Hindari 6 Kebiasaan ini agar Rambut Tak Mudah Rontok

Bisa jadi kamu melakukannya tanpa sadar!

7 Desember 2021

Hindari 6 Kebiasaan ini agar Rambut Tak Mudah Rontok
Freepik/benzoix

Rambut merupakan mahkota untuk para perempuan. Oleh karena itu, kamu memerlukan perawatan yang ekstra untuk menjaga rambut agar tetap sehat. Namun, apakah kamu masih mengalami permasalahan rambut seperti rambut yang rontok meskipun sudah melakukan perawatan ekstra?

Ternyata terdapat beberapa kebiasaan yang kamu lakukan sehingga menyebabkan kerontokan rambut, seperti yang dilansir dalam healthline.com. Dalam beberapa situasi, seperti kerontokan rambut setelah kehamilan merupakan hal yang normal.

Tanpa disadari, kebiasaan yang dianggap sepele dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Lalu apa sajakah kebiasaan tersebut? Yuk, simak artikel dari Popmama.com seputar 6 kebiasaan yang dapat membuat rambut menjadi rontok berikut ini!

1. Jarang keramas atau membersihkan rambut

1. Jarang keramas atau membersihkan rambut
Freepik/valuavitaly

Salah satu kebiasaan yang bikin rambut rontok adalah malas keramas. Memiliki kegiatan yang terlalu padat sehingga tidak punya waktu untuk membersihkan rambut? Hentikan kebiasaan ini sekarang jika ingin rambut tetap dalam keadaan sehat dan kuat.

Kotoran akan menumpuk di kulit kepala sehingga dapat mengubah siklus alami pada kulit kepala yang dapat menjaga kekuatan rambut. Oleh karena itu, kamu harus rutin untuk keramas untuk menghindari kotoran yang menyumbat folikel rambut.

2. Terlalu kencang saat menggunakan ikatan rambut

2. Terlalu kencang saat menggunakan ikatan rambut
etsy.com

Menjaga rambut agar tetap rapi pada tempatnya pada saat mengikat rambut mungkin akan lebih membuat penampilan terlihat lebih nyaman. Namun, mengikat rambut terlalu kencang justru akan membuat rambut menjadi mudah patah.

Secara tidak langsung, rambut yang terikat terlalu kuat akan dipaksa untuk lepas dari akarnya sehingga rambut akan dengan mudahnya rontok.

Editors' Picks

3. Menggunakan sampo dengan formula yang tidak sesuai

3. Menggunakan sampo formula tidak sesuai
Pexels/Cottonbro

Meskipun kamu harus rutin mencuci rambut, bukan berarti kamu mengabaikan formula pada sampo yang digunakan saat berkeramas. Kegunaan sampo adalah untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak berlebih.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan formula yang terkandung di dalamnya agar tidak menghilangkan minyak alami pada rambut yang dapat membuat kulit kepala menjadi kering dan rambut mudah rontok.

4. Terlalu sering menyisir rambut juga bisa buat rambut mudah rontok

4. Terlalu sering menyisir rambut juga bisa buat rambut mudah rontok
Freepik/gpointstudio

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga rambut agar tetap rapi adalah dengan menyisirnya, tetapi jika dilakukan terlalu sering akan menimbulkan masalah bagi rambut.

Terlalu sering menyisir rambut akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan bercabang, terlebih lagi jika menggunakan sisir dengan gigi yang terlalu rapat.

Sisir rambut secukupnya untuk menghindari terjadinya kerontokan pada rambut, ya!

5. Terlalu sering menggunakan hair tools dan mengganti warna rambut

5. Terlalu sering menggunakan hair tools mengganti warna rambut
Freepik/valuavitaly

Menggunakan alat panas untuk menata rambut memang akan membuat rambut terlihat lebih stylish, tetapi jika terlalu sering digunakan dapat membuat folikel rambut menjadi dehidrasi dan rentan terhadap kerusakan.

Selain itu, terlalu sering mengganti warna rambut ternyata juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok, lho. Terlebih lagi jika melakukan over bleaching yang dapat membuat rambut menjadi lebih tipis, lemah, dan mudah rontok.

6. Melewatkan sarapan juga bisa membuat rambut cepat rontok lho

6. Melewatkan sarapan juga bisa membuat rambut cepat rontok
Freepik/lookstudio

Siapa sangka kalau sarapan menjadi salah satu hal yang dapat menjaga kesehatan rambut? Pada kenyataannya, sarapan pagi memiliki peranannya sendiri dalam menjaga kesehatan rambut.

Lalu bagaimana jika melewatkan sarapan pagi? Tentunya rambut akan mengalami permasalahan seperti kerontokan. Rambut memerlukan keratin di setiap helainya untuk meningkatkan folikel pada rambut.

Keratin bisa di dapatkan dari mengonsumsi menu sarapan di pagi hari. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk sarapan, ya!

Nah, itulah enam kebiasaan yang tanpa disadari dapat membuat rambut mudah rontok. Coba hindari kebiasaan ini untuk menjaga kesehatan rambut, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk