Cara Pemakaian Serum yang Benar dalam Rangkaian Skincare Routine

Serum memiliki konsentrasi yang lebih mudah menyerap ke dalam kulit

25 Mei 2022

Cara Pemakaian Serum Benar dalam Rangkaian Skincare Routine
Freepik

Produk serum rasanya sudah tidak asing bagi sebagian besar perempuan modern saat ini. Serum merupakan salah satu produk wajib yang harus ada dalam serangkaian penggunaan skincare. 

Namun masih banyak yang menganggap serum hanya digunakan untuk kebutuhan anti-aging. Sehingga, penggunaan serum masih belum terlalu banyak diminati.

Padahal, serum memiliki variasi dengan tujuan perawatan yang berbeda. Mulai dari menjaga kulit tetap terhidrasi, melawan tanda-tanda penuaan dini, mencerahkan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Selain itu, serum memiliki konsentrasi yang lebih ringan dibandingkan dengan krim wajah. Hal tersebut membuat serum lebih mudah menyerap ke dalam kulit. Sehingga lebih efisien dalam mengatasi masalah tertentu.

Meskipun demikian, penggunaan serum tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada cara pemakaian serum yang benar dalam rangkaian skincare yang digunakan.

Untuk mengetahui cara pemakaian serum yang benar, simak penjelasan dari Popmama.com berikut ini ya, Ma.

1. Lakukan rangkaian double cleansing

1. Lakukan rangkaian double cleansing
Freepik/jcomp

Sebelum mengetahui cara pemakaian serum yang benar, Mama harus membersihkan wajah secara menyeluruh terlebih dahulu. Untuk mengangkat kotoran yang menempel pada wajah secara maksimal, Mama perlu melakukan double cleansing.

Double cleansing adalah cara membersihkan wajah dengan dua tahapan. Tahapan pertama adalah mengangkat kotoran dengan menggunakan oil based cleanser.

Sedangkan tahapan kedua adalah membersihkan wajah dengan sabun wajah untuk mengangkat minyak dan segala kotoran yang menempel di wajah.

Editors' Picks

2. Gunakan toner setelah membersihkan wajah

2. Gunakan toner setelah membersihkan wajah
Freepik/user3008571

Setelah membersihkan wajah secara benar, langkah berikutnya adalah menggunakan toner. Penggunaan toner sangat penting sebagai salah satu tahapan yang harus dilakukan sebelum cara pemakaian serum yang benar dilakukan.

Toner membantu mengangkat sisa kotoran dan sisa sabun yang masih tertinggal di wajah. Selain itu, toner juga berfungsi untuk menyiapkan wajah dalam menerima rangkaian produk skincare lainnya.

3. Aplikasikan serum ke wajah

3. Aplikasikan serum ke wajah
Freepik

Setelah membersihkan wajah dan mempersiapkan kulit wajah dengan menggunakan toner, maka saat ini masuk ke tahap bagaimana cara pemakaian serum yang benar dalam rangkaian skincare routine.

Pastikan kondisi wajah lembap. Tidak terlalu basah atau kering setelah menggunakan toner.

Lalu, teteskan di bagian dahi dan kedua pipi masing-masing cukup satu tetes. Atau, bisa juga meneteskan 1 hingga 3 tetes ke telapak tangan. Setelah itu, ratakan ke seluruh area wajah.

Jangan terlalu banyak meneteskan serum karena akan menyebabkan kulit menjadi terlalu lengket atau berminyak.

4. Pijat lembut dan tempelkan telapak tangan ke wajah

4. Pijat lembut tempelkan telapak tangan ke wajah
Freepik/lifeforstock

Setelah serum diaplikasikan ke seluruh wajah, maka lakukan pijatan lembut di wajah. Tempelkan juga telapak tangan dan menepuk perlahan ke wajah.

Langkah ini dilakukan agar kandungan serum dapat terserap ke dalam kulit.

5. Lengkapi dengan menggunakan pelembap di akhir

5. Lengkapi menggunakan pelembap akhir
Freepik

Cara pemakaian serum yang benar tidak berhenti sampai pengaplikasian serum ke wajah loh, Ma. Lengkapi rangkaian perawatan dengan menggunakan pelembap wajah di akhir.

Pelembab wajah akan mengunci kelembapan wajah. Sehingga, kelembapan wajah akan lebih terjaga.

Walaupun serum adalah produk perawatan wajah yang sudah umum di kalangan perempuan modern, tetapi masih banyak yang belum mengetahui cara pemakaian serum yang benar. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Mama untuk menggunakan serum secara benar ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk