Fenomena Tak Biasa, Gerhana Bulan Parsial di Bulan Juli 2019

Banyak fenomena gerhana tahun ini salah satunya gerhana bulan parsial

17 Juli 2019

Fenomena Tak Biasa, Gerhana Bulan Parsial Bulan Juli 2019
Pinterest/Aliproducts

Gerhana bulan menjadi fenomena alam menarik di bulan juli ini. Telah terjadi gerhana bulanparsialyang pada hari Rabu (17/7/2/2019). Gerhana bulan parsial di bulan Juli ini bahkan bisa diamati langsung di Indonesia.

Gerhana bulan adalah peristiwa terjadinya sebagian atau keseluruhan bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Peristiwa ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana bulan terjadi di wilayah Indonesia pada waktu dini hari menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Ada beberapa fakta mengenai terjadinya gerhana bulan juli ini, berikut pomama.com rangkum infomasinya:

1. Waktu terjadinya gerhana bulan

1. Waktu terjadi gerhana bulan
Freepik.com

Berdasarkan halaman resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan berdurasi 5 jam 3,74 menit.

Proses gerhana bulan diawali dengan bulan masuk penumbra bumi pada pukul 01:43:53 WIB. Biasanya mata awam sulit membedakan apakah sudah terjadi gerhana atau belum, lalu bulan hari ini memasuki umbra bumi pukul 03:01:43 WIB.

Saat ini, gerhana bulan mulai relatif mudah dilihat dengan mata kosong, kemudian tengah gerhana mulai terjadi pada pukul 04:30:43 WIB yang mana merupakan waktu puncak gerahan bulan sebagian.

Keseluruhan proses gerhana bisa diamati dari bagian barat Asia, Samudra Hindia,sebagian besar Afrika, dan sebagian timur Samudera Atlantik.

Editors' Picks

2. Terluang di 18 tahun yang akan mendatang

2. Terluang 18 tahun akan mendatang
Freepik.com

Gerhana bulan yang terjadi pada juli 2019 adalah anggota bulan ke-21 dari 75 pada seri saros 139, gerhana selanjutnya diprediksi berhubungan dengan gerhana bulan ini.

Fenomena gerhana bulan sebagian selanjutnya yang sama seperti jenis bulan ini akan terjadi pada 27 Juli 2037 atau dalam 18 tahun ke depan.

3. Melintasi beberapa benua di Dunia

3. Melintasi beberapa benua Dunia
Pinterest/Zizzle

Gerhana bulan dilaporkan akan muncul di sejumlah belahan dunia, seperti Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Asia.

Sebagian besar kawasan Amerika Selatan akan melihat bulan tertutup bayangan Bumi.

Sementara bagian Asia tengah dan timur serta Australia, gerhana masih akan berlangsung ketika bulan terbenam pada Rabu 17 Juli 2019 waktu subuh, seperti yang dikutip dari Space.com.

Gerhana hanya akan muncul di sebagian Amerika Utara, terjadi pada siang hari ketika bulan berada di bawah cakrawala.

Dalam gerhana ini bulan akan berubah warna dari oranye ke merah darah atau coklat. Jangan lewatkan peristiwa alam yang sangat langka ini ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!