5 Tips Merawat Kulit agar Tetap Cantik saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Harus tetap menjaga kecantikan ya, Ma

15 April 2021

5 Tips Merawat Kulit agar Tetap Cantik saat Berpuasa Bulan Ramadan
Pexels/Yi Guo

Bulan suci Ramadan menjadi salah satu momen terbaik untuk memulai perubahan menjadi pribadi yang lebih positif dan juga perubahan dalam hal kecantikan diri, baik hati maupun fisik.

Dalam kampanye bertajuk bertajuk Ramadhan Ready, Sociolla melakukan berbagai macam kegiatan yang membuat beauty enthusiast tetap berpenampilan cantik dan juga sehat selama bulan Ramadan.

Pada kesempatan kali ini,Popmama.comtelah merangkum inspirasi untuk tetap mendapatkan kulit yang cantik dan sehat selama Ramadan. Yuk, disimak!

1. Perlindungan dari sunscreen menjadi hal yang utama

1. Perlindungan dari sunscreen menjadi hal utama
Pexels/Anna Shvets

Walaupun sebagian besar kegiatan masih dilakukan di rumah, tetap menjaga kulit dari paparan sinar matahari adalah hal yang hal yang harus di perhatikan.

Indonesia merupakan negara tropis yang tidak mungkin terhindari dari paparan sinar matahari yang dapat membuat skin barrier menjadi lebih rentan terganggu.

Untuk tetap menjaga kulit agar tetap sehat, sangat penting bagi Mama untuk selalu memakai sunscreen baik itu saat berada di dalam rumah atau di luar rumah.

Pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF 45/PA++++ untuk melindungi kulit tropis dari dampak buruk sinar matahari.

Editors' Picks

2. Selalu konsisten dalam melakukan rangkaian skincare

2. Selalu konsisten dalam melakukan rangkaian skincare
Freepik/lookstudio

Hal lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah konsistensi dalam melakukan perawatan kulit setiap harinya.

Kulit juga memerlukan kandungan yang baik setiap harinya secara rutin untuk tetap menjaga kelembapan kulit.

Hal ini juga berlaku untuk rahasia perawatan kulit idol Korea yang dengan secara ketat selalu memperhatikan perawatannya setiap hari. Pilihlah produk yang mengusung konsep ramah lingkungan dengan minimal ingredient yang sesuai dengan untuk kulit sensitif sekalipun.

3. Jangan lupa hidrasi kulit dengan kandungan yang tepat

3. Jangan lupa hidrasi kulit kandungan tepat
Freepik/lifeforstock

Setiap orang memiliki karakter dan jenis kulit yang berbeda, mulai dari kering, berminyak, sensitif, sampai dengan kombinasi.

Terdapat beberapa jenis kandungan pada skincare yang memiliki kadar kelembapan yang tinggi sehingga akan cocok untuk menghidrasi kulit ketika sedang berpuasa.

Kandungan dalam skincare yang seringkali digunakan untuk melembapkan adalah Glycerin, Ceramide, dan Hyaluronic Acid yang mana masing-masing kandungan memiliki daya kelembapan yang baik untuk kulit.

4. Menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan masker wajah

4. Menjaga kelembapan kulit menggunakan masker wajah
Freepik/nakaridore

Tidak seperti kulit di area tubuh yang lainnya, biasanya kulit wajah cenderung memerlukan perawatan yang lebih dibandingkan dengan bagian kulit yang lainnya.

Dengan kadar kelembapan dan tekstur kulit yang berbeda, maka kulit pada wajah akan cenderung lebih sensitif.

Untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi, maka rutin menggunakan masker wajah yang mengandung komposisi utama seperti hydrating dan moisturizing adalah hal yang harus dilakukan.

Gunakan masker wajah sebanyak dua kali dalam satu minggu untuk menjaga skin barrier kulit tetap sehat.

5. Selalu menggunakan pelembap

5. Selalu menggunakan pelembap
Pexels/Shiny Diamond

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kulit wajah jauh lebih sensitif dibandingkan dengan bagian kulit yang lainnya. Menggunakan pelembap adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit selalu terlihat sehat dan juga segar.

Meskipun Mama memiliki jenis kulit yang berminyak, Mama juga perlu untuk menggunakan pelembap yang memang memiliki kandungan khusus untuk kulit kering. Pelembap yang digunakan dapat membantu untuk mengontrol jumlah produksi minyak alami pada kulit.

Nah, jadi itulah inspirasi untuk tetap mendapatkan kulit yang cantik dan juga sehat selama bulan Ramadan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan baik itu kesehatan tubuh atau kesehatan kulit di bulan Ramadan ini ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.