TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Anak Jawab Pertanyaan Sejarah Islam dengan Benar, Viral di TikTok!

Dipuji gemas dan pintar, ada tips orangtua mengajarkan sejarah Islam ke anak sejak dini nih

21 September 2022

Anak Jawab Pertanyaan Sejarah Islam Benar, Viral TikTok
Tiktok.com/@kokomr80

Pengetahuan sejarah Islam layaknya diketahui oleh setiap umat muslim di dunia. Biasanya orangtua mengajarkan anak tentang pengetahuan sejarah Islam ini sejak kecil atau usia TK.

Terlihat dalam video TikTok ini, seorang anak viral karena bisa menjawab pertanyaan sejarah Islam dengan benar. Hebatnya, pertanyaan yang sepertinya dilemparkan oleh sang Mama itu bukan pertanyaan mudah. Ada beberapa pertanyaan panjang yang sulit, tetapi bisa dijawab oleh sang Anak.

Berikut Popmama.com rangkum kegemasan seorang anak menjawab pertanyaan tentang sejarah Islam dengan benar, viral banget!

1. Ditemani sang Papa saat mencoba menjawab pertanyaan

1. Ditemani sang Papa saat mencoba menjawab pertanyaan
Tiktok.com/@kokomr80

Dalam video singkat berdurasi 1 menit 16 detik itu terlihat seorang anak berkerudung di depan kamera. Tak sendirian, anak tersebut ditemani oleh seorang laki-laki dewasa yang merupakan papanya.

Sepanjang video tersebut, si Anak seolah menghalangi papanya untuk ikut menjawab pertanyaan. Pasalnya ia sendiri memang bisa menjawab semua pertanyaan hampir benar. Ada salah satu surat yang nomornya dikoreksi oleh sang Mama sebagai pelempar pertanyaan. Wah, kecil-kecil pinter banget!

Editors' Picks

2. Dipuji gemas dan pintar oleh warganet

Berkat video itu, banyak warganet yang mampir ke akun TikTok @kokomr80. Tidak hanya memberikan like, banyak pula yang berkomentar suka dan memuji kemampuan anak tersebut. Banyak komentar menyebutkan sebagai anak yang pintar karena tahu dan mampu menghafal sejarah Islam di usianya yang masih kecil.

Kar Mila - Sudah cantik pintar lagi apalagi orangtuanya lebih pintar mendidik anaknya seperti ini hebat
nurul__111 - MasyaAllah pintar banget, ya allah jadikan anak ini anak yang saleha
suti123 - MasyaAllah pintar bangga banget punya anak pintar lucu

3. Pentingnya mengajarkan Sejarah Islam kepada anak sejak dini

3. Penting mengajarkan Sejarah Islam kepada anak sejak dini
Pexels/Akela Photography

Anak-anak di masa pertumbuhannya butuh sosok teladan untuk diikuti. Terutama untuk anak-anak yang berusia balita, mereka seolah 'mesin fotokopi' yang sangat cepat. Apa yang mereka lihat dan dengar, akan dengan cepat diikuti.

Di masa lalu pada zaman para Salafus Shalih, generasi muda Islam berada pada zaman keemasannya. Mereka mengajarkan dan membacakan sejarah Islam kepada anak-anak mereka sejak dini. Para orangtua juga memperkenalkan para pahlawan Islam sebagai sosok yang harus diteladani dan dikagumi.

Dikutip dari tulisan dr. Raehanul Bahraen pada website muslim.or.id, sejarah bisa memberikan semangat dan motivasi serta berupa praktek penerapan langsung dari ilmu yang dipelajari. Oleh karena itu, sebagian ulama lebih suka membahas sejarah dan keteladanan para Nabi.

Bahkan sepertiga isi Al-quran berisi mengenai sejarah dan kisah-kisah umat di masa lalu, agar kita bisa mengambil pelajaran dan menjadikan teladan dari kisah para nabi dan orang saleh.

Allah Ta’ala berfirman,

ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูููŠ ู‚ูŽุตูŽุตูู‡ูู…ู’ ุนูุจู’ุฑูŽุฉูŒ ู„ูุฃููˆู„ููŠ ุงู„ู’ุฃูŽู„ู’ุจูŽุงุจู ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุญูŽุฏููŠุซู‹ุง ูŠููู’ุชูŽุฑูŽู‰ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู’ ุชูŽุตู’ุฏููŠู‚ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุชูŽูู’ุตููŠู„ูŽ ูƒูู„ู‘ู ุดูŽูŠู’ุกู ูˆูŽู‡ูุฏู‹ู‰ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู‹ ู„ูู‚ูŽูˆู’ู…ู ูŠูุคู’ู…ูู†ููˆู†

Artinya:
“Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka (para Nabi ‘alaihis salamdan umat mereka) itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal (sehat). Al-Qur’an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, serta sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman” (QS. Yusuf: 111).

4. Tips mengajarkan anak tentang sejarah Islam

4. Tips mengajarkan anak tentang sejarah Islam
Pexels/Werner Pfennig

Untuk bisa mengajarkan anak tentang sejarah Islam, orangtua harus bisa memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Usianya, sehingga cara penyampaiannya disesuaikan dengan usia si Kecil.
  • Fakta-fakta yang sudah sampai pada mereka, apakah ada informasi yang harus diluruskan ataukah tidak.
  • Ketertarikan, orangtua mencari tahu hal-hal yang bisa memunculkan ketertarikannya terhadap sejarah Islam.

Oleh karenanya, disarankan agar orangtua mengenalkan kepada anak tentang sejarah Islam dengan hal-hal berikut ini:

  • Penjelasannya disertai gambar atau menonton film-film sejarah Islam.
  • Mengunjungi situs-situs peninggalan sejarah Islam.

Dengan penyampaian yang efektif terkait fakta sejarah, orangtua perlu menyiapkan berbagai materi yang mendukung. Dalam momen ini orangtua harus memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin untuk membahas fakta sejarah yang akan diajarkan kepada anak.

Itulah tadi video viral seorang anak bisa menjawab pertanyaan sejarah Islam dengan benar. Kita sebagai orangtua rupanya bisa mengenalkan sejarah Islam kepada anak sejak dini, agar sang Anak lebih mencintai Islam.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk