5 Jenis Clay Mask yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Yuk, pilih clay mask terbaik sesuai jenis kulit kamu!

10 Januari 2022

5 Jenis Clay Mask Baik Kesehatan Kulit
Freepik/Racool_studio

Apakah kamu sering memakai masker sebagai perawatan kulit wajah?

Bahwa clay mask yang terbuat dari mineral termasuk salah satu produk kecantikan cukup populer. Penggunaan clay mask sendiri dianggap bermanfaat bagi kulit wajah.

Clay mask pun membantu membersihkan, mencerahkan dan bisa menjadi solusi untuk kulit berminyak. Bahkan clay mask menghidrasi kulit kering, melindungi kulit dari pecah-pecah dan mengembalikan keseimbangan kulit.

Namun ada 5 jenis clay mask yang dapat dipakai. Berikut Popmama.com berikan ulasan selengkapnya:

1. Bentonit clay memiliki tekstur yang halus dan lembut

1. Bentonit clay memiliki tekstur halus lembut
Freepik/pressfoto

Salah satu jenis clay mask yang bisa dipakai, yakni bentonit clay. Teksturnya yang halus dan lembut, ini membuat bentonit clay dapat dibentuk pasta ketika dicampur dengan air. 

Jenis clay mask ultra penyerap tersebut pun juga paling baik untuk kamu yang memiliki kulit sangat berminyak. Penggunaannya sendiri mudah menyerap kelebihan minyak dan bakteri di wajah.

Selain itu, bentonit clay dipercaya dapat mengencangkan dan menenangkan kulit karena daya serapnya. Bahkan pada kulit yang berjerawat, khususnya jerawat meradang. Jadi, cobalah bentonit clay pada sebagian kecil kulit wajah kamu.

Editors' Picks

2. French green clay membuat kulit halus dan terhidrasi

2. French green clay membuat kulit halus terhidrasi
Freepik/devmaryna

Jenis bubuk hijau dari french green clay juga dapat digunakan untuk perawatan kulit dan kecantikan. Bahwa French green clay adalah jenis tanah liat yang pernah ditambang secara melimpah di sebuah tempat di Prancis bernama Montmorillo. 

Secara historis, sekarang French green merupakan bahan umum dalam banyak masker wajah. Apalagi mineral ini memiliki sifat penyerapan, pengelupasan dan kemampuannya menarik kotoran dari pori-pori kulit. 

Bahkan French green clay kaya akan magnesium, kalsium, kalium, silikon, selenium, aluminium, titanium, kobalt, natrium, fosfor, tembaga dan seng. Perpaduan mineral yang luar biasa tersebut bertindak sebagai magnet membuat kulit bersih, halus dan terhidrasi. 

3. Fuller’s earth clay mudah diaplikasikan dan dibersihkan

3. Fuller’s earth clay mudah diaplikasikan dibersihkan
Freepik/wayhomestudio

Fuller’s earth clay juga sebagai salah satu jenis clay mask. Fuller's earth clay sendiri sebagai penyerap yang paling kuat dan termasuk bahan alami untuk menarik kotoran.

Selain itu, fuller's earth sering dimasukkan ke dalam beberapa merek kecantikan terbesar ke dalam masker wajah, pembersih dan eksfoliator. Ini karena fuller's earth bisa menciptakan scrub yang luar biasa untuk wajah, sehingga mudah diaplikasikan dan dibilas.

Jadi untuk membantu kamu melakukan perawatan kulit wajah, fuller's earth dapat membantu pembersihan kulit wajah. Terutama menghilangkan pori-pori yang tersumbat. Namun tidak cocok bagi pemilik kulit sensitif, ya.

4. Kaolin clay dapat menyerap minyak berlebih

4. Kaolin clay dapat menyerap minyak berlebih
Freepik/Racool_studio

Bahwa kaolin clay juga dikenal sebagai salah satu jenis clay mask yang memiliki komponen cukup lembut di kulit wajah, lho. Terutama disarankan untuk kulit sensitif.

Biasanya kaolin berwarna putih, tetapi juga berwarna kuning, merah dan cokelat. Penggunaannya pun memberikan sedikit pengelupasan kulit. Bahkan mencerahkan kulit wajah kamu.

Dikutip dari Healthline, masker wajah dari tanah liat yang mengandung kaolin diduga memiliki beberapa manfaat seperti mencegah jerawat dan mengatasi kulit kering. Termasuk menyerap minyak atau sebum berlebih. 

5. Rhassoul clay meningkatkan elastisitas kulit

5. Rhassoul clay meningkatkan elastisitas kulit
Freepik/wayhomestudio

Rhassoul clay adalah jenis clay mask yang juga bisa digunakan sebagai produk kecantikan untuk kulit wajah. Rhassoul clay sendiri hanya ditemukan di sebuah lembah di pegunungan Atlas Maroko. 

Bahwa rhassoul clay kaya akan mineral dan memiliki sifat penyerapan yang kuat. Penggunannya cenderung lebih cocok bagi pemilik kulit yang lebih berminyak, sehingga dapat membantu mencegah dan membantu menghilangkan komedo.

Lebih dari itu, rhassoul kaya akan magnesium dan potasium yang bisa diserap melalui penghalang untuk melawan jerawat. Termasuk mampu membersihkan kotoran, zat beracun dan meningkatkan elastisitas kulit wajah.

Demkianlah 5 jenis clay mask yang bisa kamu pakai. Ingatlah, bahwa pemakaiannya membuat kulit mungkin terasa lebih kencang setelah diaplikasikan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk