TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Tipe Kulit Berdasarkan 4 Faktor yang Wajib Mama Ketahui

Memahami jenis kulit secara lebih akurat merupakan langkah awal yang harus dilakukan

21 September 2022

Tipe Kulit Berdasarkan 4 Faktor Wajib Mama Ketahui
dok.hairandskinresearchgrant2022

Kulit setiap orang memiliki tipe yang berbeda, bayangkan perbedaan antara orang yang bekerja dan melakukan aktivitas di luar ruangan akan memungkinkan kulitnya cepat keriput jika tidak menggunakan tabir surya.

Berbeda dengan orang yang bekerja di dalam gedung, biasanya kulit mereka tidak terlalu terpapar sinar matahari langsung. 

"Harapan hidup akan memanjang dan kulit itu rawan terjadi suatu masalah. Kita juga develop, untuk menjaga supaya kulitnya sehat dan fungsinya menjadi optimal. Pencegahan kulit yang sudah menua bukan dilakukan pas sudah tua, tapi ketika kita masih muda. Bukan cuma melihat dari segi estetiknya saja, tapi ini to improve kulit optimal. Indonesia kan kaya dengan sinar matahari tapi sekarang tidak seluruhnya berkah, ini dapat menjadi masalah. Ada yang bilang untuk mendapatkan vitamin D harus berjemur dibawah matahari, tapi saya tidak setuju karena kulit bisa menjadi kering dan nantinya jadi garuk-garuk. Itu kan bahaya," ujar DR. dr. M. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV, Ketua Umum PERDOSKI pada Press Conference L'oréal bersama PERDOSKI dan UI dalam rangka Hair and Skin Research Grant 2022 Winners Announcement Selasa (20/9) lalu. 

Selama ini tipe kulit yang kita tahu hanya sekedar kulit normal, kering, dan berminyak saja, namun ternyata ada beberapa tipe kulit berdasarkan faktornya.

Dilansir dari lesliebaumannmd.com, terdapat 16 tipe kulit di dunia ini yang perlu kita ketahui agar dapat menjalankan perawatan yang benar sesuai tipe kulit yang dimiliki. 

Selain itu, semua orang di dunia ini tidak akan selalu muda dan akan terjadi penuaan umur yang dapat menyebabkan fungsi kulit menurun. 

"Tipe kulit seseorang akan memberikan pengaruh yang berbeda-beda antara individu satu dengan individu yang lainnya," ujar dr. Ruri Pamela, SpKK pada Press Conference L'oréal bersama PERDOSKI dan UI dalam rangka Hair and Skin Research Grant 2022 Winners Announcement Selasa (20/9) lalu. 

Lalu apa saja tipe kulit berdasarkan faktornya? Berikut rangkuman Popmama.com mengenai keempat faktor yang menjadi parameter dalam klasifikasi tipe kulit Baumann. 

Disimak, yuk!

1. Sensitivitas kulit : Sensitif vs resistant

1. Sensitivitas kulit Sensitif vs resistant
Freepik

Mama dapat memahami jenis kulit berdasarkan kesensitivitasannya.

Ciri-ciri kulit yang sensitif biasanya kemerahan, kulit seperti tertarik, gatal, mengelupas, dan merasakan sensasi panas atau perih.

Namun, kebalikannya dari kulit sensitif biasanya orang yang memiliki tipe kulit resistant kuat terhadap peradangan berlebih.

Dapat dikatakan tipe kulit ini lebih tahan banting lho Ma dan juga memiliki sawar yang baik sehingga dapat melindungi kulit terhadap zat-zat yang bersifat alergenik dan iritan.

Editors' Picks

2. Hidrasi kulit : Oily vs dry

2. Hidrasi kulit Oily vs dry
Freepik/Katemangostar

Siapa yang tidak mengenal dengan kedua tipe kulit ini?

Kulit yang berminyak mampu memproduksi sebum dalam jumlah yang cukup dibandingkan tipe kulit dry atau kering.

Sehingga orang yang memiliki tipe kulit berminyak dapat menjaga kelembapannya dengan baik, sedangkan orang dengan tipe kulit kering harus dibantu dengan pelembap agar kulit tidak menjadi kering dan berlanjut kepada peradangan.

Tipe kulit kering biasanya terasa kasar, kurang elastis, dan kusam. 

3. Penuaan kulit : Wrinkled vs tight

3. Penuaan kulit Wrinkled vs tight
tight-n-toned.com

Tipe kulit wrinkled atau berkerut dapat membuat kulit menjadi rawan terhadap keriput.

Ditandai dengan lipatan, garis, atau kerutan di permukaan kulit dan dapat terjadi secara alami, bisa karena proses penuaan atau beberapa faktor lainnya. Lalu apa yang dimaksud tipe kulit tight?

Tipe kulit ini berbanding terbalik dengan wrinkled, yaitu kencang, elastis, dan tidak rawan pada kerutan layaknya kulit anak muda. 

4. Pigmentasi kulit: Pigmented vs non-pigmented

4. Pigmentasi kulit Pigmented vs non-pigmented
Pexel/Andrea Piacquadio

Tipe kulit pigmented biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik gelap yang dapat menyerang kulit.

Lalu sebaliknya, kulit dengan tipe non-pigmented yaitu bebas dari pigmentasi abnormal seperti warna kulit yang tidak merata, freckles, atau flek lainnya. 

Nah, itulah rangkuman Popmama.com tentang 4 tipe kulit berdasarkan faktornya.

Semoga dapat membantu Mama yang sedang bingung dalam mengidentifikasi tipe kulit yang dimiliki ya!

Namun jika ingin memastikan secara langsung, Mama dapat mengeceknya dengan ahli yang tepat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk