5 Minyak Alami yang Baik untuk Kesehatan Rambut

Sudah pernah pakai yang mana, Ma?

15 Januari 2021

5 Minyak Alami Baik Kesehatan Rambut
Pexels/Dominika Roseclay

Seperti halnya kulit, rambut juga memerlukan minyak untuk menjadikannya tetap sehat dan kuat. Minyak rambut dapat membuat rambut inti menjadi lebih kuat dan juga mampu memberikan kelembapan agar rambut tidak rapuh.

Beberapa minyak alami di bawah ini mampu memberikan perawatan yang baik untuk kesehatan rambut Mama lho.

Mau tau ada apa saja? Popmama.comtelah merangkum 5 jenis minyak alami yang dapat memberikan perawatan kesehatan untuk rambut. Yuk, disimak!

1. Melembabkan dengan minyak kelapa

1. Melembabkan minyak kelapa
Freepik/Bowonpat

Minyak kelapa memberikan perawatan yang baik pada rambut kering karena dapat memberikan kelembapan yang dibutuhkan rambut dan mengunci kutikula rambut untuk mencegahnya menjadi kusut dan juga bercabang.

Jika Mama memiliki rambut yang tipis dan juga rontok, minyak kelapa dapat mencegah kerusakan tersebut karena kandungan asam lemak di dalamnya yang unik.

Selain itu, Mama bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pembersih tumpukan kotoran yang menempel di kulit-kulit kepala akibat penggunaan produk berbahan kimia.

Minyak kelapa akan membantu menenangkan kulit kepala yang kering dan menjadikannya sebagai pilihan terbaik untuk mengatasi ketombe.

Editors' Picks

2. Mengatasi rambut bercabang dengan minyak argan

2. Mengatasi rambut bercabang minyak argan
lifehack.org

Jika Mama mencari jenis minyak yang dapat mengatasi ujung rambut yang bercabang dan melindunginya dari paparan sinar matahari secara langsung, maka Mama harus menggunakan minyak argan.

Minyak argan merupakan minyak alami dengan kandungan yang ringan sehingga akan cocok untuk berbagai jenis rambut.

Minyak argan akan mengunci kutikula dan mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh kombinasi asam lemak, antioksidan, dan vitamin E. Oleskan pada ujung rambut yang bercabang untuk membuatnya menjadi lebih halus dan juga sehat.

3. Perkuat rambut dengan minyak almond

3. Perkuat rambut minyak almond
healthline.com

Minyak almond dapat membantu memperkuat dan juga melembabkan. Selain itu, minyak almond juga akan cocok dengan rambut yang kering, rusak, atau rambut yang diwarnai dan sedang mengalami masalah.

Minyak almond mengandung vitamin E, protein, antioksidan dan juga magnesium. Kandungan ini memiliki manfaat berupa mengurangi kerusakan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Selan itu, minyak almond juga dapat mengatasi rambut yang kering dan membuatnya lebih ter hidrasi.

4. Atasi ketombe dengan minyak zaitun

4. Atasi ketombe minyak zaitun
Pexels.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau minyak zaitun adalah salah satu minyak yang berfungsi sebagai pelindung sekitar keratin alami yang di temukan dalam rambut.

Kombinasi antioksidan, vitamin E, dan juga asam oleat bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah ketombe.

Jika Mama memiliki rambut yang kering dan ujung bercabang, maka minyak zaitun akan membuat rambut terlihat lebih halus dan sehat.

Mama bisa menghangatkan minyak zaitun dan kemudian oleskan ke seluruh rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut sebelum mandi.

5. Minyak rosemary untuk merangsang pertumbuhan rambut

5. Minyak rosemary merangsang pertumbuhan rambut
thestatesman.com

Jika Mama ingin merangsang pertumbuhan rambut dan ingin meningkatkan kesehatan kulit kepala, maka minyak rosemary adalah jawabannya. Menggunakan minyak rosemary dapat membantu menenangkan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat karena sifat anti-inflamasi nya.

Menggunakan minyak rosemary selama beberapa bulan sama seperti menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung minoxidil.

Minoxidil sendiri merupakan bahan yang terbukti dapat menumbuhkan rambut serta menjaganya tetap sehat dan kuat. Minyak rosemary dapat digunakan untuk semua jenis rambut, termasuk kulit kepala yang sensitif.

Untuk Mama yang menderita ketombe, kulit kepala berminyak, rambut tipis, dan rambut yang kasar, menggunakan beberapa minyak alami ini akan membantu Mama untuk mengatasinya. Semua minyak alami ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat tanpa adanya bahan kimia yang keras.

Jadi, Mama sudah coba menggunakan minyak rambut untuk membuat rambut menjadi lebih panjang dan kuat belum, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.