#Popmama2Tahun: Nonton Film Faked Hingga Bagi-Bagi Hadiah

Ada banyak keseruan di ulang tahun Popmama.com yang kedua dan semuanya untuk Popmama Community

24 Februari 2020

Popmama2Tahun Nonton Film Faked Hingga Bagi-Bagi Hadiah
Dok. Popmama.com

Dalam rangka memperingati ulang tahun Popmama.com yang kedua, banyak rangkaian acara yang diadakan. Salah satunya adalah menyelenggarakan acara di kantor IDN Media HQ pada Kamis (20/2/2020) yang bertema Recharge and Love Yourself.

Acara kali ini sengaja diadakan agar Popmama.com bisa semakin dekat dengan para Millennial Mama yang tergabung di Popmama Community. Acara ini juga sebagai bentuk terima kasih kepada para pembaca setia yang telah menemani selama 2 tahun ini.

Popmama.com merupakan media online parenting yang sengaja didirikan oleh Winston Utomo, CEO IDN Media sejak 18 Februari 2018. Popmama.com memiliki tagline A Parenting Guide for Millennial Mama yang selalu hadir untuk memberikan informasi seputar kehamilan, tumbuh kembang anak, kesehatan keluarga, gaya hidup hingga relationship.

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang menarik, dimulai dari menonton film pendek berjudul FakeD bersama Popmama Community dan dilanjutkan dengan talkshow serta berbagai macam games seru dengan hadiah yang menyenangkan para Mama yang hadir.

Dalam acara ini, turut hadir Founder Academi Hipnoterapi Indonesia yaitu Ariesandi S.,Cht sebagai pembicara. Arie banyak menjelaskan tentang hipnoterapi untuk diri sendiri, hal ini juga bertujuan agar Mama lebih mencintai diri sendiri dan menerima segala sesuatu yang ada.

Berikut Popmama.com rangkuman talk show dalam acara #Popmama2Tahun bertema Recharge and Love Yourself.

1. Apa sebenarnya hipnoterapi?

1. Apa sebenar hipnoterapi
Popmama.com/Novy Agrina

Hipnoterapi adalah suatu metode terapi yang menggunakan hipnosis dan berhubungan dengan kesadaran seseorang.

Hipnosis sendiri ialah rangsangan pada alam bawah sadar seseorang sehingga mudah diarahkan dan kehilangan kekuatan untuk bereaksi.

Menurut Ariesandi, hipnoterapi sebenarnya sesuatu yang alami dari tubuh manusia. Namun, banyak orang yang mengira hipnoterapi sebagai sesuatu yang negatif dan memiliki konsep sama seperti hipnotis, padahal hipnoterapi memiliki konsep yang berbeda.

Hipnoterapi sudah banyak digunakan untuk terapi bagi orang-orang yang menyimpan trauma. Biasanya, trauma yang dialami oleh seseorang berasal dari trauma masa kanak atau Post Traumatic Stess Disorder (PTSD). Ini yang membuat seseorang merasa terbebani setiap hari dalam hidupnya.

"Masalah bagi orang dewasa, apapun itu, mau masalah keuangan, mau masalah kecanduan maupun relasi, itu semua berawal dari masa kecil." ujar Ariesandi.

Pada usia di bawah 7 tahun, anak-anak memiliki ingatan yang baik sehingga pada usia ini masa perkembangan anak akan menentukan mentalnya ketika dewasa.

"Usia di bawah 7 tahun perlu mendapat perhatikan dari orangtua, karena pada usia di bawah 7 tahun ini yang akan menjadi pondasi bagi masa dewasa seseorang." lanjut Arie.

Hipnoterapi sebenarnya telah ada sejak ratusan tahun lalu. Seorang ilmuwan asal Austria, Franz Anton Mesmer pada tahun 1770an tertarik dengan metode hipnoterapi. Kemudian metode ini dipopulerkan oleh Sigmund Freud dan Carl Jung dengan teori pikiran bawah sadar.

2. Berapa lama hipnoterapi akan bertahan lama?

2. Berapa lama hipnoterapi akan bertahan lama
Popmama.com/Novy Agrina

Seperti yang diceritakan dalam Film FakeD, hipnoterapi bisa menjadi solusi bagi masalah yang belum diselesaikan dari masa lalu seseorang. Melalui metode terapi seseorang bisa merelaksasi diri dan merefleksi diri dengan apa yang ia lihat, gambaran masa lalu yang sekilas nyata. 

Menerima apa yang salah, memaafkan apa yang belum tepat.

Keberhasilan hipnoterapi terletak pada diri sendiri, bukan orang lain.

Ariesandi mengatakan, "Setiap hari kita mendapat sugesti dari manapun. Sugesti yang paling kuatlah yang akan tertanam dalam diri seseorang."

Menurut Arie, pikiran seseorang seperti tanah yang subur, maka apapun yang didapat maka akan tertanam dengan sendirinya.

"Karena kita dibentuk dari sugesti, maka seseorang memiliki dua pilihan yaitu memilih sugesti yang baik atau memilih sugesti yang buruk. Pikiran seseorang seperti tanah yang subur, apapun yang dilempar ke tanah akan ditumbuhkan tanpa dipertanyakan meski niatnya bercanda." ujarnya.

Hal inilah yang membuat hipnoterapi butuh kerja sama antar diri sendiri, sugestikan pada diri sendiri tentang pikiran yang baik.

"Pikiran kita adalah medan perang sugesti, sama seperti saat seseorang mengalami sakit perut. Ketika sakit perut, seseorang akan minum obat. Sakitnya akan sembuh namun tidak akan bertahan lama, sampai seseorang itu menjaga dirinya sendiri. Hal ini sama seperti hipnoterapi." lanjut Arie.

Kasus-kasus ini juga menjelaskan bahwa hipnoterapi berbeda dengan hipnotis. Ketika seseorang menjalani hipnoterapi, ia masih bisa mengendalikan pikirannya secara aktif dan penuh.

Karena tujuan dari hipnoterapi untuk memetakan persepsi-persepsi yang salah dan sudah terbentuk dalam pikiran seseorang sehingga ia bisa mengendalikan kesadarannya dengan lebih baik.

Pada saat mendapatkan hipnoterapi, pikiran dan tubuh seseorang berada di alam bawah sadar dalam keadaan rileks. Ini yang membuat pikiran seseorang akan mudah menerima saran untuk memperbaiki perilaku.

Editors' Picks

3. Mencintai diri sendiri dimulai dari memaafkan dan menerima masa lalu

3. Mencintai diri sendiri dimulai dari memaafkan menerima masa lalu
Dok. Popmama.com

Ariesandi mengatakan, banyak orang yang memilih terapi hipnosis untuk menyelesaikan masalahnya dengan instan.

"Seseorang cenderung ingin instan dalam menyelesaikan masalah, mungkin bisa saja, namun akar masalahnya tidak akan terselesaikan karena akan ada masalah yang lain lagi dan terus berulang. Sehingga tidak selesai." kata Arie.

Untuk meminta seseorang mencintai dirinya sendiri juga perlu penjelasan lebih rinci misalnya mengenai masa lalu apa yang pernah dialami, trauma seperti apa yang dirasakan, sehingga seseorang susah mencintai dirinya sendiri.

Mencintai diri sendiri juga perlu sejalan dengan memaafkan diri sendiri. Seseorang akan susah mencintai dirinya senndiri jika belum berdamai dengan masa lalu.

"Memaafkan diri sendiri dapat dilakukan dengan cara menerima masa lalu apa adanya. Kembali lagi ke agama masing-masing, yakini bahwa Tuhan memiliki maksud yang besar, maka fokuslah pada tujuan baik yang seharusnya." ucap Arie sebagai penutup.

Itu dia poin-poin yang disampaikan oleh Ariesandi dalam talkshow mengenai hipnoterapi dan mencintai diri sendiri. Semoga Mama bisa mengambil manfaat dari penjelasan tersebut.

4. Semakin meriah dengan games seru

4. Semakin meriah games seru
Popmama.com/Novy Agrina

Tidak hanya talkshow, seperti yang dijelaskan di awal bahwa pada acara #Popmama2Tahun akan ada bayak games seru. Para Mama yang hadir ditantang untuk bisa unjuk gigi.

Ada games perorangan seperti Beauty Pose ala Millennial Mama of the Month yang dipersulit dengan menggunakan properti ice cream.

Ada games beregu seperti tebak lagu anak-anak, tapi jadi sulit karena lagu yang dimainkan diperlambat hingga 5 kali lipat. Wah, jadi tebak-tebakan nih para mama.

5. Banyak hadiah untuk Popmama Community

5. Banyak hadiah Popmama Community
Popmama.com/Novy Agrina

Acara yang diselenggarakan oleh Popmama.com berkolaborasi dengan Production House Kacafilms yang menampilkan film pendek penuh makna berjudul FakeD. Dari film tersebut, Popmama Community yang hadir bisa menambah wawasan soal selflove.

Acara #Popmama2Tahun ini juga didukung oleh Sushi Moo, Chatime, Cupbop Indonesia, Toys Kingdom, Dapoer Rotterdam, dan Aice Indonesia yang telah memeriahkan acara.

Terima kasih untuk para partner yang telah percaya kepada Popmama.com dan mendukung acara ini hingga terlaksana dengan baik dan Popmama Community bisa merasa senang ketika pulang dan kembali berada di tengah keluarga.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.