Awas Belang! Ikuti Panduan Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit

Jangan sampai salah ya!

3 Agustus 2021

Awas Belang Ikuti Panduan Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit
Freepik/master1305

Setelah memakai primer, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengaplikasikan foundation pada wajah.

Foundation atau alas bedak berguna untuk menutup kekurangan pada wajah, seperti bercak hitam, noda kemerahan, ataupun tanda lahir yang menggangu di area muka.

Mengingat begitu pentingnya foundation bagi perempuan, maka jangan sampai kamu salah memilihnya ya!

Pemilihan shade foundation yang salah dapat mengancam eksistensi mu di masyarakat. Bagaimana tidak, pasti kamu nggak mau kan keluar rumah dengan wajah yang super putih namun gelap pada bagian leher?

Big no no deh! Jangan diremehkan begitu saja, nyatanya masih banyak lho perempuan yang kesulitan menemukan shade foundation yang tepat untuk kulitnya.

Nah, untuk menemukan yang benar-benar pas untukmu, kali ini Popmama.comakan memberikan 7 tips memilih foundation sesuai warna kulit.

Jangan lewatkan langkah-langkahnya ya!

1. Ketahui skin tone melalui warna urat nadi

1. Ketahui skin tone melalui warna urat nadi
Commonswikimedia.org

Rata-rata manusia memiliki 3 jenis skin tone, yaitu cold, warm, and neutral.

Kulit yang memiliki tipe cold atau putih cenderung memiliki urat nadi tangan yang berwarna kebiruan. Shade foundation yang tepat adalah warna pink, ivory, atau bronze yang tidak membuat kulit mu semakin pucat.

Berbeda dengan cold, kulit yang memiliki tipe neutral atau kuning langsat akan memiliki urat nadi tangan berwarna ungu dan kehijauan. Sedangkan shade foundation yang tepat adalah warna yellow, beige golden, honey, atau caramel.

Dan yang terakhir adalah warm skin tone atau sawo matang. Warna kulit seperti ini cenderung memiliki urat nadi tangan berwarna kehijauan. Shade yang tepat untuk warna kulit yang satu ini adalah warna natural beige, beige, walnut, dan espresso.

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli foundation, cek dulu tipe warna kulitmu. Apakah tipe cold, neutral, ataukah warm?

2. Jangan coba di tangan

2. Jangan coba tangan
semplicementebio.it

Kebanyakan perempuan mencoba foundation pada area pergelangan tangan. Meskipun area tersebut merupakan area yang paling mudah untuk dijangkau, namun jangan lakukan itu untuk memilih warna foundation yang tepat ya.

Begitupun dengan mencoba warna lipstik. Meskipun kamu rasa sudah menemukan warna yang tepat ketika di swatch pada pergelangan tangan, namun akan beda jadinya jika kamu aplikasikannya pada bibirmu langsung.

Percaya deh!

Editors' Picks

3. Aplikasikan foundation pada rahang bawah

3. Aplikasikan foundation rahang bawah
Flickr.com/metromela

Nah, yang paling tepat adalah mengaplikasikan foundation yang akan kamu coba pada area rahang bawa atau langsung di area pipi.

Meskipun sulit untuk dilakukan karena natinya kamu harus kembali menghapusnya, namun itulah cara terbaik untuk mencocokan shade foundation dengan warna kulitmu.

Cobalah beberapa warna yang kamu kira cocok di kulit wajahmu, lalu cobalah mereka secara bersamaan.

Jika sudah, kamu langsung bisa melihat warna yang paling tepat untuk kamu pilih sebagai foundationmu.

Sudah pernah coba?

4. Gunakan di tempat terang

4. Gunakan tempat terang
Unsplash/logan ripley

Mengaplikasikannya di tempat yang cukup akan cahaya akan berbeda dengan pengaplikasian foundation di tempat yang minim akan cahaya.

Maka dari itu, untuk memastikan shade foundation yang tepat bagi kulit wajahmu, maka mengaplikasikannya di tempat terang merupakan satu-satunya cara.

Kamu bisa mengaplikasikannya di depan kaca rias yang disediakan disetiap store, biasanya disana juga sudah ada lampu yang cukup untuk membuat mu lebih jelas memilih warna foundation yang tepat.

Lebih baik coba dengan teliti, sebelum kamu membelinya dan menyesal ketika menyadari bahwa kamu telah salah membeli warna foundation.

5. Perhatikan huruf dan angka pada kemasan

5. Perhatikan huruf angka kemasan
Unsplash/manu camargo

Ini yang paling sering disepelekan!

Sebenarnya beberapa produk foundation telah memberikan kode yang jelas untuk setiap jenis warna kulit. 

Jika kulitmu cenderung putih atau sawo matang, maka pilihlah shade foundation bernomor 10 atau 20. Sedangkan untuk kulit sawo matang, pilihlah shade foundation dengan nomor yang lebih besar yaitu 40 atau 50.

Bukan hanya angka, perhatikan juga huruf yang tertera. Biasanya mereka menggunakan kode C untuk cool, W untuk warm, dan N untuk neutral.

Jangan sampai salah!

6. Meminta pendapat dari orang lain

6. Meminta pendapat dari orang lain
Unsplash/aj alao

Jangan terpaku pada pendirian kita saja, sebaiknya tanyakan juga pada orang lain. Kamu bisa menanyakannya pada SPG kosmetik yang sedang kamu beli.

Atau kamu bisa mengajak teman yang jago dandan untuk menemanimu memilih foundation yang tepat sesuai dengan warna kulitmu.

Malu bertanya, sesat dijalan lho.

7. Coba sampelnya terlebih dahulu

7. Coba sampel terlebih dahulu
Flickr/skeyndor

Cara terakhir jika ternyata kamu masih meragukan warna foundation yang tepat bagi kulit wajahmu, maka mintalah sampelnya pada SPG yang menjual foundation tersebut.

Biasanya mereka menyediakan beberapa sampel untuk para kostumernya, meskipun dengan ukuran yang lebih kecil pastinya.

Nah, setelah mendapatkan sampelnya, kamu bisa lebih lama berpikir untuk memutuskan shade foundation mana yang paling tepat untuk kulitmu.

Nah, itulah ketujuh cara memilih shade foundation yang sesuai dengan  warna kulitmu. Mengingat foundation merupakan basic utama dalam merias wajah maka pastikan baik-baik warna yang tepat bagi kulit wajah mu ya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.