun bertanya-tanya,  “Kenapa merasa begitu?”.

Lalu, Shakira mengatakan bahwa ia masih suka takut kalau menjalani chemo, apalagi kalau menjalani IT.

 “Tau ga, orang pemberani itu bukan berati dia ga pernah ngerasa takut. Karena semua manusia itu pasti punya rasa takut,” kata Denada menanggapi perkataan Shakira. “Menjadi pemberani itu artinya, walaupun kita merasa takut akan sesuatu, tapi kita lawan rasa takutnya dan kita tetep lakukan apa yg kita takutin itu,” lanjut Denada.

Belum sampai situ, Shakira juga masih mengajukan pertanyaan, “Jadi Shakira pemberani ga Ibu?”

Dengan jawaban tegas, Denada mengatakan “Shakira sangat amat pemberani.”

Pada akhir percakapannya, Denada menyebut anaknya sebagai My Ironman girl.

Editors' Picks

Efek Kemoterapi yang Dirasakan Shakira

Efek Kemoterapi Dirasakan Shakira
Instagram.com/denadaindonesia

Pada akun YouTube, deHakims yang dipublikasikan pada tanggal 8 Agustus 2018 lalu, Denada mengungkapkan bahwa kemoterapi yang dijalani Shakira.

“Setiap obat-obatan dari kemoterapi itu memiliki efek-efek yang berbeda, ada yang bisa berefek pada syaraf kakinya sehingga ia akan lemah. Pernah suatu hari dia ingin sekali ngedance, tapi dia tahu, dia nggak bisa. Dia lemah sekali karena untuk jalan saja harus aku gendong, pernah sekali aku pasang lagu yang dia suka, aku iseng berdiri, aku mulai joget-joget, tiba-tiba dia mendekatkan aku dan memegang tangan aku. Dia bilang dia bisa loncat. Aku yang tahu kalau itu (menari) jadi salah satu yang begitu nikmati tapi kini nggak bisa dia lakukan lagi,” ungkapnya.

Menurut Denada, obat kemoterapi yang dipasng ketubuh Shakira penanganannya berbeda. Bahkan para dokter dan suster yang menanganinya pun sangat berhati, hati. Namun, Shakira yang sampai sekarang belum tahu ia sedang sakit hanya bisa melihat dan bertanya “Ibu, ini apa”

Denada yang tak sampai hati mengatakan kebenaran diagnosa yang dimiliki Shakira hanya berkata bahwa ini adalah obat. “Aku nggak mau ada penolakkan dari Shakira, jadi setiap ia tanya apa yang diberikan dokter padanya, aku bilang ini adalah obat. Lalu, aku bilang obat yang dimasukkan ke dalam selang ini akan masuk ke dalam darah Shakira. Ini semua akan mengikuti semua petunjuk Allah. Allah langsung bilang ayo masuk semuanya, cari semua yang nakal dan buang semuanya. Jadi, jika semua obat itu masuk, Shakira tahunya itu bukan sesuatu yang menyakiti dia tapi ‘asukan’ yang akan menyelamatkan dia,” ungkap Denada.

Cara Denada memberikan dukungan pada anaknya begitu luar biasa. Ia benar-benar ingin Shakira bisa bangkit dari segala ketakutannya dalam menjalani kemoterapi.

Semoga Shakira bisa terus mengalami peningkatan dalam kesehatannya ya, Ma.

Baca juga: Demi Kesembuhan Shakira Aurum, Denada Menjual Apartemen Pribadinya

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;