6 Kesalahan Memakai Sunscreen yang Harus Kamu Tahu

Ternyata sunscreen dengan SPF 30 yang dinilai paling baik

28 Mei 2020

6 Kesalahan Memakai Sunscreen Harus Kamu Tahu
Freepik

Sunscreen adalah salah satu skincare yang wajib digunakan setiap hari. Namun sayangnya, tidak semua orang memahami cara menggunakannya dengan tepat. Popmama.com akan menjabarkannya untuk kamu. 

Kulit harus selalu terlindungi dari sinar matahari langsung. Maka dari itu, sunscreen adalah benda wajib dalam sehari-hari. 

Tapi masih banyak orang yang malas, atau takut menggunakan sunscreen karena dianggap berbahaya. Atau, ada yang salah dalam cara penggunaannya sehingga hasil perlindungannya tidak maksimal. 

Agar tidak sia-sia, berikut penjelasan mengenai cara kerja sunscreen dan apa saja daftar kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakannya.

1. Bagaimana cara kerja sunscreen?

1. Bagaimana cara kerja sunscreen
Freepik/Freepik.diller

Saat mengaplikasikan sunscreen, maka dengan otomatis kulit terlindungi dari sinar matahari langsung yang bisa merusak kulit. 

Sinar UVA bisa mempercepat penuaan kulit dan UVB menyebabkan kulit terbakar. Bagaimanapun, UVA lebih berbahaya dibanding UVB. 

Ada dua jenis sunscreen yang tersedia di pasaran yaitu chemical dan physical sunscreen. Keduanya dibedakan dengan fungsinya. 

Chemical sunscreen memiliki perlindungan menyeluruh terhadap UVA dan UVB. Sedangkan physical sunscreen beragam ada yang hanya melindungi UVA, ada juga yang UVB. 

2. Tak perlu pakai sunscreen jika di foundation sudah ada SPF-nya

2. Tak perlu pakai sunscreen jika foundation sudah ada SPF-nya
Freepik

Penyataan ini salah. 

Menurut ahli dermatologis Jessica Weiser, kebanyakan make up hanya mengandung SPF 15-25 asja. Sedangkan untuk perlindungan yang tepat, kulit membutuhkan board-spectrum perlindungan dari UVA/UVB dengan tingkat SPF 30 atau lebih. 

Jika memaksa tetap ingin pakai SPF dari make up saja, maka harus diaplikasikan sebanyak minimal 8 kali dibanding pemakaian normal. Tentu hal ini akan membuat wajahmu jadi aneh, kan?

Editors' Picks

3. Tak perlu sunscreen saat musim hujan

3. Tak perlu sunscreen saat musim hujan
Freepik/Benzoix

Saat musim hujan memang sering mendung, namun bukan berarti tidak ada matahari. Selama masih ada sinar matahari di siang hari, berarti kamu masih butuh menggunakan sunscreen untuk perlindungan kulit. 

Menurut dermatologis Dennis Gross, sinar UV bisa menembus awan dan jendela. Sehingga, menggunakan sunscreen setiap hari sudah seperti wajib hukumnya. 

4. Menggunakan sunscreen cukup di pagi hari saja

4. Menggunakan sunscreen cukup pagi hari saja
Freepik/Senivpetro

Mungkin kamu harus kembali membaca label penggunakan di produk sunscreen-mu. Kebanyakan produk menganjurkan untuk mengaplikasikan ulang setiap 2 sampai 4 jam sekali. 

Sunscreen bisa bertahan selama 2 jam di kulit yang kering dan bertahan 40-80 menit di kulit yang basah. 

Saat menghabiskan waktu lama di luar ruangan, pastikan untuk mengaplikasikan ulang sunscreen secara rutin. 

5. Jangan pernah menggabungkan sunscreen dengan skincare lainnya

5. Jangan pernah menggabungkan sunscreen skincare lainnya
Freepik

Ada saja yang ingin membuat rutinitas skincare terlihat lebih ringkas dan mudah. Akhirnya ada yang mencoba mencampurkan sunscreen dengan pelembab wajah, atau ada juga yang mencampurkannya dengan foundation

Ini sangat riskan karena kamu tidak tahu berapa takaran tepat untuk mengenakan sunscreen di wajah. Selain itu, mencampurnya bisa membuat kandungan SPF-nya hilang. 

Memang butuh kesabaran. Kamu bisa mengenakan makeup seperti foundation setelah sunscreen di wajah kering dan terserap dengan sempurna. 

6. Yang paling bagus adalah yang ber-SPF tinggi

6. paling bagus adalah ber-SPF tinggi
Freepik/Timonko

Hal ini tidak bisa disamakan dengan semua orang. 

Ini dikarenakan, sensivitas kulit orang berbeda-beda. Selain itu, bergantung juga pada kebutuhannya. 

Satu hal yang bisa jadi pegangan dalam menentukan SPF yang tepat adalah, jika kulitmu berubah kemerahan saat menggunakan sunscreen, maka sebaiknya menaikkan SPF-nya. 

Menurut seorang dermatologis, SPF 30 sangatlah tepat. Di mana SPF 30 sudah mampu menjaga kolagen kulit dan menjaga umur kulit. Yang paling penting, bisa melindungi kulit dari kemungkinan kanker kulit. 

Itulah kesalahan memakai sunscreen yang harus segera diperbaiki. Yang pasti, aplikasikan sunscreen setiap hari, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.