Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Inspirasi Kebaya dan Makeup Artis saat Lakukan Tedak Siten Anak

Kebaya yang digunakan para artis tanah air ketika tedak siten anaknya sukses mencuri perhatian

23 November 2022

10 Inspirasi Kebaya Makeup Artis saat Lakukan Tedak Siten Anak
Instagram.com/arie10andika/yayukpaes

Tedak Siten berasal dari kata tedak yang artinya turun (menapakkan kaki) dan siten yang bermakna tanah. Ketika digabungkan, tedak siten dapat diartikan sebagai sebuah tradisi menginjakkan atau menapakkan kaki ke tanah bagi seorang anak.

Tradisi ini dilakukan dalam bentuk sebuah upacara yang menggambarkan kesiapan seorang anak untuk menghadapi hidupnya di masa depan. Tak hanya sang Bayi, penampilan Mama mereka juga turut mengundang perhatian.

Bisa menjadi inspirasi, berikut Popmama.com telah merangkum inspirasi kebaya dan makeup artis saat lakukan tedak siten untuk anaknya.

1. Nikita Willy

1. Nikita Willy
Instagram.com/yayukpaes

Nikita Willy menggelar prosesi tedak siten Baby Izz pada 20 November 2022 kemarin. Ia menggelar tradisi tedak siten ketika putra pertamanya berusia tujuh bulan. Busana yang dikenakannya mewakili nuansa adat Jawa.

Istri dari Indra Priawan ini mengenakan kebaya kutu baru karya Didiet Maulana dengan gaya rambut disanggul. Senada dengan kebayanya berwarna kalem, Nikita memilih riasan soft glam makeup look dengan alis dan bulu mata lentik.

Sedangkan, blush on dan lipstiknya bernuansa nude. Tak lupa, ia memberikan polesan lip gloss sebagai sentuhan akhir pada bibirnya.

2. Aurel Hermansyah

2. Aurel Hermansyah
Instagram.com/dennisgustiputra

Untuk mendoakan Ameena yang kala itu memasuki usia tujuh bulan, Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar menggelar prosesi tedak siten pada 25 September 2022 di The Manor Andara, Depok, Jawa Barat.

Kebaya berwarna oranye pastel yang dikenakan Aurel sukses membuat tampilannya kian segar. Terdapat aksen kancing, brokat, dan juntaian payet pada beberapa bagian. Ia mengenakan hijab segi empat yang disampirkan ke bagian belakang.

Untuk makeup-nya sendiri, Aurel hadir dengan polesan matte foundation serta tambahan kontur untuk mempertegas bagian wajahnya. Ia memilih tampilan mata bertema bold dengan membaurkan eyeshadow cokelat gelap, fake lashes, dan softlens.

3. Momo eks Geisha

3. Momo eks Geisha
Instagram.com/therealmomogeisha

Momo eks Geisha menggelar acara tedak siten untuk anak keduanya pada 15 Oktober 2021. Diketahui, acara tersebut digelar di kediaman pribadi milik Momo. Ia dan pihak keluarga yang datang tampak mengenakan busana adat Jawa bernuansa gelap.

Perempuan bernama asli Narova Morina Sinaga itu tampil dengan gaya rambut sanggul Jawa. Momo memilih hadir dalam balutan kebaya bermodel kutu baru yang dipadukan dengan kain batik berwarna cokelat gelap.

Wajahnya tampak memesona berkat pulasan makeup semi bold. Ia memilih tampilan eye makeup dengan warna-warna gelap agar semakin menonjol. Tak lupa, Momo menggunakan lipstik berwarna pink sebagai sentuhan akhir.

4. Nagita Slavina

4. Nagita Slavina
Instagram.com/raffinagita1717

Nagita Slavina dan Raffi Ahmad sempat melakukan tedak siten ketika Rafathar Malik Ahmad berusia sembilan bulan. Tradisi tersebut berlangsung secara meriah dan mewah di kediaman keduanya.

Dalam momen spesial tersebut, Nagita Slavina terlihat anggun mengenakan kebaya kutu baru semi transparan berwarna biru. Ia memakai inner yang tampak menyatu dengan kulitnya. Rambutnya yang disanggul menambah kesan keibuan dalam dirinya.

Editors' Picks

5. Yasmine Wildblood

5. Yasmine Wildblood
Instagram.com/yaswildblood

Begini penampilan betapa memesonanya Yasmine Wildblood ketika acara tedak siten putri pertamanya, Raden Ajeng Seraphina Rose Sumarnaningsih Soerjosoemarno. Dalam momen itu, Yasmine dan Seraphina kompak memakai kebaya berwarna kuning.

Kebaya kuning yang digunakan Yasmine berhasil menghadirkan kesan cerah. Blush on dan lipstik berwarna pink membuat tampilan Yasmine semakin fresh. Rambut panjang miliknya memilih untuk disanggul di bawah.

6. Mulan Jameela

6. Mulan Jameela
Instagram.com/awie____

Mulan Jameela juga menjadi salah satu artis yang pernah menggelar tedak siten untuk anaknya. Momen tersebut semakin istimewa karena dihadiri oleh keluarga besar, termasuk Al, El, dan Dul selaku anak sambungnya.

Pelantun lagu ‘Makhluk Tuhan Paling Sexy’ itu hadir mengenakan kebaya Jawa berwarna merah yang dipadukan dengan kain bermotif bernuansa cokelat dan putih. Rambut yang disanggil serta lipstik berwarna merah berhasil membuat penampilannya semakin memikat.

7. Tata Janeeta

7. Tata Janeeta
Instagram.com/tatajaneetaofficial

Kutu baru tampaknya menjadi model kebaya yang banyak dipilih para artis ketika menghadiri acara tedak sityen anaknya. Tata Janeeta memilih tampil memakai kebaya bermodel kutu baru berwarna keemasan.

Ia melengkapi penampilannya dengan menyampirkan selendang merah di salah satu bahunya. Wajah memesonanya kian dipertegas dengan makeup bold. Tata Janeeta menonjolkan bagian mata menggunakan eyeliner dan tambahan bulu mata palsu.

Memesona banget!

8. Ashanty

8. Ashanty
Youtube.com/Rosiana Y Sasmita

Ashanty bersama suaminya, Anang Hermansyah, menggelar tedak siten untuk Arsy Hermansyah ketika sang Anak berusia delapan bulan. Kegiatan tedak siten dilakukan untuk melestarikan tradisi di keluarganya.

Mama sambung dari Aurel Hermansyah itu tampil memesona memakai kebaya kutu baru berwarna ungu cerah. Rambutnya yang disanggul ditambahkan aksesori berupa ronce melati. Penampilannya tersebut dipadukan dengan bawahan kain bermotif berwarna cokelat.

9. Ardina Rasti

9. Ardina Rasti
Instagram.com/arie10andika

Tak kalah dengan artis lainnya, Ardina Rasti juga turut tampil memesona ketika menggelar acara tedak siten untuk anaknya pada 22 Juli 2019. Bersama suaminya, ia tampil kompak mengenakan busana berwarna biru laut.

Rambut Ardina Rasti yang disanggul ala perempuan Jawa sukses menambah kesan keibuan dalam dirinya. Untuk bawahannya sendiri, istri dari Arie Dwi Andhika itu memilih bawahan bermotif batik yang tampak pas dipadukan dengan kebaya biru kenaannya.

10. Vicky Shu

10. Vicky Shu
Instagram.com/sucisuaibsaenong

Jika biasanya tedak siten dilakukan ketik anak berusia tujuh atau delapan bulan, maka berbeda dengan Vicky Shu yang menyelenggarakan tedak siten anak pertamanya ketika genap berusia satu tahun. Rupanya, hal itu dilakukan sekaligus untuk merayakan hari ulang tahun sang Putra.

Vicky Shu memilih tampilan kebaya biru muda bermotif garis-garis yang dipadukan dengan bawahan berwarna biru lebih tua. Bawahannya tersebut mempunyai garis perpotongan yang dapat memperlihatkan kaki jenjangnya.

Jadi itu dia inspirasi kebaya dan makeup artis saat lakukan tedak siten untuk anaknya. Memesona banget tampilan mereka ya, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk