TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Yuk, Kenalkan 14 Nama Hewan dari Huruf L pada Anak!

Kira-kira, apa saja ya hewan yang memiliki nama berawalan huruf L?

4 Oktober 2022

Yuk, Kenalkan 14 Nama Hewan dari Huruf L Anak
Unsplash/Eduardo Gorghetto

Ada banyak sekali hewan yang ada di dunia ini. Setiap jenis binatang memiliki habitat yang berbeda, ada yang hidup di daratan, perairan, hingga kutub utara.

Ukuran dari setiap hewan pun beragam, ada yang sangat kecil seperti semut, hingga yang besar sekali seperti gajah.

Masing-masing binatang pun memiliki nama yang berbeda-beda. Ada nama yang sudah familier di telinga kita, dan ada juga nama yang masih terdengar asing.

Nah, kali ini Popmama.com akan memperkenalkan beberapa nama hewan dari huruf L yang informasinya telah dirangkum dari berbagai sumber. Yuk, mari simak bersama!

1. Laba-laba

1. Laba-laba
Pixabay/Erik Karits

Nama hewan huruf L yang satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga si Kecil. Laba-laba merupakan binatang karnivor yang memakan serangga. Tubuhnya terdiri atas dua segmen/bagian dan empat pasang kaki, tidak memiliki sayap serta mulut pengunyah.

Binatang ini terkenal dengan kemampuan khususnya yaitu membuat “jaring”, yang mana disebut sebagai benang sutera yang dihasilkan laba-laba untuk membantunya dalam berpindah tempat, menangkap mangsa, melindungi lubang sarangnya, dan lain sebagainya.

2. Lalat

2. Lalat
Pixabay/Sergio Cerrato - Italia

Lalat merupakan binatang yang termasuk dalam jenis serangga. Hewan ini sering dijumpai di sekitar manusia, terutama di lingkungan yang terdapat banyak bahan organik yang mulai membusuk seperti di tempat pembuangan sampah.  

Binatang ini memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan serangga lainnya, salah satunya adalah tiga ocelli (mata sederhana) kecil di atas kepala serta mata majemuk di sisi kiri dan kanan kepala yang umumnya berukuran besar dan berwarna merah.

3. Laron

3. Laron
rentokil.co.id

Berikutnya ada laron, yakni jenis serangga yang termasuk bagian dari koloni rayap. Binatang ini merupakan rayap dewasa yang mempunyai sayap, tugas utamanya adalah kawin dan berkembang biak untuk menjaga siklus kehidupan kelompok rayap.

Laron biasanya akan keluar dari sarangnya ketika musim penghujan datang, dan sering berterbangan di dekat cahaya lampu pada malam hari. Di saat itu, laron akan berkumpul dan mencari pasangan untuk berkembang biak sebelum matahari terbit.

4. Lebah

4. Lebah
Pixabay/Ted Erski

Lebah sering kali dikenal sebagai hewan penghasil madu yang biasanya dikonsumsi manusia dan binatang lainnya. Hewan ini termasuk jenis serangga yang hidup secara berkelompok, dan biasanya tinggal di dalam sarang yang dibangun di pohon kayu atau di atas bukit.

Serangga yang satu ini, khususnya lebah pekerja, mengumpulkan serbuk sari dan nektar dari bunga-bunga, kemudian diolah menjadi madu yang merupakan sumber makanan utamanya.

Lebah pekerja umumnya juga dimanfaatkan sebagai serangga penyerbuk yang dapat membantu penyerbukan silang pada tumbuhan.

5. Lipan

5. Lipan
Pixabay/Alexa

Lipan, atau yang dikenal pula sebagai kelabang, merupakan hewan yang memiliki bentuk tubuh pipih, terdiri dari banyak segmen tubuh yang masing-masing mempunyai sepasang kaki, dan sepasang mata yang menjadi cakar beracun.

Binatang ini termasuk karnivor yang memakan cacing dan serangga. Cakar beracun yang dimiliki lipan berguna untuk membunuh mangsanya. Meskipun bagian depan tubuhnya beracun, sebagian besar spesies lipan atau kelabang tidak berbahaya bagi manusia.

6. Landak

6. Landak
Pexels/Anca Silvia Orosz

Selanjutnya adalah landak (porcupine), yaitu binatang yang tubuhnya dikelilingi rambut yang tebal dan lebat berbentuk duri tajam.

Landak termasuk dalam jenis hewan pengerat, yakni hewan yang mempunyai dua gigi seri di rahang atas dan bawah yang berfungsi mengerat benda atau menggerogoti makanan.

Landak yang sering dijumpai manusia adalah hedgehog (landak susu atau landak mini), yang sebenarnya memiliki banyak perbedaan dengan landak porcupine baik dari segi ukuran, bentuk fisik, jenis makanan, hingga nama keluarganya. Keduanya disebut landak karena sama-sama memiliki rambut duri yang tajam.

Editors' Picks

7. Landak laut

7. Landak laut
Pixabay/Veda Clark

Jika ada landak yang hidup di “darat”, maka ada juga landak yang hidup di “laut”. Landak laut atau hewan yang sering disebut sebagai bulu babi ini mempunyai duri tajam yang menyelimuti tubuhnya seperti landak.

Tubuh landak laut secara umum berbentuk bundar, ada yang bentuknya seperti bola, oval, bahkan mirip uang logam. Duri yang dimiliki binatang ini mengandung racun yang mampu menyengat manusia jika tertusuk terlalu dalam.

8. Lele (ikan)

8. Lele (ikan)
Pixabay/Gerhard

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini mudah dibedakan dengan jenis ikan lainnya karena mempunyai bentuk tubuh yang unik, yakni agak pipih memanjang, kulit tubuh licin tak bersisik, dan memiliki kumis panjang di sekitar bagian mulutnya.

Banyak dari jenis ikan lele yang dibudidayakan oleh manusia, biasanya untuk dijadikan sebagai hidangan makanan yang dapat dimasak dengan berbagai cara. Binatang ini juga digunakan untuk menjaga kualitas air yang tercemar kotoran.

9. Lumba-lumba (ikan)

9. Lumba-lumba (ikan)
Pixabay/joakant

Lumba-lumba merupakan jenis ikan yang termasuk binatang menyusui atau mamalia. Hewan ini umumnya hidup di laut dan sungai. Berbeda dengan jenis ikan lainnya, lumba-lumba bernapas lewat lubang udara yang ada di atas kepalanya sehingga ia harus sesekali naik ke permukaan untuk menghirup udara.

Binatang yang satu ini dikenal dengan kecerdasannya yang tinggi, salah satunya adalah bisa berkomunikasi satu sama lain dengan sistem sonar.

Selain itu, sistem alamiah pada lumba-lumba memberi inspirasi bagi manusia, misalnya baju renang yang didesain menggunakan kain dengan permukaan licin yang mirip dengan kulit lumba-lumba.

10. Lobster

10. Lobster
Pexels/Pixabay

Lobster termasuk dalam kelompok Crustacea atau udang-udangan yang mempunyai kulit keras dan beruas-ruas. Ukuran tubuh binatang ini lebih besar dibanding udang, dan umumnya memiliki dua capit besar yang digunakan untuk menghancurkan makanannya.

Hewan yang hidup di perairan terumbu karang ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi manusia. Lobster dapat dimasak dengan cara dikukus atau direbus, dan tekstur dagingnya cenderung lebih keras daripada daging udang.

11. Lintah

11. Lintah
Pixabay/Ellen

Hewan dari huruf L lainnya yang dapat dijumpai manusia adalah lintah. Binatang ini termasuk dalam keluarga cacing beruas, memiliki bentuk tubuh yang pipih, serta mempunyai alat penghisap darah di ujung kepala dan ujung ekor.

Meskipun lintah disebut sebagai binatang parasit karena ia hidup dengan menghisap darah inangnya, nyatanya beberapa spesies dari binatang ini digunakan sebagai pengobatan yang dilakukan dengan membuang darah kotor manusia.

12. Lutung

12. Lutung
Pixabay/PublicDomainPictures

Apakah Mama dan anak mama tahu cerita rakyat “Lutung Kasarung”? Nah, sosok “Lutung” ini sebenarnya merupakan salah satu binatang sejenis monyet, loh. Hewan primata ini juga dikenal dengan nama langur.

Lutung adalah binatang herbivor yang memiliki bentuk tubuh langsing dan berekor panjang. Warna bulu pada tubuhnya beragam, tergantung pada spesiesnya. Ada lutung yang bulunya berwarna hitam, abu-abu, hingga kuning keemasan.

13. Lemur

13. Lemur
Pixabay/Pexels

Lemur termasuk dalam binatang primata (sejenis monyet) yang hanya hidup di wilayah Madagaskar dan sekitarnya. Walaupun hanya tinggal di satu pulau saja, lemur dapat hidup di berbagai habitat, seperti hutan hujan torpis dan gurun kering.

Binatang ini mempunyai keunikan pada tubuhnya, salah satunya adalah ekor panjang yang bercincin dengan warna selang-seling hitam dan putih.

Keunikan lainnya yang dimiliki lemur adalah kedua matanya yang dapat memantulkan cahaya di malam hari. Selain itu, binatang ini juga mempunyai suara teriakan yang nyaring.

14. Luwak

14. Luwak
Freepik/kuritafsheen77

Luwak merupakan mamalia yang termasuk dalam jenis musang yang ada di Indonesia, sehingga binatang ini juga sering disebut dengan musang luwak. Hewan ini aktif di malam hari dan mahir dalam memanjat.

Meskipun termasuk bangsa karnivor, luwak juga memakan buah-buahan seperti pepaya dan pisang, serta biji-bijian termasuk kopi. Akan tetapi, biji-bijian ini kurang tercerna baik di dalam tubuh luwak sehingga bentuknya masih terlihat utuh pada kotorannya.

Itu dia beberapa nama hewan dari huruf L yang ada di dunia ini. Dari nama-nama hewan di atas, Mama dan anak mama sudah tahu yang mana saja, nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk