Sakit Gigi Ternyata Bisa Diobati Dengan Cara Tradisional Lho, Ma

Mudah dan dapat dilakukan di rumah

28 Januari 2020

Sakit Gigi Ternyata Bisa Diobati Cara Tradisional, Ma
Pinterest.com/Shadia Attar

Sakit gigi menjadi kondisi yang tidak nyaman dialami dan cenderung mengganggu aktivitas. Sakit gigi biasanya ditandai dengan nyeri dan gilu pada gigi atau gusi. Tak jarang, sakit gigi yang parah dapat disertai dengan sakit kepala yang hebat.

Sakit gigi cenderung disebabkan karena adanya kerusakan, infeksi, atau pengaruh dari perawatan gigi yang salah sehingga memicu datangnya rasa sakit. Saat sakit gigi melanda, Mama mungkin biasa mengatasinya dengan obat-obatan kimia. 

Namun, ternyata sakit gigi juga dapat diatasi dengan cara tradisional lho, Ma. Jadi, Mama bisa mengobati sakit gigi dengan mudah di rumah karena bahan-bahannya yang sederhana. Yuk, simak tips cara mengobati sakit gigi yang telah Popmama.com lansir dari berbagai sumber: 

1. Garam

1. Garam
Pexels/Artem Beliakin

Cara yang paling mudah dilakukan di rumah saat mengalami sakit gigi, yaitu dengan berkumur menggunakan larutan air dan garam. Air garam merupakan desinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di antara gigi.

Selain itu, mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut. Untuk menggunakan cara ini, cukup larutkan beberapa sendok teh garam dengan air hangat. Lalu, berkumur lah secara berkala dengan air garam.

2. Jahe

2. Jahe
Pinterest.com/Hudson Farmhouse

Selain dapat menghangatkan tubuh, jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Jahe memiliki kandungan zat antibiotik yang efektif untuk mengatasi rasa sakit pada gigi yang disebabkan oleh infeksi kuman maupun bakteri.

Siapkan beberapa potong jahe dan tumbuk hingga halus. Setelah berubah menjadi pasta, oleskan jahe pada area yang sakit. Diamkan beberapa saat dan berkumur. Ulangi beberapa kali dalam sehari untuk meredakan sakit gigi. 

3. Bawang putih

3. Bawang putih
Pinterest.com/Steven Raichlen

Bawang putih memang dikenal sebagai rempah yang kaya manfaat, salah satunya sebagai obat sakit gigi. Bawang putih memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mengatasi bakteri jahat yang menyebabkan sakit gigi.

Selain sebagai pereda nyeri, bawang putih juga dipercaya dapat mengatasi plak pada gigi. Untuk membuat bawang putih bekerja sebagai obat sakit gigi, ambil 1-2 siung bawang putih dan haluskan.

Setelah halus menjadi pasta, oleskan bawang putih ke bagian gigi yang sakit. Diamkan beberapa saat dan berkumur lah. 

Editors' Picks

4. Daun jambu biji

4. Daun jambu biji
Pinterest.com/Đinh Thắng

Daun jambu biji dapat menghambat bakteri spesifik yang ditemukan di mulut (seperti Staphylococcus aureus), dan memiliki sifat antimikroba sehingga bisa meredakan sakit gigi.

Selain itu, daun jambu biji juga dapat mengatasi kerusakan gigi, radang gusi, dan menyembuhkan sariawan. Cara membuat obat sakit gigi dari jambu biji pun cukup mudah.

Kunyah beberapa lembar daun jambu biji yang telah dibersihkan hingga terasa berair dalam mulut. Diamkan beberapa saat agar kandungan dalam jambu biji bekerja. 

5. Cuka sari apel

5. Cuka sari apel
Pinterest.com/Revista Arisanato

Cuka sari apel dapat mengurangi bakteri dan infeksi gigi. Air larutan cuka sari apel menghilangkan rasa sakit dan peradangan gigi. Larutkan beberapa tetes cuka sari apel dengan air dan jadikan obat kumur.

Selain dijadikan sebagai obat kumur, cuka sari apel juga dapat diteteskan langsung pada kapas dan oleskan pada area yang sakit. Ulangi beberapa kali dalam sehari hingga sakit gigi mereda. 

6. Teh peppermint

6. Teh peppermint
Pinterest.com/Iara Praude

Kantong teh peppermint ternyata dapat digunakan untuk mematikan rasa sakit gigi dan menenangkan gusi yang sensitif. Hal ini karena kandungan mentholnya yang memberi rasa mint dikenal sebagai antibakteri.

Caranya, cukup gunakan kantong teh peppermint bekas dan dinginkan beberapa saat dalam freezer. Setelah itu, oleskan kantong teh tersebut pada area yang sakit. 

7. Minyak cengkeh

7. Minyak cengkeh
Pinterest.com/Amy Kinard

Minyak cengkeh secara efektif dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Hal ini karena cengkeh mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami.

Mengatasi sakit gigi dengan minyak cengkeh caranya cukup mudah. Teteskan minyak cengkeh pada cotton buds dan oleskan pada area yang sakit. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat dilarutkan dengan air sebagai obat kumur untuk mengurangi sakit gigi. 

Itu lah beberapa cara tradisional dan mudah dilakukan di rumah untuk mengatasi sakit gigi. Jika sakit gigi dirasa semakin parah, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat ya, Ma. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!