Dikonsumsi Sejak Dulu Kala, Ini 7 Manfaat Jamu Beras Kencur

Selain untuk kesehatan, konsumsi jamu beras kencur secara rutin dapat merawat kulit

2 Februari 2020

Dikonsumsi Sejak Dulu Kala, Ini 7 Manfaat Jamu Beras Kencur
Stephealthylife.wordpress.com

Indonesia identik dengan beragam rempahnya, selain digunakan dalam bumbu masakan. Rempah-rempah ini biasanya diolah menjadi minuman berkhasiat untuk kesehatan, yaitu jamu. Salah satu jamu rempah tersebut adalah jamu beras kencur. Sejak dahulu, jamu beras kencur telah dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat luas karena memiliki banyak manfaat.

Cara membuat jamu beras kencur ini pun cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. cukup menyiapkan beras, asam jawa, gula pasir, gula jawa, kencur, jahe, dan air. Pertama, cuci beras hingga bersih dan rendam dalam air selama 1 jam. Kemudian, rebus campuran asam jawa, gula pasur, gula jawa, jahe, dengan air hingga mendidih dan biarkan dingin. Lalu, tiriskan beras yang direndam, haluskan beras, kencur, dan air rebusan gula serta asam jawa tadi dengan blender. Setelah itu, saring dan peras ampas blenderan tersebut hingga benar-benar kering. Jamu beras kencur siap dikonsumsi.

Tidak hanya murah dan mudah dibuat, jamu beras kencur memiliki segudang manfaat bagi tubuh, lho. Berikut Popmama.com jelaskan beberapa manfaat yang akan didapat jika mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin:

1. Tambah stamina tubuh

1. Tambah stamina tubuh
Pexels/VisionPic.net

Mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin setiap malam hari dapat membantu mengisi stamina sehingga keesokan paginya bangun dengan energi yang lebih baik. Kencur mengandung sehingga dapat membantu dalam meningkatkan energi dan kesadaran, serta dapat mengatasi kelelahan.

Jamu beras kencur juga dapat memberikan efek stimulasi pada sistem yang berperan penting dalam imunitas tubuh. Selain itu, konsumsi rutin jamu beras kencur dapat membantu mereka untuk meningkatkan nafsu makan karena memiliki sifat carminative.

2. Bantu dapatkan tubuh ideal

2. Bantu dapatkan tubuh ideal
Unsplash/Bill Oxford

Jamu beras kencur memiliki kandungan zat yang dapat membakar lemak pada tubuh secara efektif sehingga membantu tubuh menjadi langsing dan ideal. Mengonsumsi jamu beras kencur juga dapat mengurangi kadar glukosa darah dan memertahankannya dengan normal. Untuk itu, jamu beras kencur cocok untuk dikonsumsi saat menjalani program diet.

3. Singkirkan kolesterol jahat

3. Singkirkan kolesterol jahat
Unsplash/Szabo Viktor

Jamu beras kencur dapat memperlancar aliran empedu sehingga membantu penyerapan makanan yang masuk dalam tubuh. Dengan demikian, kolestrol jahat dalam darah dapat tersingkir.

Hal ini dikarenakan kencur memiliki sintase asam lemak dengan bantuan landungan flavonoidnya, seperti kaempferol, quercetin, dan galanin sehingga kolesterol dan trigliserida dapat keluar dari tubuh.

Editors' Picks

4. Kaya antioksidan bagi tubuh

4. Kaya antioksidan bagi tubuh
Pexels/Thiszun

Jamu beras kencur mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas pada tubuh. Jamu beras kencur juga memiliki kandungan antiinfeksi dan antiinflamasi yang dapat melawan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan radang. Ada senyawa dalam jamu beras kencur yang mampu mencegah lepasnya zat yang merangsang radang atau nyeri. Tingginya antioksidan pada jamu beras kencur pun dapat menjaga tubuh tetap sehat, prima, dan terhindar daru segala penyakit.

5. Atasi batuk dan flu

5. Atasi batuk flu
Unsplash/Kelly Sikkema

Saat tenggorokan terasa gatal dan batuk terus-menerus, minum jamu beras kencur hangat dapat menjadi solusi. Jamu beras kencur dapat membantu dalam mengencerkan dahak sehingga tenggorokan terasa lega. Tidak hanya batuk, jamu beras kencur juga dapat meringankan sakit flu. Hal ini dikarenakan jamu beras kencur memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi virus penyebab batuk dan flu.

6. Kurangi rasa sakit perut

6. Kurangi rasa sakit perut
Jenniferfugo.com

Saat mengalami sakit perut atau mulas yang tak tertahankan, mengonsumsi jamu beras kencur ini dapat menjadi obat. Jamu beras kencur juga dapat digunakan untuk mengatasi diare karena kencur mengandung serat yang membantu masalah pencernaan. Selain itu, jamu beras kencur juga dapat meredakan nyeri atau kram perut akibat maag.

7. Bantu rawat kulit

7. Bantu rawat kulit
Pexels/Arsham Haghani

Jamu beras kencur juga memiliki manfaat untuk kecantikan, lho. Manfaat tersebut yaitu, mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit. Selain dikonsumsi secara rutin untuk membantu menyehatkan kulit dari dalam, beras kencur juga dapat dijadikan masker wajah untuk perawatan kulit. Perawatan yang dilakukan dari luar dan dalam tubuh ini akan memaksimalkan hasil akhirnya, lho. 

Yuk, rutin konsumsi jamu beras kencur untuk mendapatkan ragam manfaat di atas. Jangan lupa untuk tetap imbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat, ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.