Hentikan Pemakaian Skincare, Jika Mama Mengalami 7 Hal Ini!

Tidak semua produk skincare memberikan hasil yang sama di setiap orang ya Ma

20 Oktober 2020

Hentikan Pemakaian Skincare, Jika Mama Mengalami 7 Hal Ini
verywellhealth.com

Mama, bagi banyak orang, memiliki wajah yang bersih dan cerah adalah impian. Penggunaan skincare pastinya bertujuan untuk membuat kulit wajah menjadi bersih dan sehat kan. Tapi, menemukan skincare yang tepat memang membutuhkan waktu ya, Ma.

Tidak semua produk skincare memberikan hasil yang sama di setiap orang. Misalnya, jika produk yang dipakai teman Mama membuat wajahnya makin mulus tapi justru menimbulkan jerawat di wajahmu, itu artinya produk tersebut tidak cocok. Lalu, apa saja tanda produk skincare yang Mama pakai tidak cocok

Simak penjelasannya dari Popmama.com di bawah ini yuk, Ma! 

1. Wajah tampak kemerahan

1. Wajah tampak kemerahan
today.com

Kemerahan yang timbul pada wajah biasanya timbul karena bahan pengawet, wewangian, dan asam akrilat yang ada pada kosmetik lho, Ma.

Segera konsultasikan pada dokter jika Mama mengalami hal ini ya. Karena jika didiamkan terlalu lama, hal ini bisa mengakibatkan alergi yang akan lebih sulit disembuhkan lho.

2. Kulit terasa kering dan gatal

2. Kulit terasa kering gatal
Freepik/Spukkato

Wewangian yang terdapat dalam produk skincare yang kamu pakai juga bisa membuat kulit wajah menjadi kering sehingga terasa gatal. Pilihlah produk yang memiliki label fragrance-free yang lebih aman digunakan, terutama untuk Mama yang memiliki kulit sensitif.

Editors' Picks

3. Timbul jerawat dibeberapa bagian

3. Timbul jerawat dibeberapa bagian
Freepik/user18526052

Ini merupakan hal yang paling sering terjadi jika Mama menggunakan produk yang tidak cocok. Jika Mama mengalami jerawat di beberapa bagian namun membaik dalam beberapa saat, ini artinya Mama mengalami purging.

Ini merupakan pertanda baik karena artinya kulit Mama sedang melakukan detoks yang akan membuat wajah jadi lebih bersih. Namun jika mengalami jerawat yang semakin banyak dan tidak hilang-hilang, segera hentikan pemakaian skincare Mama ya. Ini artinya Mama mengalami breakout dan produk yang Mama pakai tidak sesuai untuk kulit wajah Mama.

4. Kulit wajah terasa kencang dan ketarik

4. Kulit wajah terasa kencang ketarik
Freepik/master1305

Produk skincare yang baik dan cocok untuk kulit wajah tidak seharusnya membuat kulit wajah terasa kencang dan tertarik, lho. Ini biasanya terjadi jika sabun yang Mama pakai tidak sesuai.

Ketika wajah terasa kencang dan tertarik maka kulit terasa akan terasa kering dan pori-pori tampak lebih besar. Untuk mengatasinya, gantilah dengan sabun yang memiliki pH seimbang.

5. Wajah terasa panas dan ada sensasi terbakar

5. Wajah terasa panas ada sensasi terbakar
Freepik/Benzoix

Tanda ini biasanya disebabkan oleh pemakaian krim wajah yang tidak cocok. Segera cuci kembali wajah Mama jika mengalami sensasi terbakar yang terasa panas. 

6. Tidak tampak perubahan pada wajah

6. Tidak tampak perubahan wajah
Freepik/diana.grytsku

Jika Mama memakai produk dengan klaim mencerahkan atau mengatasi jerawat, tapi Mama tidak merasakan hasilnya dalam waktu lebih dari satu bulan, itu artinya produk yang Mama pakai tidak bekerja dengan baik. Segera ganti produk tersebut yah!

7. Wajah jadi berminyak dan kusam

7. Wajah jadi berminyak kusam
Freepik

Selain tanda-tanda di atas, produk skincare yang tidak cocok akan membuat wajah jadi berminyak dan tampak kusam lho, Ma. Segera hentikan pemakaian produk yang Mama pakai agar tidak terjadi masalah lebih lanjut!

Itu dia Ma, 7 hal yang harus Mama perhatikan ketika menggunakan skin care ya. Jika hal itu terjadi kepada Mama, segera hentikan produk yang Mama gunakan ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.