Ngaku Suka Outfit 90an, Fashion Items Berikut Ini Wajib Kamu Miliki!

Nggak afdol kalau kamu, pecinta fashion era 90an tanpa beberapa fashion items berikut ini!

14 September 2021

Ngaku Suka Outfit 90an, Fashion Items Berikut Ini Wajib Kamu Miliki
Pexels/Collis

Dunia fashion terus berkembang dari waktu ke waktu. Di setiap tahunnya, ada banyak jenis fashion yang terus berputar. Contohnya, seperti fashion di era 90an yang masih hits hingga saat ini. 

Gayanya yang santai dan bebas memadukan berbagai warna menjadi alasan mengapa fashion di era 90an masih digunakan banyak orang sampai sekarang. Seperti penampilan beberapa artis dengan fashion era 90an yang diunggah melalui Instagram pribadinya.

Seperti penampilan aktris sekaligus model Febriani Rastanty yang mengenakan style era 90an saat berada di New York.  Dilihat dari unggahannya, Ia mengenakan denim jacket sebagai luaran dan crop top sebagai dalamannya. Untuk celananya sendiri mengenakan wide leg jeans yang dipadukan dengan sepatu sneakers dengan merek Converse.

Nah, kamu juga bisa lho tampil kece a la 90an dengan beberapa fashion items yang wajib kamu miliki berikut ini. 

Simak rekomendasi yang telah Popmama.com rangkum untuk kamu mengenai beberapa fashion items era 90an yang bisa menjadi pilihan untuk memperkeren outfit. 

Baca sampai habis ya!

1. Celana longgar yang hits di era 90an

1. Celana longgar hits era 90an
Pexels/Anna Shvets

Di era 90an, kerap kali masyarakatnya lebih menyukai celana jeans yang longgar sehingga pas untuk dipadukan dengan outfit yang oversized

Celana dengan model wide leg pants menjadi pilihan di era ini. Celana yang dulunya disebut sebagai celana baggy ini memiliki potongan lurus dari bagian paha sampai ke mata kaki. Ukurannya sendiri cukup lebar sehingga tidak membentuk lekukan tubuh. 

Dengan menggunakan wide leg pants, penampilan kamu menjadi quirky dan edgy banget lho! Kenyamanan yang ditawarkan dari jenis model celana yang satu ini pas untuk dipadukan dengan sleeveless top atau basic t-shirt. Bagi para pecinta outfit yang kasual, model celana satu ini pas banget buat kamu!

Berikut rekomendasi brand lokal yang bisa jadi pilihan kamu untuk mendapatkan celana longgar a la 90an.

  • Jiniso.id

Brand lokal yang satu ini menawarkan beberapa jeans wanita yang sangat laris di salah satu marketplace terbesar di Asia Tenggara. Banyak sekali model jeans yang Jiniso miliki. Mulai dari cutbray jeans, boyfriend jeans, kulot jeans, ripped jeans, dan masih banyak lainnya.

Dengan celana yang oversized cocok banget untuk digunakan a la 90an. Harganya sendiri relatif terjangkau sesuai dengan kualitasnya yaitu sekitar Rp 140.000 - Rp 160.000. Bisa membelinya di e-commerce seperti Shopee, Lazada, atau Tokopedia. 

Para pecinta fashion era 90an belum keren jika kamu tidak punya model jeans yang satu ini. 

2. Kaos oversize dengan kartun vintage jadul a la 90an

2. Kaos oversize kartun vintage jadul a la 90an
Pexels/MART PRODUCTION

Kaos simpel dengan ukuran yang besar atau oversized menjadi pilihan yang tepat untuk kamu para pecinta outfit era 90an. Seperti artis legendaris Indonesia yaitu Nike Ardila yang kerap kali menggunakan kaos oversized pada waktu itu. Hingga saat ini model kaos yang satu ini masih digunakan oleh anak-anak muda.

Tidak hanya itu, anak-anak muda di era 90an juga kerap kali menggunakan kaos oversized dengan gambar kartun vintage jadul a la 90an yang hits pada masanya. Seperti kartun Tintin, Popeye, dan beberapa kartun lain yang sempat naik daun di era ini. 

