Cara Mencegah Osteoartritis a la Joe Taslim!

Begini cara Joe Taslim, sudah coba?

11 Agustus 2019

Cara Mencegah Osteoartritis a la Joe Taslim
Instagram.com/Joe_taslim

Sebagian dari masyarakat sering berasumsi bahwa kondisi tubuh yang pegal atau sampai menimbulkan rasa sakit mungkin disebabkan karena banyak bergerak dan sering melakukan kegiatan yang berat.

Kebanyakan bergerak seperti terlalu banyak bekerja, mengangkat beban, dan kurang istirahat sering dijadikan alasan sebagai penyebab kelelahan.

Nyeri dan pegal yang kamu derita sebenarnya disebabkan oleh gangguan pada sendi, salah satunya Osteoartritis (OA).

Pada data RISKESDAS 2018 menyebutkan bahwa penyakit nyeri sendi di Indonesia mencapai 7,3% dan salah satunya disebabkan Osteoartritis, mungkin banyak masyarakat yang belum tahu mengenai penyakit ini.

Pada acara Media Gathering yang bertema Joinfit "Ajak Masyarakat Indonesia Terus Bergerak dalam Hadapi Setiap Rintangan" di CGV, Pacific Place, Jakarta 1/08/2019.

Ditemui Joe Taslim yang merupakan aktor sekaligus mantan atlet judo Indonesia, beliau mengajak masyarakat khususnya kaum muda yang usianya masih produktif untuk terus bergerak melawan penyakit osteoartritis ini.

Berikut popmama.com rangkum informasi mengenai penyakit osteoarthritis, simak informasinya di sini yuk!.

1. Apa itu osteoartritis

1. Apa itu osteoartritis
Freepik/Stockdevil

Osteoarthritis adalah penyakit sendi yang diakibatkan rusaknya tulang rawan, fungsi tulang rawan sendiri yaitu untuk menghasilkan cairan yang berguna untuk melindungi sendi.

Jika kamu pernah mengalami nyeri pada bagian tangan, kaki, leher, dan punggung hal itu terjadi karna kamu terkena gangguan sendi pada otot. Gangguan sendi akibat osteoarthritis sering dikaitkan dengan pertambahan usia.

Jika tulang rawan pada tubuh kamu mengalami kerusakan maka gangguan sendi akan terjadi, sendi yang terganggu dapat mempengaruhi kinerja otot. Saat otot mengalami gangguan maka kegiatan kamu juga akan terganggu karena rasa nyeri yang diakibatkan oleh permasalahan pada sendi kamu.

Gangguan sendi sering dialami pada bagian tubuh seperti kaki, lutut, tangan, panggul, leher dan tulang belakang.

2. Gejala osteoartritis

2. Gejala osteoartritis
Freepik

Gejala yang ditimbulkan ketika kamu mengalami osteoarthritis adalah bagian tubuh akan terasa nyeri jika digerakan. Sendi mengalami pembengkakan ketika kamu mencoba menekan tangan, lutut atau bagian tubuh lain yang pegal akan terasa sakit.

Ketika kamu duduk dan ingin bangkit dari kursi, sendi akan kaku untuk digerakan saat kamu memutar tangan kamu ke atas dan ke belakang kamu akan merasakan bunyi pada tulang.

Nyeri di bagian tubuh tertentu tidak hilang selama berhari-hari atau hilang lalu nyeri datang kembali, bisa menjadi tanda bahwa sendi kamu sedang dalam kondisi yang tidak baik.

Penyakit ini cenderung meningkat seiring waktu sehingga semakin lama tubuh kamu akan menjadi sulit bergerak dalam melakukan kegiatan.

3. Usia produktif lebih rentan mengalami osteoartritis

3. Usia produktif lebih rentan mengalami osteoartritis
Freepik/Wavebreakmed

Dahulu orang yang sering dikaitkan oleh penyakit ini adalah orang yang sudah lanjut usia, semakin tahun angka penyakit ini semakin meningkat. Namun, sekarang yang lebih banyak rentan terkena penyakit ini adalah masyarakat yang usianya produktif.

Osteoartritis telah terjadi pada masyarakat yang berusia 20-35 tahun, mengapa hal ini bisa terjadi karena pada usia produktif banyak masyarakat yang tidak produktif dalam bekerja.

Sebab itu kurangnya kegiatan ternyata menjadi faktor utama gangguan pada sendi, masyarakat sering berpikir bahwa istirahat yang banyak merupakan cara terbaik untuk menghilangkan rasa nyeri pada tubuh.

Namun istirahat yang kebanyakan juga tidak baik yang baik adalah tidur dengan waktu yang cukup, jika kamu bermalas-malasan untuk berkegiatan maka tubuh kamu perlahan akan mengalami gangguan osteoartritis.

Editors' Picks

4. Penyebab osteoartritis

4. Penyebab osteoartritis
Pixabay/5688709

Kondisi tubuh yang mengalami masalah osteoartritis disebabkan oleh tulang rawan yang  fungsinya mengalami penurunan. Tulang rawan merupakan bagian yang licin, lunak dan elastis hal itu berfungsi untuk menggerakan sendi.

Jika kamu mengalami osteoartritis tulang rawan kamu akan menjadi kasar dan membuat tubuh kamu menjadi susah untuk digerakan. Risiko yang meningkatkan kamu terkena penyakit ini yaitu obesitas, diabetes, kurang aktivitas, dan mengalami cedera.

5. Melakukan pencegahan penyakit osteoartritis

5. Melakukan pencegahan penyakit osteoartritis
Freepik.com

Pencegahan penyakit osteoartritis bisa kamu lakukan dengan cara rutin melakukan kegiatan olahraga untuk menguatkan otot dan sendi. Menjaga pola gaya hidup seperti mengonsumsi makan-makanan yang sehat, mengatur pola tidur, dan menjaga postur tubuh juga bisa menurunkan risiko penyakit osteoartritis.

Kamu tidak boleh duduk dan menekuk lutut terlalu lama, melakukan duduk yang terlalu lama membuat sendi kamu terganggu dan semakin lama akan menyebabkan nyeri pada lutut dan leher.

Mengangkat beban yang terlalu berat secara langsung seperti jika kamu sedang mengambil benda berat di bawah lalu kamu langsung membungkuk dan berdiri tegak, itu merupakan hal yang sangat buruk dan mempercepat kerusakan pada tulang rawan.

6. Kisah inspiratif perjuangan Joe Taslim melawan penyakit sendi

6. Kisah inspiratif perjuangan Joe Taslim melawan penyakit sendi
Popmama.com/Ainun Fadhilah

Joe Taslim yang dikenal sebagai aktor ternyata merupakan mantan atlet judo Indonesia, ia pernah menjadi atlet selama 12 tahun. Banyak rintangan yang dihadapinya ketika menjadi atlet, namun Joe Taslim tidak pernah menyerah untuk membanggakan negara.

"Saat menjadi atlet saya harus membanggakan nama besar negara, saya memiliki tanggung jawab atas itu karena segala kehidupan saya dibiayai negara dari uang masyarakat. 

Sebab itu saat rintangan apapun menghadang saya saya harus berikan yang terbaik sebagai tanggung jawab saya", ujar Joe Taslim.

Pada tahun 2007 Joe mengalami cedera sendi lalu dioperasi dan nyeri sendi timbul lagi di lututnya namun ia tidak pantang menyerah untuk mengharumkan nama baik Indonesia dalam pertandingan judo dikancah Internasional.

Saat itu juga keluarga saya menjadi terpandang, wah anaknya bapak ini ya. Cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengangkat nama keluarga merupakan kehormatan tersendiri untuk saya", ujar Joe Taslim.

7. Pesan Joe Taslim untuk tetap produktif

7. Pesan Joe Taslim tetap produktif
Doc.joinfit

Menjadi produktif adalah sesuatu yang harus kamu lakukan agar kamu tidak mengalami cedera sendi, kurangnya aktivitas akan membuat sendi kamu mengalami gangguan.Teruslah bergerak untuk mewujudkan mimpi-mimpi kamu, jangan biarkan penyakit sendi menghalangi kegiatan kamu.

"Ayo usia produktif terus bergerak keep on rollin untuk melakukan berbagai kegiatan yang menjauhkan kamu dari risiko osteoartritis, masih muda harus semangat dalam berkarya dan memberikan yang tebaik untuk diri sendiri dan sekeliling kamu", ujar Joe Taslim.

Melakukan pencegahan dengan meminimalisir hal-hal yang bisa membuat kamu mengalami gangguan osteoartritis harus dimulai dari sekarang, ubahlah kebiasaan buruk seperti duduk terlalu lama, dan teruslah melakukan kegiatan yang membuat kamu menjadi sangat produktif.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;