TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bolehkah Berhubungan Seks saat Sedang Flu?

Gairah meningkat tapi pasangan sedang flu? Boleh nggak sih bercinta?

3 Oktober 2022

Bolehkah Berhubungan Seks saat Sedang Flu
unsplash.com/@womanizer

Hasrat bercinta memang bisa datang kapan saja. Tapi, sebelum bercinta kondisi badan pun mesti harus sehat dan fit. Namun, bagaimana dengan kondisi lagi flu dan punya hasrat ingin berhubungan seks?

Bolehkah berhubungan seks saat sedang flu? Simak penjelasannya yang Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Bolehkah berhubungan seks saat sedang flu?

1. Bolehkah berhubungan seks saat sedang flu
Unsplash/enginakyurt

Banyak headline yang menganjurkan seks saat migrain dapat meredakan sakit kepala. Lantas bagaimana dengan flu? Apakah ini juga berlaku dengan aturan hal serupa?

Sayangnya tidak. Jika kamu bertanya bolehkah berhubungan seks saat flu? Sebaiknya jangan dilakukan hingga gejala mereda.

Biasanya, gejala flu meliputi bersin, batuk, demam, menggigil, nyeri otot, dan tubuh, pilek, hingga kelelahan, ungkap Direktur Eksekutif Pusat Seksual California Selatan Health and Survivorship Medcine Dr. Michael Krychman.

Seks memang melibatkan banyak cairan, termasuk air liur dan sedikit ingus. Kedua cairan ini membawa virus flu. Meski tidak berbahaya, cairan ini dapat menyebar melalui kontak napas. Karena itu, penularan flu saat bercinta tidak bisa dicegah walau sudah menggunakan kondom.

Editors' Picks

2. Meski seks meningkatkan kekebalan tubuh, tapi untuk flu tidak bisa

2. Meski seks meningkatkan kekebalan tubuh, tapi flu tidak bisa
Unsplash/wevibe

Dr. Rachel Needle, Psikolog berlisensi dan Seks Terapis bersertifikat di West Palm Beach, FL yang juga Co-Director di Modern Sex Therapy Institutes, menyetujui pendapat tersebut. Menurutnya, seks memang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Seks memang berkontribusi pada kesehatan kardiovaskular serta meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, seks dapat meredakan ketegangan dan stres, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tingkat depresi dan kecemasan, serta menghilangkan rasa sakit.

Namun pada kasus flu, seks berperan dalam tahap pencegahan dengan meningkatkan kemampuan antibodi tubuh. Hanya saja, seks tetap tidak bisa mencegah penularan yang terjadi ketika terpapar batuk, ingus, dan partikel udara berisi virus.

3. Ada cara lain bercinta dengan pasangan yang terserang flu

3. Ada cara lain bercinta pasangan terserang flu
Unsplash/charlesdeluvio

Flu memang membuat tubuh menjadi kurang nyaman. Namun, bukan berarti gairah menjadi hilang sepenuhnya. Efek dari virus bernama influenza ini, bisa berlangsung cukup lama, bahkan jika fase penularan telah berkurang.

Meski demikian, tetap ad acara menjaga intimasi dengan pasangan, walau tidak dengan seks. Pilihannya bisa diberikan lewat pelukan, usapan, atau melakukan service hand job yang tidak melibatkan pertukaran cairan liur atau ingus.

4. Jika ingin aman, sebaiknya jangan berhubungan seks saat sedang sakit

4. Jika ingin aman, sebaik jangan berhubungan seks saat sedang sakit
Unsplash/wevibe

Berhubungan seks saat sakit akan membuat mood berhubungan seks turun karena badan sedang lemas dan tidak fit untuk beraktivitas fisik. Sebaiknya bicarakan masalah ini dengan pasangan.

Terlepas dari gairah seks yang menurun, sebaiknya tetap hindari berhubungan seks saat sedang sakit, sampai gejala flu hilang setidaknya selama 24 jam.

Demikian informasi tentang bercinta dengan kondisi pasangan yang sedang flu. Semoga informasi ini bermanfaat ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk