3 Langkah Merawat Rambut Berhijab ala Chacha Frederica

Agar tetap sehat dan kuat, begini trik merawat rambut berhijab!

17 Mei 2019

3 Langkah Merawat Rambut Berhijab ala Chacha Frederica
Instagram.com/chafrederica

Banyak orang berpendapat bahwa jilbab adalah perlindungan hebat untuk kesehatan rambut.

Dengan adanya hijab, rambut pun tidak akan terpapar langsung dengan lingkungan luar seperti matahari, angin, udara, hujan, dan asap polusi.

Selain itu, perempuan berhijab juga jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menghabiskan berkaleng-kaleng hairspray dan menggunakan produk penataan rambut lainnya, yang dapat berperan terhadap kerusakan rambut dan menyebabkan rambut mudah patah dan rontok.

Namun, jangan juga menjadikan hijab sebagai alasan untuk tidak menjaga keindahan rambut.

Rambut berhijabmu justru memerlukan perawatan dan perhatian ekstra karena menghadapi kondisi yang sangat berbeda di bawah jilbab.

Mengetahui hal tersebut, sebagai perempuan yang juga memakai hijab, Chacha Frederica pun membeberkan tips merawat rambut berhijab agar tetap sehat.

Ditemui di acara Rejoice Hijab Perfection Series #SesejukHijrahmu, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa langkahnya.

1. Pemilihan sampo

1. Pemilihan sampo
Pexels/Fancycrave.com

Rambut berhijab cenderung berminyak dan lembap.

Maka dari itu, gunakanlah sampo ringan khusus kulit kepala sensitif yang akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala, mengatasi ketombe, dan mencegah terjadinya rambut rontok.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Chacha Frederica dalam menjaga kesehatan rambutnya.

Diakui pula olehnya, Chacha termasuk tipikal orang yang suka keramas setiap hari, sehingga, ia sangat selektif dalam memilih sampo.

Namun, bagi kamu pemilik rambut kering, usahakan untuk tidak menggunakan sampo dan kondisioner setiap hari, ya.

Lebih baik, gunakanlah berselang hari agar rambut dapat lebih lembab.

Editors' Picks

2.  Pemilihan bahan hijab

2.  Pemilihan bahan hijab
Instagram.com/chafrederica

Saat menggunakan hijab, usahakan untuk memilih bahan kain yang ramah di kulit kepala dan rambut. Hal tersebut juga menjadi salah satu pertimbangan Chacha dalam memilih bahan hijab. 

"Pakaian pendukung pun harus mendukung. Pilih hijab yang bahannya bisa meresap udara, tidak membuat rambut pengap," ungkapnya.

Jika memungkinkan, cobalah untuk memakai serat alami yang ringan, seperti kain chiffon atau katun. Bahan alami yang lembut akan membuat rambutmu bernapas lebih baik.

Hijab katun akan memberikan lebih bayak udara ke kulit kepala sekaligus tetap menjaga rambutmu tertutup.

Jika kamu lebih menyukai kain sintetis, seperti nylon atau polyester, pastikan untuk menggunakan underscarf untuk membantu melindungi rambut dari risiko gesekan antar kulit kepala dan bahan kain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Saat cuaca panas, gunakanlah jilbab berkain tipis dan hindari penggunaan hijab berwarna hitam, karena hitam bersifat menyerap panas.

Sedangkan di hari-hari yang dingin, tak jadi masalah apa pilihan jilbabmu.

3. Mengonsumsi makanan sehat

3. Mengonsumsi makanan sehat
Pexels/Kaboompics.com

Untuk menjaga kesehatan rambut, konsumsilah makanan sehat. Pasalnya, makanan apapun yang masuk ke tubuh juga akan sangat berpengaruh pada ‘mahkota’ perempuan yang satu ini.

Untuk itu, Chacha sangat menjaga asupan makanannya.

"Apa yang kamu makan itu yang kamu hasilkan. Jadi makanan kita itu mendukung kesehatan kulit, rambut, tubuh dan pikiran kita, kenapa? Karena Allah berfirman bahwa kita itu diperintahkan untuk memakan-makanan yang baik," jelasnya.

Chacha juga menjelaskan agar menghindari makanan-makanan yang mengandung banyak minyak, dan gula. 

“Semua itu untuk kesehatan. Muslim yang baik itu adalah Muslim yang mau makan dan hidup sehat serta merawat tubuhnya dengan mengonsumsi bahan-bahan baik yang Allah ciptakan dan sediakan di bumi," tuturnya.

Setelah mengetahuinya, kini pastikan kamu telah menjalani pola makan seimbang dengan makan makanan sehat setiap hari, terutama sumber makanan kaya protein dan zat besi, seperti salmon, kenari, telur, dan bayam.

Nutrisi yang kamu ambil setiap hari dapat membentengi dan memelihara setiap helai rambut.

Jika perlu, kamu juga dapat menggunakan suplemen vitamin yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

Nah, itulah tiga cara merawat rambut berhijab ala Chacha Frederica.

Yuk, jaga kesehatan rambutmu mulai dari sekarang!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;