5 Aktivitas Seru Membantu Belajar Menulis Jadi Lebih Asyik

Yuk ajak anak bermain sambil belajar menulis agar tidak bosan

3 Januari 2022

5 Aktivitas Seru Membantu Belajar Menulis Jadi Lebih Asyik
Freepik/anchaleeyates

Tahapan anak mempelajari bahasa dimulai dari mendengar, berbicara, membaca, kemudian menulis. Seringkali menulis merupakan keterampilan terakhir yang difokuskan pada anak karena dianggap cukup sulit diajarkan pada anak yang usianya masih kecil.

Namun, banyak orangtua merasa kelabakan tatkala saat ini menulis menjadi salah satu syarat kemampuan dasar anak sebelum masuk SD. Oleh karena itu, penting untuk mengajari anak menulis sejak dini. 

Belajar menulis bukan sekadar menjiplak pola alfabet di kertas menggunakan pensil. Tapi juga memperkenalkan anak tentang kata, kalimat, dan bentuk huruf. Yuk ajari anak menulis dengan berbagai aktivitas seru yang menarik perhatiannya.

Kali ini Popmama.com punya 5 aktivitas seru mengajari anak menulis yang dapat mama terapkan di rumah:

1. Gunakan makanan dan bahan makanan

1. Gunakan makanan bahan makanan
Freepik/Yaoinlove

Ajak anak membentuk huruf menggunakan makanan atau bahan makanan. Mama bisa menyediakan mie warna-warni dan minta anak membentuk huruf menggunakannya. Atau melukis jari di atas permukaan dengan adonan puding. Menempelkan choco chip di atas adonan cookies membentuk pola alfabet juga menyenangkan. 

Cara ini tidak hanya melatih anak menulis, tetapi juga anak bisa menikmati hasil 'masakan'nya setelah tugasnya selesai. Pasti anak menyukainya, Ma!
 

Editors' Picks

2. Latihan mengeja huruf kinestetik

2. Latihan mengeja huruf kinestetik
Pexels/Gustavo Fring

Jika menggunakan bahan makanan terlalu merepotkan bagi mama, mama bisa menggunakan jari tangan atau sumpit untuk mengajari anak menulis. Anak bisa memainkan permainan membentuk kata dengan jari atau sumpit di punggung temannya, sementara temannya harus menebak apa kata yang tertulis. 

3. Merangkai cerita bergambar menggunakan PowerPoint

3. Merangkai cerita bergambar menggunakan PowerPoint
Freepik/Jcomp

Untuk anak yang sudah merangkai kalimat, mama bisa menggunakan PowerPoint untuk latihan menyampaikan cerita. Beri serangkaian gambar, lalu minta mereka menuliskan kalimat sederhana yang menjelaskan tentang imajinasi mereka tentang gambar tersebut.

Cara ini dapat mendorong anak berimajinasi penuh untuk menceritakan kisah mereka, ketimbang hanya belajar 1-2 kosakata yang terbatas.

4. Belajar menulis dari kegiatan sehari-hari

4. Belajar menulis dari kegiatan sehari-hari
Freepik/Pvproduction

Mengajari anak menulis perlu konsistensi, tapi bukan berarti harus menyediakan waktu belajar khusus saja kok, Ma. Mama bisa membiasakan anak menulis dari kegiatan sehari-hari. Misalnya, melibatkan anak dalam mencatat daftar belanja, menulis kartu ucapan untuk kerabat, menulis daftar makanan yang disukai.

Dengan cara ini, anak tidak akan merasa bosan karena mereka bisa belajar menulis dengan lebih bermakna, daripada sekadar belajar menulis dari buku ajar saja.

5. Belajar menulis di berbagai media

5. Belajar menulis berbagai media
Freepik/kostikova

Anak sangat suka mengeksplorasi hal-hal baru. Ini adalah fase di mana mereka penuh rasa ingin tahu dan ingin mencoba. Tak ada salahnya mengajari anak menulis di media-media yang beragam, selain kertas atau papan tulis. Mama bisa mengajak anak menulis di lantai menggunakan kapur tulis, di kaca menggunakan spidol whiteboard, di plastik besar yang dihamparkan di lantai, dan lain-lain. 

Anak akan menganggapnya sebagai sekadar permainan, tanpa menyadari bahwa mereka sebetulnya tengah mempelajari kemampuan baru.

Jangan lupa, beri pujian pada anak ketika mereka membuat kemajuan, meskipun itu kemajuan kecil. Ketika mereka belum bisa melakukan tugas dengan baik, tetaplah dorong dan hargai semangat mereka.

Itu dia lima aktivitas seru dalam mengajari anak menulis yang dapat mama praktekkan di rumah. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.