hanco

Efektif! 7 Cara Alami untuk Menghilangkan Kulit Belang

Mama tidak perlu khawatir lagi dengan kulit belang yang mengganggu penampilan

19 November 2019

Efektif 7 Cara Alami Menghilangkan Kulit Belang
beautygarden.vn

Melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, seperti berolahraga atau sekedar berjalan-jalan bisa menjadi waktu yang menyenangkan. Mama bisa menghirup udara segar sambil menghilangkan kepenatan.

Namun apabila matahari terlalu terik atau Mama terlalu lama menghabiskan waktu, sinarnya akan membuat warna kulit Mama tidak rata atau belang. Penampilan Mama pun menjadi berkurang. Tentunya jika itu terjadi, hanya penyesalan yang tertinggal.

Namun jangan khawatir, Ma. Kulit belang dapat dihilangkan dengan cara-cara alami dan sederhana lho! Yuk, simak 7 cara alami yang efektif menghilangkan kulit belang berikut.

Dengan cara-cara ini, kepercayaan diri Mama akan kembali dan Mama pun tidak perlu takut lagi untuk beraktivitas di bawah matahari!

1. Manfaatkan kulit jeruk

1. Manfaatkan kulit jeruk
Pexels/Rawpixel.com

Saat Mama makan buah jeruk, sebaiknya simpan kulitnya. Pasalnya, kulit jeruk dapat dimanfaatkan untuk meratakan warna kulit kembali.

Caranya, keringkan dan haluskan kulit jeruk menjadi bubuk. Setelah itu, campurkan dua sendok teh bubuk tersebut dengan dua sendok teh madu dan dua sendok teh gula merah.

Setelah itu, balurkan campuran ke kulit dan diamkan selama 15 menit. Kandungan vitamin E dari kulit jeruk pun akan membantu meratakan warna kulit Mama.

2. Gunakan lulur bengkuang

2. Gunakan lulur bengkuang
amazon.com

Bengkuang mengandung banyak nutrisi dan vitamin, seperti vitamin B dan vitamin C. Kandungan ini menjadikannya mampu menjaga kesehatan kulit, termasuk meratakan kembali warna kulit yang tidak merata.

Untuk mendapatkan manfaat bengkuang, ambil air bengkuang dengan cara memarut buang bengkuang dan memerasnya.

Setelah air bengkuang terkumpul, biarkan selama satu malam agar mengendap. Selanjutnya, gunakan endapan tersebut sebagai lulur di daerah kulit yang belang.

Mama juga bisa mencampurkan endapan tersebut dengan plain yoghurt dan garam untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Menggunakan gel lidah buaya

3. Menggunakan gel lidah buaya
Freepik/nipapornnan

Lidah buaya terkenal memiliki banyak manfaat bagi kulit, terutama untuk bagian wajah. Bahkan, bahan alami ini sudah banyak digunakan oleh produsen produk kecantikan.

Namun selain bermanfaat untuk wajah, lidah buaya juga mampu menghilangkan kulit belang lho, Ma. Mama hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya dan membiarkannya selama 15-20 menit.

Selain meratakan warna kulit kembali, gel lidah buaya akan meringankan efek sengatan matahari dan melembapkan kulit Mama lho!

Editors' Picks

4. Menggunakan air bekas cucian beras

4. Menggunakan air bekas cucian beras
zadn.vn

Siapa sangka? Air bekas cucian beras ternyata mampu membantu Mama meratakan kembali warna kulit yang belang.

Pasalnya, air tersebut mengandung asam ferulic dan allantoin dari beras yang mampu melindungi dan memutihkan kulit.

Oleh karena itu, saat mencuci beras jangan langsung membuang airnya ya, Ma. Biarkan air tersebut mengendap dan gunakan endapannya sebagai lulur.

5. Menggunakan masker dari putih telur

5. Menggunakan masker dari putih telur
heartyhosting.com

Tidak hanya enak untuk dimakan, putih telur dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan warna kulit yang tidak merata.

 Ia mengandung protein yang mampu merangsang regenerasi kulit. Sel kulit yang lama pun akan mengelupas dan digantikan dengan sel kulit yang baru.

Untuk membuat masker putih telur, pertama-tama pisahkan putih dan kuning telur. Setelah itu, kocok putih telur hingga berbusa dan tambahkan madu serta jeruk nipis. Oleskan pada kulit dan diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

6. Menggunakan kunyit

6. Menggunakan kunyit
Pixabay/stevepb

Cara selanjutnya untuk menghilangkan kulit belang adalah dengan menggunakan kunyit. Parut beberapa batang kunyit dan campurkan dengan sedikit air. Lalu, diamkan hingga sari kunyit mengendap.

Setelahnya, campurkan sari kunyit dengan tepung beras dan oleskan di bagian kulit yang belang. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Kandungan curcumin dan antioksidan dalam kunyit pun akan mencerahkan kulit Mama kembali.

7. Menggunakan masker mentimun

7. Menggunakan masker mentimun
Pexels/Pixabay

Untuk mendapatkan manfaat dari mentimun, Mama perlu mencampur mentimun yang sudah diblender dengan gel lidah buaya. Oleskan dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas.

Cara ini efektif menghilangkan kulit belang setelah satu minggu pemakaian. Pasalnya, mentimun mengandung vitamin A yang mampu memperbaiki warna kulit.

Nah, untuk hasil yang lebih maksimal, Mama bisa menambahkan tepung dan air lemon pada campuran tersebut.

Itu dia tujuh cara alami yang efektif menghilangkan kulit belang. Lakukan cara-cara tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya, Ma! Bye-bye­ kulit belang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!