Bagi Pemula, Inilah 5 Cara Memilih Berlian yang Tepat

Perempuan mana yang tak suka dengan berlian

15 Juni 2019

Bagi Pemula, Inilah 5 Cara Memilih Berlian Tepat
Freepik/patara

Pastinya semua orang terpukau saat melihat keindahan berlian? Sedangkan berlian itu sendiri merupakan mineral batu yang terkuat dan terbentuk dari kandungan karbon.

Berlian menjadi salah satu perhiasan bernilai tinggi untuk dijadikan koleksi. Kini sudah banyak pencinta berlian.

Nah, kamu tertarik untuk mengoleksi berlian? Berikut Popmama.com beritahu untuk pemula 5 cara memilih berlian yang tepat.

1. Pilih bentuk yang tepat

1. Pilih bentuk tepat
Pexels/Rawpixel.com

Banyaknya jenis varian berian yang tersedia terkadang mejadi sulit dalam menjatuhkan pilihan yang tepat. Oleh karenanya prioritaskan memilih shape atau bentuk berlian itu sendiri.

Bentuk batu berlian yang paling populer ialah round diamond dengan pantulan cahaya nan indah. Selain itu ada juga fancy shapes atau berbentuk segi lima yang klasik.

Kemudian bentuk cushion diamonds yang punya kesan vintage. Selanjutnya ada juga bentuk marquise, oval, hati dan pear-shaped yang membantu menampilkan ilusi tampilan jari jemarimu menjadi lebih lentik. 

Harga berlian pun berkisan puluhan hingga miliaran rupiah, maka dari itu diperlukan pemilihan bentuk yang sesuai dengan karakter kamu.

2. Bersitifikat itu penting

2. Bersitifikat itu penting
Freepik/Luis_molinero

Sebelum membeli berlian pastikan kamu mengetahui apakah jewerly store yang dikunjungi bergabung dengan industri toko emas atau asosiasi-asosiasi profesional yang terkait dengan barang-barang perhiasan.

Dengan kamu mendatangi toko berlian yang terpercaya maka akan terjamin keasliannya, karena setiap berlian dilengkapi dengan identitas, nomor seri khusus dan sertifikat.

Di mana sertifikat berlian sangatlah penting untuk diperhatikan, dengan memiliki sertifikat artinya sudah mendapat analisis lengkap dari berlian itu sendiri.

Jadi pastikan berliannya memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh Gemological Institute of America (GIA), yakni laboratorium profesional yang dipercaya di dunia dalam mengeluarkan sertifikat berlian.

Editors' Picks

3. Pertimbangkan batu berliannya

3. Pertimbangkan batu berliannya
Freepik/elnurfreepik

Setiap perempuan pasti suka dengan perhiasan yang berkilau seperti berlian. Selain elegan, saat mengenakan berlian akan memberikan kesan mewah dan berkelas.

Langkah selanjutnya ialah menentukan materi logam apa yang digunakan sebagai cincin berliannmu kelak. Pada umumnya ada beberapa pilihan seperti logam emas kuning, emas putih, emas merah (rose gold), dan platina.

Di sisi lain ada juga banyak jenis batu perhiasan lain yang tidak kalah memesona namun harga rata-ratanya di bawah berlian, antara lain ruby, emerald, white saphire, moissanite.

Jadi tentukan pastikam kamu memilih material maupun jenis batunya.

4. Perhatikan critical weight

4. Perhatikan critical weight
Freepik/herlani

Berlian merupakan salah satu perhiasan yang begitu mewah dan mahal harganya. Selain sebagai simbol kemewahan, berlian juga merupakan simbol keanggunan, keindahan dan cinta.

Saat berniat untuk membeli berlian, perhatikan critical weight-nya. Potongan berlian merupakan hal penting dalam proses memilih sebuah cincin berlian, karena ada perbedaan harga cukup jauh antara cincin dengan bentuk berlian yang utuh dan setengah potong.

Daripada memilih cincin dengan berat 1.00 karat, cobalah untuk memilih cincin berlian dengan berat sekitar 0.95 karat. Sebab biasanya produsen perhiasan mengurangi critical weight sebuah berlian.

Jadi apabila berat berlian dikurangi, maka mereka dapat menjual cincin berlian dengan harga yang lebih terjangkau.

5. Rencanakan pembelian cincin

5. Rencanakan pembelian cincin
Freepik

Setelah mengetahui segala sesuatu tentang berlian maka langkah terakhir yaitu membuat rencana membeli berlian.

Sebenarnya tidak ada aturan tertulis, tetapi biasanya pada bulan September hingga Desember jewerly store akan menerima banyak sekali permintaan cincin berlian untuk pernikahan.

Kemungkinan besar bahwa pada bulan-bulan tersebut volume penjualan menjadi tinggi dan harga cincin akan meningkat. Jadi kamu perlu rencanakan pembelian.

Demikianlah 5 cara singkat memilih berlian agar kamu jadi lebih teliti, sehingga tidak salah pilih ketika membelinya.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!