6 Cara Menjaga Makeup Tetap Awet untuk Kulit Berminyak

Makeup bisa lebih tahan lama dengan trik ini!

16 April 2021

6 Cara Menjaga Makeup Tetap Awet Kulit Berminyak
Freepik/drobotdean

Seringkali wajah yang berminyak membuat makeup yang digunakan tidak dapat bertahan cukup lama sehingga Mama harus selalu touch up untuk mempertahankan hasil makeup.

Produksi minyak alami yang berlebihan pada wajah akan membuat makeup yang dipakai tidak bertahan lama.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.comtelah merangkum 6 tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mempertahankan makeup lebih tahan lama pada wajah yang berminyak. Yuk, disimak!

1. Membersihkan wajah dengan benar

1. Membersihkan wajah benar
Freepik/valuavitaly

Hal dasar yang harus dilakukan adalah mencuci wajah dengan menggunakan formula yang sesuai dan dengan menggunakan air dengan suhu ruang atau tidak dingin dan tidak panas.

Membersihkan wajah tentunya akan membantu untuk mengangkat kotoran yang dapat menyumbat pori-pori pada kulit sehingga makeup yang digunakan akan terlihat lebih merata.

Jangan lupa, membersihkan wajah harus dilakukan sebelum dan sesudah memakai makeup.

Tentunya Mama tidak mau jika makeup yang sudah di pakai seharian ini menyumbat kulit wajah dan dapat menyebabkan munculnya jerawat.

2. Memakai es batu

2. Memakai es batu
Freepik/Racool_studio

Ternyata es batu tidak hanya bisa dipakai untuk minuman, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kulit wajah.

Seperti salah satunya adalah membuat kulit wajah menjadi lebih segar dan dapat membuat pori-pori wajah menjadi mengecil.

Untuk kulit wajah yang berminyak, es batu memiliki peran untuk membantu mengontrol kadar minyak yang ada di kulit sehingga pada saat mengaplikasikan makeup di wajah, makeup akan lebih tahan lama.

Editors' Picks

3. Memakai primer matte

3. Memakai primer matte
Pinterest.com

Apapun jenis kulit yang Mama miliki, menggunakan primer makeup adalah sebuah keharusan agar makeup yang digunakan dapat bertahan lama. Untuk pemilik kulit wajah yang berminyak, menggunakan primer akan membantu untuk menyiapkan kulit wajah terhadap makeup.

Fokuskan penggunaan primer pada daerah T-zone seperti dahi, hidung, dan juga dagu. Ada baiknya jika menggunakan primer yang matte untuk membuat makeup menjadi lebih tahan lama dan juga dapat terlihat lebih rata dan teratur.

4. Selalu menggunakan pelembap

4. Selalu menggunakan pelembap
dermageniq.org.uk

Meskipun memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, menggunakan pelembap adalah sebuah keharusan. Pada dasarnya, hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak adalah kondisi kulit wajah yang kering sehingga kulit akan memproduksi minyak alami secara berlebihan.

Mama bisa menggunakan pelembap dengan formula yang ringan atau memang pelembap yang di khususkan untuk kulit berminyak.

Menggunakan pelembap secara rutin akan membuat kulit menjadi lebih kenyal dan juga terhidrasi sehingga hasil akhir makeup akan terlihat lebih sempurna.

5. Memakai bedak tabur

5. Memakai bedak tabur
Freepik/Rawpixel-com

Bedak juga memiliki peran yang penting untuk mengatur kadar minyak ada yang ada pada kulit wajah. 

Bedak tabur yang digunakan dapat membantu makeup bertahan lebih lama pada kulit wajah yang berminyak karena dapat menyerap minyak yang berlebih.

Pastikan agar bedak tabur tidak menumpuk di area tertentu untuk mengurangi resiko kulit wajah yang mengeluarkan minyak lebih banyak. Selain itu, gunakan brush sebagai aplikator bedak tabur ke wajah agar dapat tersebar dengan merata.

6. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

6. Hindari menyentuh wajah tangan
Freepik/jcomp

Hal yang sepele namun seringkali di lakukan adalah menyentuh wajah dengan menggunakan jari tangan. Meskipun dilakukan secara tidak sengaja, terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan dapat menyebabkan bakteri yang ada di tangan tersebar ke wajah.

Bakteri tersebut berpotensi membuat kulit wajah menjadi lebih berminyak dan juga akan menimbulkan jerawat. Kebiasaan ini menjadi hal yang secara tidak disadari dapat membuat makeup menjadi tidak tahan lama.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Mama lakukan untuk menjaga makeup tahan lama seharian walaupun memiliki jenis kulit yang berminyak. Mama bisa mencoba tips ini jika memiliki kulit yang berminyak. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.