5 Risiko Sering Menggunakan Bulu Mata Palsu

Pemakaian bulu mata palsu dapat menimbulkan reaksi alergi

3 Oktober 2019

5 Risiko Sering Menggunakan Bulu Mata Palsu
Freepik/Rawpixel.com

Memiliki bulu mata lentik merupakan idaman bagi sebagian besar perempuan. Tak heran jika mereka memilih beberapa cara untuk memanjangkan bulu matanya dengan memakai bulu mata palsu.

Ya, bulu mata palsu memang telah menjadi primadona di dunia kecantikan. Bahkan peminatnya kini semakin tinggi.

Namun sebenarnya penggunaan bulu mata palsu harus lebih diperhatikan, apalagi kerap menggunakan bulu mata untuk sehari-hari. Sebab di balik indahnya bulu mata palsu, ternyata menyimpan ancaman berbahaya untuk kesehatan mata.

Jika terlalu sering, bahaya apa saja yang akan terjadi? Berikut Popmama.com rangkum 5 risiko penggunaan bulu mata palsu:

1. Munculnya reaksi alergi yang akan mengakibatkan dermatitis kontak

1. Muncul reaksi alergi akan mengakibatkan dermatitis kontak
Freepik/stockvault

Terlalu sering menggunakan bulu mata palsu, risikonya akan munculnya reaksi alergi terhadap jenis lem yang digunakan.

Kandungan formaldehid pada lemnya dapat menyebabkan rasa seperti tersengat, terbakar, bengkak dan mengakibatkan ruam di kulit atau yang biasa disebut dermatitis kontak.

Di mana dermatitis merupakan peradangan pada kulit saat mengalami kontak dengan zat iritan tertentu seperti bahan kimia, zat asam, sabun dan detergen.

Moreland EyeCare mengatakan, bahwa pemakaian lem dari bulu mata palsu dapat mengakibatkan reaksi alergi yang parah dari waktu ke waktu dan menyebabkan keluarnya cairan hingga pengerasan kulit di sekitar mata.

Editors' Picks

2. Infeksi mata yang bisa menggores kornea mata

2. Infeksi mata bisa menggores kornea mata
Freepik/javi_indy

Selain alergi, bakteri dan jamur yang terperangkap di bawah lem akan menyebabkan infeksi mata. Saat terjadi infeksi, hal ini mengakibatkan pembengkakan, kemerahan dan menggores kornea mata.

Menurut  AllDayChic.com, bahwa tidak semua bulu mata palsu cocok dipakai berulang kali. Menggunakan yang sama selama berhari-hari atau berminggu-minggu berturut-turut dapat membuat masalah kesehatan mata yang berakhir dengan infeksi.

Cukup mengerikan bukan?

3. Iritasi mata yang menimbulkan rasa gatal secara terus menerus

3. Iritasi mata menimbulkan rasa gatal secara terus menerus
Freepik

Tentu saja, ada dampak buruk dari penggunaan bulu mata palsu. Selain menyebabkan infeksi, ternyata jika terlalu sering memakainya akan mengakibatkan iritasi dari kandungan formaldehida.

Jadi berhati-hatilah dan selalu berpikir dua kali sebelum menggunakan bulu mata palsu. Demi sebuah penampilan, pikirkanlah kembali apakah penggunaannya layak untuk mempertaruhkan kesehatan mata?

Seperti yang diungkapkan oleh onlymyhealth.com, setelah menempelkan banyak lem dari bulu mata palsu maka bisa menyebabkan masalah mata yang di mana kamu harus mendapatkan pertolongan medis.

Sebab pemakaian bulu mata palsu bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa gatal secara terus-menerus.

4. Dapat merontokkan bulu mata asli secara sementara atau permanen

4. Dapat merontokkan bulu mata asli secara sementara atau permanen
Pexels/Engin Akyurt

Terlepas dari infeksi dan iritasi, risiko penggunaan bulu mata palsu akan kehilangan bulu mata asli secara sementara atau permanen. 

Di mana saat menempelkan bulu mata palsu ke kelopak mata, maka bisa merekatkan bulu mata asli. Ketika menghapus bulu mata palsu, kemungkinan akan merobek bulu mata asli dan berakhir dengan mata botak tanpa helaian rambut-rambut halus.

Sedangkan pertumbuhan bulu mata membutuhkan waktu tersendiri. Dilansir dari Evewoman, memakai ekstensi bulu mata palsu secara teratur memberi tekanan pada folikel rambut dan akhirnya membuat bulu mata asli rontok dan tidak tumbuh kembali.

5. Menyebabkan kehilangan penglihatan sepenuhnya

5. Menyebabkan kehilangan penglihatan sepenuhnya
eyerisbeauty.com

Ada banyak cara untuk mendapatkan bulu mata yang terlihat lebih panjang dan lentik, salah satunya penggunaan bulu mata palsu.

Tapi sebelum memakainya, kamu harus menggali informasi tentang keamanannya. Sebab risiko pemakaian bulu mata tidak hanya reaksi alergi terhadap lemnya saja, namun juga bisa menyebabkan erosi pada permukaan bagian dalam kelopak mata dan berakibat pada kebutaan.

Jika terlalu sering menggunaan bulu mata palsu kemungkinan awalnya akan merasa sangat gatal, timbul kemerahan selama berhari-hari yang sangat berbahaya untuk kesehatan mata.

Eyelash Logic memaparkan, bahwa efek dari lem bulu mata palsu dapat merusak area tersebut. Dalam kasus yang paling parah, bisa menyebabkan hilangnya penglihatan sepenuhnya.

Demikian beberapa bahaya memakai bulu mata palsu. Tentunya efek penggunaan bulu mata palsu dapat berbeda pada masing-masing orang. Pastikan selalu melepaskan bulu mata palsu sebelum tidur.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.