7 Kesalahan saat Mandi yang Bisa Bikin Kulit Kering dan Kusam

Meski terkesan sepele, kesalahan-kesalahan ini bisa berdampak buruk bagi kulit

22 April 2022

7 Kesalahan saat Mandi Bisa Bikin Kulit Kering Kusam
Freepik.com/lifeforstock

Memiliki kulit bersih dan sehat tentu jadi impian setiap orang. Selain menggunakan produk-produk perawatan, salah satu cara mudah menjaga kulit tetap bersih dan sehat adalah dengan rutin mandi setiap hari.

Mandi bermanfaat untuk membersihkan kulit dari kotoran dan bakteri yang menempel, membuat tubuh lebih rileks, melancarkan sirkulasi darah, dan membuat kamu terhindar dari stres.

Tapi tahukah kamu, ada beberapa kesalahan saat mandi yang justru bisa menyebabkan kulit kering dan kusam? Ini bisa terjadi karena kesalahan dalam memilih produk sabun, suhu air mandi yang terlalu panas atau dingin, hingga kurangnya memperhatikan durasi waktu mandi.

Untuk lebih berhati-hati, yuk simak informasi yang berhasil Popmama.com rangkum mengenai 7 kesalahan saat mandi yang bisa bikin kulit kering dan kusam, dilansir dari Everyday Health.

1. Mandi dengan suhu air yang terlalu dingin atau panas

1. Mandi suhu air terlalu dingin atau panas
Pixabay.com

Mandi dengan air dingin memang bisa bikin tubuh lebih segar, namun ini tidak membuat tubuh jadi rileks.

Di sisi lain, mandi dengan air panas juga bukan pilihan yang tepat. Air panas bisa menyebabkan tubuh kehilangan minyak alaminya, membuat kulit kusam dan kering, bahkan bisa menimbulkan rasa gatal di kulit.

Karena itulah National Eczema Association merekomendasikan suhu hangat untuk mandi, guna mencegah masalah kulit kering seperti eksim.

2. Menggunakan spons mandi untuk menggosok kulit

2. Menggunakan spons mandi menggosok kulit
Pixabay/ritae

Spons mandi memang jadi cara yang bagus untuk meminimalkan penggunaan sabun mandi. Dengan menggunakan spons, kamu sudah bisa menyabuni seluruh tubuh meskin hanya menggunakan sedikit sabun.

Namun menurut Doris Day, seorang dokter kulit bersertifikat di New York, spons mandi bisa menjadi tempat penampungan bakteri, yang bisa mengiritasi kulit sensitif atau kering. Selain spons, ini berlaku juga untuk waslap, terutama jika kamu menggunakannya untuk membersihkan tubuh secara menyeluruh.

Karena itulah, kita lebih disarankan untuk menyabuni tubuh menggunakan tangan saat mandi.

Editors' Picks

3. Langkah yang salah saat menyabuni tubuh

3. Langkah salah saat menyabuni tubuh
Freepik/Jcomp

Untuk mencegah timbulnya jerawat dan iritasi kulit, dr. Day merekomendasikan langkah-langkah berikut ini:

Sampo > bilas > gunakan kondisioner > basuh tubuh > lalu bilas kondisioner dan sabun mandi secara bersamaan.

Step tersebut akan membantu kamu membersihkan serta menghilangkan sisa kondisioner dan sabun dari kulit secara bersamaan. Dengan begitu bahan kimia dari sabun, sampo, maupun kondisioner tidak akan tersisa di kulit.

4. Mandi hanya di pagi hari

4. Mandi ha pagi hari
Freepik.com/teksomolika

Sebenarnya tidak ada waktu terbaik untuk mandi, ini tergantung pada jadwal dan preferensi kamu pribadi. Namun pastikan kamu mandi minimal 2 kali sehari, di pagi dan malam hari, terutama jika sudah seharian beraktivitas.

The American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology menjelaskan bahwa mandi sebelum tidur bisa membuat seseorang tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Selain itu, mandi sebelum tidur akan membersihkan serbuk sari dari rambut dan kulit, dimana ini sangat direkomendasikan bagi para penderita alergi.

5. Mandi dengan durasi yang terlalu lama

5. Mandi durasi terlalu lama
Freepik/travelarium

Bagi sebagian orang, berada di bawah shower mandi mungkin jadi satu hal yang menyenangkan. Tapi faktanya, mandi terlalu lama bisa merusak kulit lho.

Sama seperti air panas, mandi terlalu lama bisa menyebabkan kulit kehilangan minyak dan kelembapannya.

Menurut National Eczema Association, orang yang mengalami masalah kulit kering sebaiknya menghindari mandi dengan waktu yang lama. Batasi durasi mandi, lima hingga sepuluh menit saja.

6. Terlalu sering mandi bisa sebabkan kulit kering

6. Terlalu sering mandi bisa sebabkan kulit kering
Freepik/lifeforstock

Terlalu sering mandi juga nggak disarankan, karena berisiko menyebabkan kulit lebih kering. Terutama bagi orang-orang yang tinggal di wilayah yang memiliki suhu dingin.

Namun jika kamu beraktivitas seharian seperti berolahraga atau melakukan pekerjaan yang dapat mengotori tubuh, mandi tentu wajib dilakukan.

Jika tidak memungkinkan untuk mandi, kamu disarankan melakukan bilas cepat sebanyak satu kali, lalu mandi seperti biasa di waktu lainnya. Fokuskan pada bagian tubuh yang kotor dan cenderung lembap seperti ketiak dan bagian selangkangan.

7. Tidak memerhatikan kandungan produk dalam sabun mandi atau sampo

7. Tidak memerhatikan kandungan produk dalam sabun mandi atau sampo
Freepik/pvproductions

Satu lagi nih kesalahan saat mandi yang bisa bikin kulit kering dan kusam, yakni tidak memerhatikan kandungan sabun mandi.

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, untuk itu penggunaan produk seperti sabun mandi, sampo, dan sabun cuci muka, juga harus disesuaikan.

Jika salah memilih produk dan kandungannya tidak cocok dengan kulit, ini berpotensi menyebabkan kulit kamu kering, kusam, dan iritasi.

Nah itulah tadi 7 kesalahan saat mandi yang bisa bikin kulit kering dan kusam. Meskipun terkesan sepele, faktanya kulit kering dan kusam bisa bikin kita merasa tidak nyaman.

Karena itulah, sebisa mungkin hindari kesalahan-kesalahan di atas ya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk