TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Cara Mengatasi Rambut yang Rusak karena Penggunaan Alat Panas

Sering pakai catokan atau curling iron, hati-hati ya bikin rambut rusak!

19 Agustus 2022

6 Cara Mengatasi Rambut Rusak karena Penggunaan Alat Panas
Freepik/lookstudio

Bagi kebanyakan perempuan, menggunakan alat untuk menata rambut adalah bagian dari rutinitas harian yang tidak boleh terlewatkan.

Meskipun terdapat banyak manfaat estetika untuk membuat rambut menjadi lebih cantik, terlalu sering menggunakannya juga akan membuat rambut rusak.

Alat untuk menata rambut seperti catokan atau plat ceramic dan curling iron bersifat panas, yang mana dapat mengeringkan kutikula rambut dan dapat mengubah struktur protein pada rambut. Hal ini dapat membuat rambut menjadi lebih kering, mudah patah, dan juga bercabang.

Namun, Mama tidak perlu khawatir lagi karena Popmama.comtelah merangkum 6 cara yang dapat Mama lakukan untuk merawat rambut rusak akibat peralatan penata rambut yang panas. Yuk, disimak!

1. Menggunakan heat protection sebelum menata rambut

1. Menggunakan heat protection sebelum menata rambut
kristinesshair.com

Sebelum rambut terkena panas dari peralatan rambut yang Mama miliki, gunakan terlebih dahulu produk yang dapat melindungi rambut dari suhu panas.

Biasanya produk heat protection ini berupa spray atau oil yang bisa dengan mudahnya di aplikasikan ke rambut dan dapat langsung bekerja.

Selain itu melindungi rambut dari suhu panas, menggunakan heat protection juga dapat menjaga kelembapan alami pada rambut sehingga rambut tidak akan mengalami kekeringan dengan mudah.

2. Menggunakan sampo dan kondisioner dengan kandungan tertentu

2. Menggunakan sampo kondisioner kandungan tertentu
Freepik/Torwaiphoto

Kandungan yang ada di dalam sampo dan kondisioner yang dipakai juga menjadi penentu rambut yang sehat dan kuat. Peralatan menata rambut seperti catokan dapat merusak kesehatan dan juga kelembapan pada rambut.

Sampo dan kondisioner memiliki peran yang penting sebagai salah satu hal yang dapat mengatasi kerusakan rambut.

Sebagai pengganti keratin alami pada rambut yang kering, Mama bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang memiliki kandungan keratin di dalamnya untuk menggantikan produksi keratin yang kurang maksimal.

Editors' Picks

3. Menggunakan minyak zaitun

3. Menggunakan minyak zaitun
Pixabay/Siala

Terdapat berbagai macam jenis minyak alami yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan rambut yang rusak akibat alat-alat panas.

Minyak zaitun menjadi salah satu dari minyak alami yang memiliki banyak manfaat untuk membuat rambut menjadi lebih sehat, kuat, dan juga berkilau.

Minyak zaitun dipercaya dapat membantu untuk menghidrasi rambut dan juga menghaluskan kutikula yang kasar akibat peralatan bersuhu panas. Minyak alami ini akan membuat rambut menjadi lebih lembap dan lebih lembut.

4. Rutin menggunakan hair mask

4. Rutin menggunakan hair mask
parents.mdpcdn.com

Tidak hanya wajah saja yang perlu memerlukan masker, namun rambut juga memerlukan perawatan lebih dengan menggunakan masker.

Dengan menggunakan masker rambut, maka nutrisi yang hilang akibat peralatan panas dapat tergantikan.

Menggunakan masker rambut bertujuan untuk memberikan nutrisi pada rambut yang mengalami kerusakan. Tidak hanya karena peralatan panas, tetapi juga kerusakan akibat debu dan paparan sinar matahari.

5. Menggunakan serum rambut

5. Menggunakan serum rambut
Freepik

Selain minyak zaitun, Mama juga bisa menggunakan serum yang di khususkan untuk rambut agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Gunakan serum rambut pada kulit kepala dan bagian lainnya untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Karena pada umumnya rambut yang sering terkena peralatan panas dapat dengan mudahnya rontok, maka dengan menggunakan serum rambut ini akan membantu untuk mencegah terjadinya kerontokan.

6. Memotong bagian ujung rambut

6. Memotong bagian ujung rambut
Pexels/Engin Akyurt

Hal ini bisa Mama lakukan jika memang kondisi rambut Mama sudah mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga membuat rambut menjadi bercabang. Rambut yang bercabang adalah salah satu tanda bahwa rambut mengalami kekeringan.

Karena biasanya ujung rambut adalah bagian yang seringkali terkena suhu panas dari catokan, maka akan lebih mudah untuk mengalami kerusakan.

Untuk mencegah rambut rusak, Mama bisa memotong ujung rambut sebanyak 2-3 cm secara berkala.

Nah, itulah enam cara melakukan perawatan rambut rusak yang diakibatkan oleh peralatan panas. Perawatan ini bisa Mama lakukan sendiri di rumah lho! Sangat mudah, kan? Yuk, dicoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk