Kulit Terasa Kusam? Penyebabnya Bukan Hanya Makeup atau Polusi Lho!

Wajah kusam bikin ganggu? Yuk cari tahu apa penyebabnyanya, Ma

26 November 2020

Kulit Terasa Kusam Penyebab Bukan Ha Makeup atau Polusi
Freepik/Katemangostar

Kulit kusam adalah kulit yang tidak terlihat cerah atau bersinar, namun terlihat gelap, berminyak, dan juga memiliki noda hitam pada kulit. Wajah yang kusam tidak hanya membuat tampilan Mama terlihat lelah, namun juga tampak lebih tua.

Ternyata bukan hanya penggunaan kosmetik yang menutupi pori-pori atau polusi yang membuat tanda penuaan mulai bermunculan.

Terdapat faktor-faktor lain yang membuat kulit wajah Mama kehilangan nutrisinya sehingga membuat kulit kusam. Agar Mama bisa mencegahnya, Popmama.comtelah merangkumnya untuk Mama, disimak ya!

1. Pola Makan Kurang Sehat

1. Pola Makan Kurang Sehat
Pexels

Makanan yang masuk kedalam tubuh tidak hanya mempengaruhi kesehatan, namun juga penampilan. Saat kulit wajah tampak kusam dan lelah coba cek pola makan Mama, apakah sudah mengkonsumsi makanan yang sehat atau belum.

Ada baiknya jika mulai mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, sayuran, buah, dan multivitamin. Dengan memperbanyak makanan yang sehat akan membuat kulit Mama ikut sehat.

Editors' Picks

2. Perubahan Hormon

2. Perubahan Hormon
Freepik/Jcomp

Ketika memasuki masa menstruasi ataupun efek samping dari obat-obatan dapat membuat hormon menjadi naik turun. Ternyata perubahan hormon juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan kulit wajah.

Saat hormon estrogen turun maka hormon testosteron akan meningkat dan menyebabkan produksi minyak pada kulit mengalami penaikan dan menyumbat pori-pori.

Memiliki minyak pada wajah yang berlebih akan membuat wajah tampak berminyak dan tidak cerah.

3. Mengalami stres

3. Mengalami stres
Freepik/cookie_studio

Lelah akan pekerjaan, berkonflik dengan pasangan atau teman akan membuat tingkat stres semakin menaik dan terasa.

Stres tentunya akan membawa dampak kurang baik pada kesehatan, stres yang dirasakan bisa mempengaruhi aliran darah ke kulit dan membuat wajah terlihat pucat dan lesu.

Untuk mengatasinya, Mama bisa memberikan pijatan-pijatan kecil pada area wajah pada saat membersihkan atau mengoleskan pelembab.

Fungsinya adalah untuk melancarkan alirah darah dan kulit secara perlahan sehingga kulit akan terlihat lebih segar dan bersinar.

4. Kurang tidur bisa buat kulit jadi nggak cerah

4. Kurang tidur bisa buat kulit jadi nggak cerah
Freepik/Yanalya

Saat Mama terbangun pada malam hari dan kemudian tidak bisa melanjutkan tidur karena suatu hal juga menjadi salah satu penyebab kulit wajah tampak kusam. Kurangnya waktu istirahat pada malam hari akan mempersingkat waktu untuk meregenerasi sel kulit.

Akibatnya, jaringan kulit wajah yang mati akan menumpuk dan menimbulkan kerutan dan wajah tampak kusam.

Cara mengatasinya cukup mudah karena Mama hanya perlu untuk memperbaiki kembali pola tidur menjadi teratur sehingga kulit akan mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat.

5. Mengalami dehidrasi

5. Mengalami dehidrasi
Freepik/diana.grytsku

Ketika mengalami dehidrasi, tubuh akan mengalami penurunan volume aliran darah ke kulit sehingga akan membuat wajah tampak pucat dan terlihat seperti orang yang sedang sakit.

Dehidrasi mungkin tampak seperti masalah yang dapat langsung diselesaikan hanya dengan minum air, namun pada kenyataannya dehidrasi bisa menjadi masalah jangka panjang pada kulit.

Saat gagal memberikan kulit asupan air yang dibutuhkan dalam jangka waktu yang lama, maka akan menyebabkan kerusakan permanen pada kulit.

Garis-garis halus, kulit kendur, dan kerutan kecil akan muncul ketika tubuh mengalami dehidrasi yang cukup kronis. Dengan mengonsumsi cukup air akan membantu kulit tetap sehat dan lembab.

Nah, setelah mengetahui penyebab yang membuat kulit tampak kusam dan tidak sehat seperti di atas, Mama masih mau memiliki pola hidup yang kurang sehat? Yuk, coba jalani pola hidup yang sehat agar kulit Mama bisa selalu terlihat lembab dan segar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.