Manfaat Diet Garam Bagi Kesehatan Tubuh

Diet garam ternyata ada manfaatnya

15 Juli 2019

Manfaat Diet Garam Bagi Kesehatan Tubuh
Freepik.com

Bagi sebagian orang apabila makanan yang kita makan rasanya hambar tentu membuat kita kehilangan selera makan. Biasanya orang akan menambahkan garam dalam makananya guna menambah cita rasa.

Garam adalah suatu zat berbentuk padat, kristal, dan berwarna putih, garam memiliki rasa asin. Tetapi ternyata kelebihan atau kekurangan garam memiliki pengaruh pada tubuh.

Organisasi kesehatan telah memperingatkan kita tentang bahaya garam sejak lama. Itu karena asupan garam yang tinggi telah diklaim menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

berikut popmama.com rangkum informasinya:

1. Mengurangi risiko penyakit ginjal

1. Mengurangi risiko penyakit ginjal
Freepik.com

Jika kadar natrium dalam tubuh terlalu tinggi maka bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal yang sudah terganggu. Penyakit ginjal, seperti penyakit ginjal kronis (CKD) atau gagal ginjal, berdampak negatif pada fungsi ginjal.

Ketika ginjal kamu terganggu, ginjal tidak dapat berfungsi secara efektif menghilangkan kelebihan natrium atau cairan dari tubuh.

Dilansir dari Healthline, sebuah tinjauan terhadap 11 studi pada orang dengan CKD menemukan bahwa pembatasan natrium sedang secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah dan protein dalam urin (penanda kerusakan ginjal).

2. Mengontrol tekanan darah tinggi

2. Mengontrol tekanan darah tinggi
Freepik.com

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko untuk berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung dan stroke. Diet tinggi natrium telah dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa beralih ke diet rendah sodium dapat menyebabkan perubahan kecil namun signifikan dalam tekanan darah, terutama bagi kamu yang mempunyai tekanan darah dengan kadar tinggi.

Sensitivitas garam dari orang dengan tekanan darah tinggi sangat bervariasi. Namun demikian, diet rendah sodium biasanya diresepkan sebagai pengobatan alami untuk semua penderita tekanan darah tinggi.

Editors' Picks

3. Menghindari penyakit jantung

3. Menghindari penyakit jantung
unsplash.com

Konsumsi rendah sodium umumnya direkomendasikan bagi mereka yang memiliki kondisi gangguan pada jantung, termasuk gagal jantung. Ketika jantung terganggu, fungsi ginjal menurun, dapat menyebabkan retensi natrium dan air.

Makan terlalu banyak garam dapat menyebabkan kelebihan cairan pada orang pengidap gagal jantung dan menyebabkan komplikasi berbahaya, seperti sesak napas.

Dilansir dari Healthline merekomendasikan bahwa orang-orang dengan gagal jantung ringan harus membatasi asupan natrium mereka menjadi 3.000 mg per hari sementara mereka yang gagal jantung sedang hingga berat harus mengurangi asupan mereka tidak lebih dari 2.000 mg setiap hari.

4. Mencegah kanker perut

4. Mencegah kanker perut
Freepik.com

Diet  garam juga telah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, termasuk perut. Di dalam perut banyak sekali organ dalam yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk berfungsi dengan baik pada pencernaan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa garam tinggi dapat merusak lapisan mukosa perut dan meningkatkan pertumbuhan bakteri H. pylori, yang semuanya dapat meningkatkan risiko kanker perut.

Melakukan diet rendah sodium tinggi dapat membantu kita mengurangi risiko kanker lambung yang lebih rendah.

5. Meningkatkan kualitas diet

5. Meningkatkan kualitas diet
Freepik.com

Banyak makanan tidak sehat mengandung natrium sangat tinggi. Makanan cepat saji, barang yang dikemas dan makanan beku tidak hanya mengandung garam tetapi juga cenderung tinggi lemak dan kalori yang tidak sehat.

Seringnya mengkonsumsi makanan ini dapat membuat kondisi kesehatan terganggu seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Pada diet rendah sodium, makanan tinggi garam ini dilarang, ganti makanan kamu dengan makan-makanan yang sehat untuk meningkatkan kualitas diet kamu secara keseluruhan.

Jadi sebenarnya diet garam itu diperlukan ya terlebih bagi penderita tekanan darah tinggi, karena banyak sekali manfaatnya untuk mengurangi risiko kita terkena berbagai penyakit.

Tetapi jangan sampai kita kekurangan natrium juga, seimbangkan kadar zat yang diperlukan supaya tubuh tetap sehat terjaga.

Itulah 5 manfaat diet garam bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupab sehari-hari, Ma. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;