7 Hal yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit Selama di Rumah

Selain menggunakan skin care, kulit dapat dirawat dengan berbagai kebiasaan di rumah

23 Februari 2021

7 Hal Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit Selama Rumah
Freepik/drobotdean

Kulit merupakan organ terbesar yang ada di tubuh. Pada umumnya kulit yang bercahaya menandakan bahwa sehat. Sedangkan, kulit kusam atau kering tentunya akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Saat ini banyak orang yang melakukan perawatan kulit, khususnya wajah agar tetap terlihat sehat dan cerah.  Perawatan kulit semakin beraneka ragam, mulai dari rutin menggunakan skin care hingga perawatan di klinik kecantikan wajah.

Namun, melakukan perawatan kulit secara rutin tidak hanya menggunakan skin care. Menerapkan kebiasaan baik di rumah merupakan hal terpenting untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Jika Mama ingin tahu langkah yang perlu dilakukan untuk merawat kulit, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Menggunakan humidifier untuk menjaga kelembaban kulit

1. Menggunakan humidifier menjaga kelembaban kulit
Freepik/pvproductions

Kulit yang kekurangan hidrasi memicu berbagai permasalahan di wajah, salah satunya yaitu minyak berlebih dan jerawat semakin bertambah.

Setiap perempuan tentunya tidak menginginkan kulit wajah kusam. Kondisi ini akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dan melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Pelembab wajah dapat digunakan saat kulit kering. Namun, pelembab yang kurang tepat bisa menyebabkan iritasi dan alergi.

Selain menggunakan pelembab, sebagian orang sudah banyak yang menggunakan alat untuk mengatasi kulit kering, yaitu humidifier. Alat ini dipercaya dapat membuat kulit menjadi lembab kembali.

Jika Mama ingin melembabkan kulit menggunakan humidifier, bisa memasangnya di kamar tidur. Saat memasangnya dapat memilih tingkatan kelembapan antara 30 hingga 50 persen.

2. Mengganti sarung bantal dengan bahan sutra

2. Mengganti sarung bantal bahan sutra
Freepik/lookstudio

Sarung bantal dengan berbahan sutra dipercaya dapat mencegah kerutan di wajah ketika tidur dengan posisi tengkurap dan menyamping. Bahan sutra tidak akan mengakibatkan kulit menjadi kering.

Walaupun belum banyak penelitian yang mengungkapkan sutra dapat mencegah kerutan di wajah, bahan yang digunakan untuk bantal harus tetap diperhatikan. Selain itu, kebersihan kamar khususnya bantal yang dipakai saat tidur juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Salah satu dokter di Dermatology dan pendiri Doctor’s Daughter Skincare menyarankan untuk rutin mencuci sarung bantal setiap seminggu sekali dan bantal dalam sebulan sekali dengan menggunakan deterjen untuk kulit sensitif.

Editors' Picks

3. Membuat kamar tidur menjadi nyaman

3. Membuat kamar tidur menjadi nyaman
Freepik/pressfoto

Bagi seseorang yang memiliki jam tidur yang kurang cukup akan mengakibatkan kelopak mata menggantung, lingkaran hitam, kulit pucat, banyak kerutan, dan kulit mengelupas. Tak hanya organ tubuh yang memerlukan tidur, kulit juga butuh istirahat dalam sehari.

Ketika seseorang tidur, aliran darah yang mengalir ke kulit akan meningkat, membangun kembali kolagen, dan kulit yang rusak akibat paparan sinar UV akan membaik, serta mengurangi keriputan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kamar tidur menjadi nyaman, yaitu meredupkan lampu kamar sebelum tidur, menggunakan seprei dan bantal yang membuat Mama nyaman, dan mematikan ponsel sebelum jam tidur.

Selain itu, menggunakan kacamata berwarna kuning selama dua jam sebelum tidur hingga satu minggu akan mengurangi gejala insomnia.

4. Mengonsumsi makanan yang sehat untuk kulit

4. Mengonsumsi makanan sehat kulit
Freepik/jcomp

Perlu Mama ketahui bahwa makanan tinggi karbohidrat yang diolah, seperti roti dan keripik dapat menambah permasalahan di dalam kulit, khususnya jerawat di wajah.

Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit, seperti asam lemak, vitamin C, dan probiotik. Vitamin C yang berada di dalam buah jeruk dapat membuat kulit tetap terjaga, meningkatkan produksi kolagen, dan melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6 dapat membantu menghasilkan lapisan minyak di dalam kulit dan menjaga kulit agar selalu tampak muda.

Di dalam sehari, laki-laki disarankan mengonsumsi omega-3 sebanyak 1,6 gram. Sedangkan, perempuan disarankan mengonsumsi seperti salmon sebanyak 1,1 gram per hari.

Probiotik yang biasa ditemukan di dalam yogurt dapat merawat kulit wajah. Selain itu, probiotik bisa mengatasi jerawat dan mencegah keriput di wajah.

5. Mengonsumsi suplemen untuk kulit

5. Mengonsumsi suplemen kulit
Freepik/user12715979

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi suplemen dapat membantu Mama dalam menjaga kulit.

Jika Mama ingin melawan tanda-tanda penuaan dan kulit kusam dapat mengonsumsi suplemen vitamin A. Sedangkan, untuk mengatasi jerawat di wajah bisa meminum suplemen vitamin B.

Suplemen yang mengandung kolagen juga dapat menyembuhkan luka dan menunda penuaan kulit. Selain itu, juga bisa meningkatkan elastis pada kulit, hidrasi, dan kepadatan kolagen.

Namun, sebelum Mama mengonsumsi suplemen untuk merawat kulit, sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

6. Memakai lilin aromaterapi di kamar

6. Memakai lilin aromaterapi kamar
Freepik/Racool_studio

Ketika Mama sedang mengalami stres yang disebabkan oleh berbagai hal dapat berpengaruh pada kesehatan dan penampilan kulit karena hormone kortisol akan dilepaskan.

Kortisol akan mendorong kelenjar di dalam kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak dan sangat rentan timbul jerawat, serta permasalahan kulit lainnya. Jika Mama mengalami stres dalam jangka waktu yang lama bisa membuat kulit menjadi infeksi dan alergi.

Menghilangkan rasa stres dapat memberikan kulit menjadi positif dan sehat. Memang mengurangi stres cukup sulit, tetapi menciptakan suasana menjadi tenang cukup mudah, yaitu dengan memasang lilin aromaterapi.

Lilin ini biasanya memiliki berbagai aroma, seperti lavender. Menurut beberapa sumber, aroma lavender dapat mengurangi rasa kecemasan dan membuat suasana hati lebih membaik dan tenang.

7. Rutin mengonsumsi air putih

7. Rutin mengonsumsi air putih
Freepik/nuclear_lily

Kulit membutuhkan air untuk mempertahankan dan mencegah kerutan. Selain itu, dengan mengonsumsi air putih secara rutin akan membuat kulit menjadi lebih sehat dari biasanya.

Dalam sehari, setiap orang diwajibkan untuk meminum air putih sebanyak delapan gelas untuk memberikan rasa positif bagi kulit.

Dengan membiasakan minum segelas air ptuih saat bangun tidur, akan membuat Mama rutin meminum sebanyak delapan gelas dalam sehari.

Itulah beberapa informasi mengenai 7 hal yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Semoga dapat membantu Mama saat merawat kulit wajah ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.