3 Bahan Herbal yang Baik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Penting diketahui untuk mencegah penularan penyakit di masa pandemi

23 Oktober 2020

3 Bahan Herbal Baik Menjaga Daya Tahan Tubuh
Unsplash/Zac Durant

Di masa pandemi saat ini, penting untuk kita menjaga kesehatan. Terutama daya tahan tubuh agar tidak mudah terpapar penyakit. 

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan dalam menjaga daya tahan tubuh, seperti dengan mengonsumsi herbal. Selain dapat menjaga daya tahan tubuh lebih kuat, bahan-bahan herbal biasanya lebih aman karena kealamiannya. 

Lebih lanjut, berikut Popmama.com jelaskan 3 bahan herbal yang baik untuk daya tahan tubuh. Barangkali bermanfaat bagi Mama dalam menjaga kesehatan keluarga di rumah. 

Editors' Picks

1. Daun kelor sering diolah menjadi ekstrak pada suplemen

1. Daun kelor sering diolah menjadi ekstrak suplemen
Pinterest.co.id/Freepik

Daun kelor atau disebut juga dengan moringa merupakan tanaman alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena daun kelor merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik.

Daun kelor diperkaya dengan beragam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin B6, vitamin C, riboflavin dan zat besi.

Tanaman herbal yang populer diolah menjadi ekstrak pada suplemen ini termasuk dalam sumber antioksidan karena kaya akan vitamin C maupun betakaroten. Jadi, dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas penyebab penyakit, Ma. 

Mengonsumsi daun kelor juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol, mencegah peradangan, hingga melawan infeksi bakteri serta racun. 

2. Kunyit dapat mengatasi batuk, pilek, sesak napas, dan sariawan

2. Kunyit dapat mengatasi batuk, pilek, sesak napas, sariawan
Unsplash/FOODISM360

Kunyit telah lama dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Hingga tidak heran, kunyit banyak digunakan dalam berbagai makanan dan minuman untuk kesehatan.

Senyawa dalam kunyit diketahui memiliki sifat anti inflamasi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Kunyit juga diperkaya dengan beta-karoten, asam askorbat (vitamin C), kalsium, flavonoid, serat, zat besi, niasin, kalium, dan zinc yang berguna bagi kesehatan  tubuh.

Selain itu, kunyit merupakan antivirus, anti jamur, anti bakteri, juga sumber prebiotik yang baik untuk mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. 

Biasanya, kunyit dikonsumsi untuk mengatasi batuk, pilek, sesak napas, sariawan, atau sebagai ramuan bagi daya tahan tubuh. Dalam bentuk minuman hangat nan segar, dengan tambahan madu, asam jawa, atau jahe. 

3. Meniran memiliki sifat antikanker

3. Meniran memiliki sifat antikanker
Instagram.com/gunung_ceremai

Meniran dapat tumbuh subur di beragam kondisi tanah. Hingga seringkali disebut sebagai gulma karena sangat mudah ditemui. Padahal, tanaman ini bermanfaat untuk daya tahan tubuh, lho. 

Tanaman hijau yang dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 1 meter lebih ini merupakan sumber antioksidan. Jadi, dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang merusak sel dan menyebabkan penyakit. 

Meniran juga dapat melindungi tubuh dari peradangan, bersifat sebagai antibakteri, dan memiliki sifat antikanker. Dengan mengonsumsi meniran, daya tahan tubuh pun akan terjaga sehingga tetap sehat, Ma.

Selain memanfaatkan 3 bahan herbal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga daya tahan tubuh.

Berikut yang disarankan oleh Emilia Achmadi, Nutritionist and Disease Prevention, dalam acara Peluncuran Immusupport Herbana pada (21/10/2020):

  • mengatur pola makan dengan baik dan sehat,
  • hindari konsumsi alkohol serta merokok,
  • olahraga rutin,
  • menjaga berat badan tetap ideal, dan
  • istirahat yang cukup. 

Itulah beberapa rekomendasi tanaman herbal yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi. Jangan lupa untuk tetap menjalani protokol kesehatan ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.