6 Bahan Alami yang Dapat Dijadikan sebagai Masker dan Eksfoliator

Sudah pernah coba yang mana, Ma?

19 April 2021

6 Bahan Alami Dapat Dijadikan sebagai Masker Eksfoliator
Pexels/Anna Tarazevich

Seperti yang kita ketahui bahwa melakukan eksfoliasi kulit menjadi salah satu bagian dari rangkaian skincare yang harus di lakukan. Hal ini dikarenakan penumpukan sel kulit mati yang didiamkan terlalu lama dapat membuat kulit wajah menjadi kusam dan tidak terlihat cerah.

Terdapat banyak sekali makanan yang bermanfaat untuk perawatan kulit, mulai dari buah-buahan, sayur, minyak, sampai dengan kopi. Meskipun terdapat banyak produk yang bisa digunakan untuk melakukan eksfoliasi, bahan-bahan alami yang bisa dengan mudahnya Mama temukan juga bisa di coba, lho.

Oleh karena itu, kali iniPopmama.comtelah merangkum 6 makanan yang memiliki manfaat alami yang dapat dijadikan sebagai eksfoliator kulit wajah ataupun masker. Yuk, disimak!

1. Buah delima dapat dijadikan sebagai anti-inflamasi

1. Buah delima dapat dijadikan sebagai anti-inflamasi
Pexels/Pixabay

Buah delima atau yang seringkali kita sebut sebagai pomegranate merupakan jenis buah yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Oleh karena itu, delima dapat dijadikan sebagai anti-inflamasi yang baik untuk kulit Mama.

Untuk dijadikan sebagai eksfoliator, Mama bisa mencoba untuk menghancurkan biji delima dengan cara menumbuknya. Dengan begitu, nutrisi antioksidan yang ada di dalamnya akan keluar dan dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

2. Alpukat kaya akan vitamin C dan E

2. Alpukat kaya akan vitamin C E
Pexels/Ready Made

Alpukat merupakan salah satu buah yang menjadi sumber lemak sehat dan juga kaya akan vitamin C dan E. Kandungan nutrisi ini memberikan hasil yang bagus untuk kulit dimana dapat membuat kulit menjadi lebih bersinar dan dapat mengurangi peradangan.

Alpukat dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari secara langsung. Untuk menjadikannya sebagai masker, Mama bisa mencampurkan alpukat yang telah dihaluskan sebelumnya dengan yogurt dan juga madu. Baru setelahnya di aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Editors' Picks

3. Gula dapat mengangkat sel kulit mati

3. Gula dapat mengangkat sel kulit mati
Freepik/jcomp

Gula menjadi salah satu bahan alami yang sudah seringkali digunakan untuk mengeksfoliasi kulit, baik itu kulit wajah atau bibir yang kering. Gula mengandung asam glikolat yang tinggi sehingga dapat digunakan dengan baik sebagai eksfoliator.

Karena memiliki tekstur seperti pasir, gula bisa dicampurkan dengan bahan alami apapun, seperti air lemon untuk dijadikan sebagai eskfoliator.

Melakukan eksfoliasi sebanyak dua sampai tiga kali dalam satu minggu agar kulit tidak mengalami iritasi dan kulit dapat menyerap nutrisi dengan baik.

4. Buah Jeruk dapat meningkatkan elastisitas dan hidrasi pada kulit

4. Buah Jeruk dapat meningkatkan elastisitas hidrasi kulit
Pexels/Karolina Grabowska

Buah jeruk atau lemon dikenal dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan juga bersih. Buah-buahan ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan elastisitas dan hidrasi pada kulit.

Mama bisa mencampurkan air perasan jeruk dengan minyak zaitun dan juga gula untuk melakukan eksfoliasi untuk bibir yang pecah-pecah.

Jeruk bali menjadi bahan umum yang kaya akan antioksidan dan juga vitamin C yang dapat membantu untuk mencerahkan kulit dan memperbaiki warna kulit secara keseluruhan.

5. Minyak Zaitun membuat kulit menjadi lebih lembap

5. Minyak Zaitun membuat kulit menjadi lebih lembap
Pexels/Pixabay

Mungkin Mama seringkali mendengar tentang minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan kulit atau kesehatan rambut.

Minyak zaitun bekerja sebagai antioksidan yang dapat melawan bakteri yang menyebabkan kulit menjadi iritasi atau berjerawat dan dapat membuat kulit menjadi lebih lembap

Namun, perlu Mama ketahui bahwa terdapat beberapa jenis minyak zaitun yang memiliki fungsi yang berbeda. Seperti misalnya minyak zaitun dengan extra virgin organik yang bisa akan memberikan hasil yang maksimal pada kulit.

6. Madu bantu kunci kelembapan

6. Madu bantu kunci kelembapan
Pexels/ROMAN ODINTSOV

Madu bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk melembapkan kulit wajah yang kering atau mengalami kemerahan. Madu disebut sebagai humektan yang mana dapat membantu untuk mengunci kelembapan yang ada pada kulit.

Madu manuka menjadi salah satu jenis madu yang dapat digunakan sebagai masker wajah karena memiliki sifat antibakteri di dalamnya. Mama bisa langsung mengaplikasikan madu manuka ke wajah dan diamkan selama lima sampai 10 menit, baru kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Nah, jadi itulah 6 bahan alami yang dapat Mama gunakan sebagai masker atau eksfoliator wajah untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih dan juga terjaga kesehatannya. Jadi, Mama mau coba menggunakan bahan yang mana dulu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.