5 Fakta Tentang Putih Telur yang Sering Dijadikan Bahan Masker Alami

Dapat mengatasi komedo di wajah

26 Agustus 2021

5 Fakta Tentang Putih Telur Sering Dijadikan Bahan Masker Alami
Freepik/nnudoo

Jika biasanya Mama menggunakan putih telur sebagai salah satu bahan untuk membuat kue, ternyata Mama bisa menggunakannya untuk hal lain lho. Tak hanya untuk di konsumsi, putih telur juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit.

Sudah bukan hal baru lagi kalau putih telur dapat digunakan sebagai masker untuk mengangkat komedo. Namun, apakah putih telur benar-benar aman untuk digunakan?

Yuk, kenali lebih lanjut tentang putih telur yang bisa digunakan sebagai masker wajah yang telah Popmama.com rangkum informasinya berikut ini:

1. Apa itu putih telur?

1. Apa itu putih telur
Freepik/Wavebreakmedia

Putih telur merupakan zat bening dan kental yang biasanya mengelilingi kuning telur. Secara biologis, fungsinya adalah untuk melindungi kuning telur.

Putih telur terdiri dari sekitar 90% air dan 10% protein, yang membentuk 55% dari total protein. Selain itu, putih telur juga mengandung enzim seperti lysozyme yang tidak ada pada kuning telur.

Editors' Picks

2. Manfaat putih telur

2. Manfaat putih telur
Pexels/Polina Tankilevitch

Karena putih telur terdiri dari komponen enzim yang protein seperti lysozyme yang ternyata memiliki sifat antibakteri sehingga dapat berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat.

Selain itu, putih telur juga dapat membantu untuk menghilangkan komedo yang membandel jika digunakan secara topikal. Putih telur dapat mengeluarkan kotoran dan minyak berlebih yang ada pada pori-pori.

3. Manfaat lain untuk kulit wajah

3. Manfaat lain kulit wajah
Freepik/azerbaijan_stockers

Bekerja sebagai humektan, putih telur memiliki beberapa kandungan yang dapat melembapkan kulit.

Protein humektan diketahui dapat memberikan kelembapan pada kulit dan menguncinya. Tak hanya itu, putih telur juga dapat berfungsi untuk mengatasi garis halus dan kerutan tanda penuaan.

4. Efek samping penggunaan putih telur

4. Efek samping penggunaan putih telur
Unsplash/Anthony Shkraba

Mungkin Mama sudah sering melihat beberapa racikan DIY masker yang menggunakan bahan dasar putih telur, tetapi Mama perlu juga berhati-hati terhadap efek sampingnya.

Untuk Mama yang memiliki alergi pada telur, sebaiknya jauhkan penggunaan secara topikal karena dapat menimbulkan reaksi alergi.

Seperti yang diketahui, telur mentah juga mengandung salmonella, bakteri yang ada pada kuning telur. Karena putih telut mengelilingi kuning telur, maka tidak akan menutup kemungkinan Mama akan merasakan alergi.

5. Cara menggunakan putih telur untuk masker

5. Cara menggunakan putih telur masker
Freepik/Starast

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Mama harus benar-benar mengetahui cara untuk menggunakan putih telur sebagai salah satu perawatan kulit.

Untuk Mama yang ingin menjadikannya sebagai masker, sebaiknya secara teliti memisahkan putih telur dari kuning telur, baru setelahnya di kocok sampai berbusa.

Setelahnya, gunakan kapas sebagai applicator untuk mengoleskannya ke bagian hidung atau area yang ber-komedo dan ber-jerawat. Diamkan selama 10-15 menit, baru setelahnya bilas dengan menggunakan air dingin.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Mama ketahui seputar putih telur yang ternyata dapat bekerja secara efektif untuk mengatasi masalah komedo dan jerawat. Namun, ada baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli untuk menghindari adanya reaksi alergi atau hal-hal yang dapat merusak kulit.

Mama juga perlu berhati-hati dalam menggunakan masker putih telur, jangan gunakan pada kulit yang luka karena bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam kulit.

Untuk lebih mudahnya, Mama bisa menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan putih telur di dalamnya. Sudah ada banyak kok, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.