Tenang saja, berikut rekomendasi kaos oversize untuk kamu para pecinta outfit 90an.

  • Shining Bright Co

Brand lokal indonesia yang menawarkan berbagai kaos oversized dengan bermacam-macam warna. Tidak hanya itu, di bagian depan atau belakang kaos juga didesain dengan karakter kartun yang hits di era 90an. Seperti Space Jam, Looney Tunes, Rick and Morty, Scooby-doo.

Harganya sendiri relatif terjangkau yang sesuai dengan kualitasnya yaitu sekitar Rp 90.000- 180.000. 

Shining Bright Co tidak hanya menawarkan kaos oversized saja, ada juga jaket atau sweater vintage a la 90an yang diproduksi.

Editors' Picks

3. Tampil sporty dan trendi dengan track pants a la 90an

3. Tampil sporty trendi track pants a la 90an
Pexels/KoolShooters

Pada umumnya, track pants adalah celana yang digunakan untuk berolahraga. Namun, seiring berjalannya waktu itu berubah menjadi pakaian yang digunakan para fashionista. Fashion item yang satu ini wajib banget kamu miliki bagi para pecinta 90an.

Alasan track pants menjadi favorit untuk jalan-jalan karena bahannya yang nyaman ketika digunakan. Ditambah lagi banyak pilihan warna yang ditawarkan ketika menggunakan track pants. Seperti warna orange, hijau, dan biru yang colorful ketika gunakan.

Berikut rekomendasi track pants untuk kamu para pecinta outfit 90an.

  • Fletra.id

Fletra adalah brand lokal sejak 2018 yang menawarkan beberapa koleksi track pants a la 90an yang colorful. Mulai dari warna merah, hitam, abu, biru, dan hitam bisa menjadi pilihan bagi para pecinta track pants era 90an. 

Terdapat garis lurus di samping celana berwarna merah dan putih yang menjadi ciri khas dari track pants Fletra. Selain itu, harganya sangat terjangkau mulai dari Rp 160.000-Rp 199.000 sesuai kualitasnya. 

Bagi kamu yang sedang mencari track pants a la 90an, brand lokal yang satu ini bisa dijadikan pilihan nih!

4. Sepatu a la 90an yang jadi primadona hingga saat ini

4. Sepatu a la 90an jadi primadona hingga saat ini
Pexels/Bethany Ferr

Model sepatu a la 90an masih digemari sampai hari ini. Industri sepatu lokal terus berkembang secara pesat diiringi dengan kesadaran anak muda yang lebih menyukai produk dalam negeri.

Di era 90an, sepatu model sneakers juga laris manis karena kenyamanan yang diberikan ketika digunakan. Tidak hanya sneakers saja, platform sandals juga menjadi hits di tahun itu. Alas kaki yang super eccentric menjadi alternatif dari heels. Kenyamanan yang diberikan lebih disukai para pecinta fashion era 90an. 

Berikut rekomendasi sepatu yang wajib para pecinta outfit 90an miliki.

  • Sepatu Compass

Brand lokal Compass adalah sepatu vulkanisir buatan Indonesia sejak 1998. Sepatu lokal yang satu ini tidak kalah keren dibandingkan merek ternama seperti Adidas atau Converse. 

Menyajikan model sepatu sneakers yang kekinian dengan desain yang nyaman menjadi alasan bagi para percinta Compass untuk setia menggunakannya.

Hanya dengan Rp 338.000 saja, kamu bisa mendapatkan sneakers lokal yang berkualitas. Merek ini juga bisa dikatakan unik karena memadukan desain klasik dengan desain modern. 

Cocok banget nih untuk kamu para pecinta sneakers lokal. 

  • Adorable Projects 

Brand lokal yang satu ini memproduksi sepatu platform yang hits di era 90an. Para perempuan menyukai kenyamanan dari model yang ditawarkan. Adorable Projects memproduksi Cannoly Platform dengan material Artificial Leather. Harga yang ditawarkan juga sesuai dengan kualitasnya seharga Rp 245.000. 

Untuk membelinya bisa melalui official store Adorable Projects atau di e-commerce Shopee dengan berbagai penawaran. 

Tidak hanya sepatu saja, ia juga menawarkan berbagai model tas vintage yang pernah hits di era 90an lho!

Para perempuan pecinta outfit era 90an wajib banget punya fashion items yang satu ini. 

5. Aksesoris di kepala era 90an yang wajib kamu miliki

5. Aksesoris kepala era 90an wajib kamu miliki
Pexels/Jill Wellington

Di era 90an, banyak aksesoris yang bisa menjadi pelengkap untuk memperkeren outfitnya. Salah satunya aksesoris di kepala yaitu scarf yang dijadikan bandana. 

Hair piece yang ngetop di zaman 90an ini bisa menjadi penyelamat kamu saat bad hair day lho! Hingga saat ini bandana kerap kali digunakan sebagai ribbon tie atau neck tie untuk memperkeren outfit.

Berikut rekomendasi aksesoris bandana yang wajib para pecinta outfit 90an miliki.

  • OH.IRV

Brand lokal yang satu ini menawarkan berbagai outfit era 90an yang cocok untuk kamu para pecinta pastel. Ia menawarkan berbagai jenis scarf berwarna pastel yang harganya terjangkau. Scarf yang ditawarkan adalah silk mini scarf berukuran 60x60 cm seharga Rp 129.000 yang bisa kamu dapatkan melalui e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia.

Kamu juga bisa menemukan offline storenya di kota Bandung dan Jakarta Selatan. 

Para pecinta pastel bisa banget menjadikan OH.IRV salah satu pilihan kamu untuk berbelanja fashion items era 90an.

6. Kacamata vintage era 90an yang ngetrend sampai sekarang

6. Kacamata vintage era 90an ngetrend sampai sekarang
IZIPIZI SLIM

Banyak model kacamata yang sempat hits di era 90an. Salah satunya yaitu model kacamata small oval sunglasses dengan bentuk ovalnya yang hits banget. 

Kacamata jenis ini kerap kali digunakan oleh Kendall Jenner atau Bella hadid belakangan ini lho. Bahkan, Selena Gomez juga sering menggunakan kacamata yang satu ini saat menghadiri beberapa acara.

Nah, bagi kamu para pecinta kacamata jadul era 90an bisa banget langsung saja simak rekomendasi berikut ini.

  • IZIPIZI SLIM

Label kacamata ready-to-wear dari Paris, IZIPIZI meluncurkan koleksi Studio 2021 terbarunya yang bernama SLIM. 

Hadir dengan kesan ikonik, design-oriented, dan tetap fokus sebagai koleksi yang affordable bisa menjadi pilihan kamu para pecinta kacamata a la 90an lho. 

IZIPIZI SLIM mengaplikasikan pendekatan ramah lingkungan dalam pembuatan produknya. Koleksi SLIM menggunakan material bio-based polyamide yang berkualitas tinggi. Material tersebut berbasis polimer berkelanjutan, dari pengembangan sumber daya terbarukan.

Maka dari itu, frame dibuat dari materi berbahan dasar tanaman jarak yang menjadikannya sebagai kacamata dengan frame super ringan dan tipis.

Dari sisi desain, koleksi ini terinspirasi dari gaya pop 1990-an, yang menampilkan model kacamata yang super tipis dan tetap klasik. Untuk pilihan warnanya, koleksi ini kental dengan rona 1990-an yang beragam dan disimpulkan dalam kelompok warna Black, Cream, dan Mallow.

Bagi kamu yang ingin punya kacamata a la 90an, IZIPIZI Slim bisa dijadikan pilihan dengan membelinya di e-commerce seperti Shopee atau Zalora. 

Nah, itu dia rekomendasi yang telah Popmama.com rangkum mengenai beberapa fashion items era 90an yang bisa menjadi pilihan untuk memperkeren outfit. 

Jadi, nggak perlu pusing lagi untuk tampil kece dengan fashion items era 90an ya.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.