TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

55 Ucapan 17 Agustus 2022, Cara Unik Maknai Kemerdekaan Indonesia

Dari yang penuh semangat sampai yang lucu tapi bermakna ada di sini!

1 Agustus 2022

55 Ucapan 17 Agustus 2022, Cara Unik Maknai Kemerdekaan Indonesia
Freepik/Jcomp

Hari Kemerdekaan Indonesia menjadi peringatan yang dinanti setiap tahun.

Beragam acara menarik dan unik diselenggarakan untuk menambah kemeriahan. Mulai dari upacara bendera, lomba 17 Agustus, hingga membuat Twibbon untuk media sosial.

Selain itu, mengirimkan ucapan 17 Agustus 2022 juga dapat kamu jadikan pilihan untuk memeriahkan HUT Republik Indonesia. 

Kamu bisa menyusunnya dengan kata-kata yang berkesan. Sehingga, siapa pun yang menerima ucapan 17 Agustus akan merasakan maknanya. 

Berikut Popmama.com telah merangkum 55 ucapan 17 Agustus 2022 untuk perayaan HUT RI ke-77 tahun ini. Yuk, simak kumpulan ucapannya!

1. Ucapan 17 Agustus yang singkat, tapi berkesan

1. Ucapan 17 Agustus singkat, tapi berkesan
Freepik/nikitabuida

Untuk kamu yang tak suka berbelit-belit, ucapan 17 Agustus 2022 ini sangat cocok, lho. Kalimatnya singkat dan jelas. Namun, isinya tetap berkesan karena berisi makna kemerdekaan.

Berikut kumpulan ucapan 17 Agustus singkat:

  1. Dirgahayu Republik Indonesia ke-77. Selamat merayakan perbedaan dalam satu napas kemerdekaan.
  2. Selamat HUT RI ke-77. Semoga kemerdekaan selalu menjadi semangat yang diperjuangkan bersama.
  3. Kemerdekaan memiliki makna kebebasan. Semoga di Hari Kemerdekaan Indonesia ini, kita terbebas dari segala belenggu.
  4. Selamat merayakan Kemerdekaan Indonesia. Semoga kita tak lupa memaknai perjuangan panjang untuk merdeka di masa silam sebagai pembejalaran.
  5. Selamat HUT Republik Indonesia. Mari terus memperjuangkan kemerdekaan sampai semua orang hidup tanpa terkekang.
  6. Dirgahayu Republik Indonesia. Selain merayakan kemerdekaan, mari terus menghidupkan sikap toleransi.
  7. Selamat menyambut kemerdekan Republik Indonesia. Semoga kita semakin semangat dalam meraih impian dan cita-cita.
  8. Kemerdekaan Indonesia adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk mengeksplorasi diri. Yuk, terus belajar dan mengembangkan diri!
  9. Selamat merayakan kemerdekaan Indonesia ke-77. Semoga kita terus semangat memperjuangkan nilai-nilai kebaikan dan kebenaran.
  10. Dirgahayu Indonesia. Semoga segala permasalahan segera terselesaikan dan masyarakat hidup sejahtera.

Editors' Picks

2. Ucapan 17 Agustus dengan kutipan dari para tokoh

2. Ucapan 17 Agustus kutipan dari para tokoh
Freepik/Rawpixel

Agar ucapan 17 Agustus semakin terasa, kamu juga bisa memodifikasi kalimatnya dengan kutipan para tokoh.

Kalimat bijaksana dari para tokoh terkemuka memberikan pesan mendalam tentang kemerdekaan.

Jangan lupa selipkan kalimat ucapan versi kamu, sehingga kalimat ucapan peringatan kemerdekaan Indonesia tersusun dengan baik.

Contoh ucapan 17 Agustus berisi kutipan dari para tokoh:

  1. Hanya dua pilihan, menjadi apatis atau mengikuti arus. Tapi, aku memilih menjadi manusia merdeka - Soe Hok Gie
  2. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu, tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri - R.A. Kartini
  3. Dirgahayu Republik Indonesia. Selalu ingat kalimat Jenderal Sudirman, "Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi.
  4. Seperti kata Ir. Soekarno, "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya." Selamat Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77.
  5. Sesuai pernyataan Ir. Soekarno, "Beri aku 1.000 orangtua, niscaya akan ku cabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia." Yuk, rayakan HUT RI 2022 dengan penuh semangat muda yang membara!
  6. "Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan berbicaralah seperti orator" pesan H.O.S. Tjokroaminoto.
  7. Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang – Ir. Soekarno
  8. Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa jika memang mau berjuang – Abdul Muis
  9. "Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang," pesan Cut Nyak Dien yang penuh kasih.
  10. Dirgahayu Republik Indonesia 2022. Ingatlahm kata-kata Moh. Yamin ini: Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri.
  11. Untuk mencapai sesuatu harus diperjuangkan dulu. Seperti mengambil buah kelapa, dan tidak menunggu saja seperti jatuh durian yang telah masak – Mohammad Natsir
  12. Jagalah namamu, jangan sampai disebut pengkhianat bangsa – Jenderal Gatot Subroto
  13. Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita – Mohammad Hatta
  14. "Kemerdekaan nasional bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya," kata Sutan Syahrir. Perjuangan untuk merdeka adalah proses panjang sampai sekarang. Jadi, mari merayakan HUT RI 2022 dengan semangat untuk terus merdeka.
  15. Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan - Wiji Thukul
  16. Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun – Ir. Soekarno
  17. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia. Mari memperjuangan kemerdekaan dengan ilmu sebab seperti kata Ki Hajar Dewantara, "Dengan ilmu, kita menuju kemuliaan."
  18. Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri – Ir. Soekarno
  19. Kebenaran suatu hal tidaklah ditentukan oleh berapa banyak orang yang mempercayainya – K.H. Ahmad Dahlan
  20. Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka - Bung Tomo
  21. Aku adalah pejuang! Sebagai pejuang, tugasku adalah berjuang. Soal kalah atau menang, itu bukan urusanku, karena tugasku adalah berjuang! - Pangeran Diponegoro
  22. Dirgahayu Republik Indonesia. Mari berpikir besar dan bertindak, seperti kata Tan Malaka.

3. Ucapan 17 Agustus yang memacu semangat

3. Ucapan 17 Agustus memacu semangat
Unsplash/Mufid Majnun

Kamu juga bisa membuat ucapan 17 Agustus 2022 yang penuh semangat. Dengan ucapan ini, harapannya kamu dapat menyalurkan energi baik pada orang lain.

Beberapa contoh ucapan hari kemerdekaan yang memantik semangat:

  1. Perbedaan bukanlah halangan untuk saling menghargai dan menghormati. Dengan sikap toleransi, kita bisa menjaga kedamaian dan kemerdekaan Indonesia. Selamat HUT RI 77! Semoga kita selalu tahu caranya memerdekakan diri dan memberi kebebasan pada orang lain.
  2. Perjuangan kemerdekaan akan terus berlangsung sepanjang masa. Dulu, rakyat Indonesia berusaha merdeka dari penjajahan. Namun, sekarang perjuangan kemerdekaan adalah tentang semangat lepas dari segala bentuk penindasan.
  3. Atas nama kemerdekaan, penindasan dalam bentuk apapun tidak boleh dilakukan. Di momentum perayaan kemerdekaan RI 2022, mari melawan penindasan yang terjadi.
  4. Mari meneruskan perjuangan untuk merdeka dengan semangat meraih impian.
  5. Dirgahayu Indonesia. Semoga kita menjadi bangsa yang mengaplikasikan semangat kemerdekaan dalam segala aspek kehidupan.
  6. Merdeka artinya bebas dari belenggu pikiran sendiri yang membuat tidak berkembang. Mari menyambut HUT RI ke-77 dengan semangat terus berbenah diri.
  7. Selamat HUT RI 2022. Selamat merayakan kemerdekaan dengan semangat dan energi baru.
  8. Masa lalu adalah pembelajaran. Masa depan adalah harapan yang perlu diupayakan. Sementara hari ini adalah kesempatan untuk dimaksimalkan dengan baik.
  9. Jangan biarkan penyesalan menguasai dirimu. Istirahat sebentar dan ayo bangkit menata hidup lagi.  Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia.
  10. Ayo semangat! Hari Kemerdekaan Indonesia seharusnya dimaknai dengan energi baik untuk memperjuangkan hidup.

4. Ucapan 17 Agustus dengan pantun

4. Ucapan 17 Agustus pantun
Freepik/Rawpixel.com

Nah, ucapan 17 Agustus ini cocok untuk kamu yang humoris. 

Pantun bisa menjadi media yang tepat untuk menyampaikan ucapan kemerdekaan Indonesia. Selain memberikan kesan lucu, ucapan dengan pantun juga mudah diterima. Pesan dapat disampaikan dengan cara yang menyenangkan.

Contoh pantun tentang kemerdekaan Indonesia:

Pagi-pagi sarapan
Makannya dengan ketupat
Selamat menyambut hari kemerdekaan Indonesia
Mari terus semangat!

Ada buah pepaya
Ada juga buah mengkudu
Dirgahayu Indonesia
Semoga tambah tangguh dan maju

5+2 = 7
Di kantong, ada uang 10 ribu
Selamat HUT RI ke-77
Maju maju maju!

Bantal terbuat dari kapas
Di atasnya ada buku ajar
Selama masih bernapas
Jangan malas untuk terus belajar

Bapak pulang dari Balikpapan
Tapi buah tangannya dari Sumedang
Masa lalu adalah pembelajaran
Kemerdekaan adalah kesempatan untuk terus berkembang

Jalan-jalan bersama
Pulangnya membeli sarapan
Selamat HUT Republik Indonesia
Mari terus menghidupkan semangat kemerdekaan

Layangan putus
Dikejar malah sia-sia
Hari ini adalah 17 Agustus
Hari Kemerdekaan Indonesia

5. Ucapan 17 Agustus yang bermakna dengan kalimat puitis

5. Ucapan 17 Agustus bermakna kalimat puitis
Freepik/natanaelginting

Kata-kata puitis untuk ucapan 17 Agustus 2022 juga termasuk ide menarik, lho. Kalimat ini bisa dibuat menyentuh dan bermakna. 

Berikut ucapan 17 Agustus yang puitis:

  1. Perjuangan tidak pernah berhenti. Hingga kini, kita memiliki tanggung jawab untuk memaknai kemerdekaan dengan semangat pembebasan.
  2. Mari merayakan hari kemerdekaan dengan membangun kesadaran diri bahwa penindasan dalam bentuk apapun tidak boleh terjadi di muka bumi ini.
  3. Dirgahayu Republik Indonesia ke-77. Tetap percaya pada kemampuan diri dan bangsa sendiri untuk terus melangkah maju.
  4. Merdeka adalah kata lain dari bebas. Kemerdekaan berarti setiap orang bebas untuk menjalani hidup sesuai dengan hak dan tanggung jawabnya.
  5. Selamat HUT RI ke-77. Dengan semangat kemerdekaan, semoga pijar hidup semakin cemerlang.
  6. Tahun berganti, tapi kemerdekaan dirayakan dan diperjuangkan setiap hari. Mari terus memperjuangkannya sepanjang napas berganti.
  7. Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga semangat untuk saling menghargai terus mengalir dalam nadi.

Itulah ucapan 17 Agustus 2022. Yuk, menyambut hari kemerdekaan dengan suka cita dan semangat meraih cita-cita. Semoga hari kemerdekaan tahun ini menjadi momentum baik untuk terus memperbaiki diri dan memberikan kontribusi ke lingkungan sekitar, ya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk