Alasan Penggunaan Eye Cream sejak Remaja, Jangan Tunggu Keriput

Tak hanya menghambat proses penuaan lho!

21 Mei 2022

Alasan Penggunaan Eye Cream sejak Remaja, Jangan Tunggu Keriput
Freepik.com/Senivpetro

Area mata merupakan area kulit paling sensitif karena memiliki lapisan kulit yang lebih tipis dan halus. Oleh sebab itu, kulit di area mata paling signifikan dalam menunjukkan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Seperti mulai munculnya lingkaran hitam, kantung mata, hingga kerutan dan garis-garis halus di sekitar area mata. Tak heran apabila saat ini sudah banyak yang mulai menyadari pentingnya penggunaan produk eye cream untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit tersebut.

Nah, untuk lebih lengkapnya terkait alasan penting penggunaan eye cream, cara tepat memakainya, hingga cara memilih eye cream yang cocok, akan diulas lengkap oleh Popmama.com di bawah ini. Yuk, simak sampai habis Ma!

1. Memakai eye cream secara rutin bisa menghambat proses penuaan

1. Memakai eye cream secara rutin bisa menghambat proses penuaan
Freepik/lookstudio

Memasuki usia 30-an, biasanya banyak perempuan yang mulai mengeluhkan munculnya kerutan dan garis-garis halus di sekitar area mata. Untuk itu, Mama disarankan menggunakan eye cream secara rutin agar bisa menghambat proses penuaan.

Selain itu, umumnya produk eye cream itu bersifat anti-aging dan mengandung bahan seperti adenosine yang bermanfaat untuk membantu mencegah kerutan dan garis-garis halus dengan meningkatkan jumlah elastin dan kolagen dalam kulit. 

Editors' Picks

2. Mengatasi kantung mata hingga bisa melembapkan area sekitar mata

2. Mengatasi kantung mata hingga bisa melembapkan area sekitar mata
Pexels.com/AnnaShvets

Salah satu alasan yang menyebabkan kantung mata menghitam adalah karena terlalu sering tidur larut malam hingga kurang tidur, terutama akibat kesibukan sehari-hari.

Selain kantung mata yang menghitam, mata orang-orang yang kurang tidur biasanya juga akan terlihat lebih sayu akibat kelelahannya tersebut. Oleh sebab itu, mengoleskan eye cream pada kantung dan lingkar mata adalah salah satu cara yang tepat untuk mengatasi hal itu.

Alasannya, saat ini banyak ditemukan produk-produk eye cream yang menawarkan kandungan vitamin C maupun niacinamide yang bisa mencerahkan area mata sekaligus membuat kulit di area menjadi lebih lembap dan terhidrasi dengan baik.

3. Bisa untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya untuk kulit lho, Ma!

3. Bisa melindungi kulit dari sinar UV berbahaya kulit, Ma
Pexels.com/Monstera

Seperti yang sudah diketahui, kulit di area mata merupakan kulit paling tipis dan halus sehingga rentan dengan tanda-tanda penuaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, memakai eye cream secara rutin, terutama saat siang hari bisa membantu kamu dalam memberikan perlindungan ekstra bagi kulit dari dampak buruk bahaya sinar UV.

4. Lalu, bagaimana cara yang tepat memakai eye cream untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal?

4. Lalu, bagaimana cara tepat memakai eye cream mendapatkan hasil lebih maksimal
Pexels.com/Cottonbro

Melansir dari Dermstore, berikut adalah cara tepat memakai eye cream untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, di antaranya:

Langkah 1: Oleskan secukupnya seperti kacang polong di jari manis
Eye cream sangat terkonsentrasi, jadi kamu hanya membutuhkan jumlah sebesar kacang polong untuk kedua mata. Untuk area sensitif itu, gunakan jari manis dengan sentuhan paling ringan. Perlu diingat, jangan terlalu memberi banyak tekanan pada kulit dan oleskan secara perlahan.

Langkah 2: Oleskan titik-titik kecil dari sudut dalam di bawah mata ke tulang alis
Untuk mengaplikasikannya, mulailah dari sudut dalam di bawah mata, oleskan titik-titik kecil dalam setengah lingkaran hingga ke tulang alis. Ketuk perlahan untuk merangsang sirkulasi hingga produk terserap sepenuhnya. Pastikan untuk tidak menarik atau meregangkan kulit saat kamu melakukan ini.

Ingat: Jangan terlalu dekat mengaplikasikan dekat mata untuk menghindari iritasi.

Langkah 3: Tunggu sebelum mengaplikasikan concealer dan produk lainnya
Setelah mengoleskan eye cream, tunggu sekitar 90 detik sebelum mengoleskan concealer atau produk perawatan kulit lainnya untuk memberikan waktu produk menyerap sepenuhnya agar hasil menjadi lebih maksimal.

5. Paling penting, memilih eye cream juga tidak boleh sembarangan Ma!

5. Paling penting, memilih eye cream juga tidak boleh sembarangan Ma
naukrinama.com

Banyak orang yang sudah sadar dan peduli akan pentingnya menggunakan eye cream dari sedini mungkin untuk mencegah penuaan. Meski demikian, nyatanya masih banyak yang salah memilih produk eye cream yang tak sesuai dengan kebutuhan kulitnya.

Untuk itu, Mama harus mengamati terlebih dahulu permasalahan kulit yang sedang dihadapi agar mendapatkan produk yang paling tepat dengan masalah kulitmu, di antaranya:

Keriput dan garis halus di sekitar mata
Pilihlah eye cream yang memiliki formula anti-aging untuk mencegah penuaan dini. Seperti yang mengandung zat penangkal radikal bebas atau memiliki formula kafein dan hyaluronic acid yang efektif untuk penuaan.

Mama bisa mencoba produk AHC The Real Eye Cream for Face yang diformulasikan khusus untuk mengatasi penuaan dan mengembalikan kekenyalan pada kulit karena mengandung vitamin B5, hyaluronic acid dan bahan aktif lainnya.

Lingkaran hitam di bawah mata
Untuk masalah lingkaran hitam di bawah mata, Mama bisa memilih produk yang mengandung vitamin C maupun niacinamide yang terbukti bisa mencerahkan area kulit yang lebih gelap.

Mama bisa mencoba produk dari Kiehl's Youth Dose Eye Treatment yang mengandung pro-retinol, vitamin C, dan ekstrak biji anggur yang diklaim ampuh untuk mencerahkan dan meminimalkan garis serta lingkaran hitam di bawah mata.

Kantung Mata
Untuk masalah kantung mata, Mama bisa memilih produk eye cream yang mengandung vitamin E atau kolagen yang dapat mendukung proses peremajaan kulit di sekitar mata.

Untuk produknya, Mama bisa mencoba Everwhite Peptide Eye Cream Gel yang mengandung tiga jenis peptide dan hyaluronate, yang diklaim efektif untuk melembapkan, membantu mengatasi kantung mata dan mengurangi lingkaran hitam.

Nah, itulah tadi ulasan lengkap terkait alasan penting penggunaan eye cream, cara tepat untuk memakainya, hingga cara memilih eye cream yang cocok. Semoga informasi ini bermanfaat ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk