7 Rekomendasi Tempat Bukber di Jakarta Pusat, Yuk Dicoba!

Selain berkonsep unik, tempat-tempat ini juga menyajikan menu istimewa

18 Mei 2019

7 Rekomendasi Tempat Bukber Jakarta Pusat, Yuk Dicoba
Freepik/Evening_tao

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan di bulan Ramadan ini adalah bukber alias buka puasa bersama. Momen ini sering menjadi waktunya bertemu dengan teman lama sekaligus berkumpul bersama keluarga.

Memilih tempat untuk bukber seringkali susah-susah gampang ya, Ma. Selain memikirkan kemudahan akses, memilih menu yang variannya banyak dan berdekorasi unik juga kerap menjadi prioritas.

Bagi Mama yang berdomisili di sekitar Ibu Kota, ini dia ada beberapa rekomendasi tempat bukber di Jakarta Pusat yang Popmama.com sudah pilihkan untuk Mama dan keluarga.

1. Bunga Rampai

1. Bunga Rampai
Instagram.com/bungarampai.pakisculinary

Ingin berbuka puasa dengan nuansa yang klasik dan mewah? Coba yuk ke restoran Bunga Rampai, Ma. Dari luar restoran ini memang tampak tidak terlalu besar, namun jika Mama sudah berada di dalamnya, akan terlihat bahwa restoran ini cukup besar.

Restoran ini menyajikan suasana dan menu makanan yang klasik serta otentik, serta mengusung tema fine dining yang tampilannya elegan.

Di restoran ini terdapat 7 area yang diambil dari nama bunga, misalnya seperti ruang Anyelir yang merupakan sebuah ruang makan utama, 2 ruangan VIP dengan nama bunga Seruni dan Dahlia, ruang kaca Piring dan Teratai untuk ruangan khusus merokok, serta ruang Kemuning.

Sesuai juga dengan namanya, seluruh elemen dari restoran ini menggunakan nama bunga, baik sebagai dekorasi hingga buku menu. Berbagai menu tradisional seperti wedang ronde, wedang jahe dan sekoteng disajikan istimewa di sini.

Lokasinya berada di Jalan Teuku Cik Ditiro No. 35, Menteng, Jakarta Pusat. Tepatnya restoran ini berada di seberang Jakarta Eye Center (JEC).

2. Seribu Rasa

2. Seribu Rasa
Instagram.com/seriburasa_id

Jika Mama berencana hendak bukber di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, restoran Seribu Rasa juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Khususnya jika Mama ingin memilih restoran dengan menu hidangan bercitarasa khas Asia Tenggara.

Tak cuma strategis, restoran Seribu Rasa ini juga dikelilingi oleh gedung perkantoran di pusat kota. Suasana dekorasi interiornya juga bergaya eksotik.

Lokasi restoran Seribu Rasa ini tepatnya berada di Jalan Haji Agus Salim No. 128, Menteng, Jakarta Pusat.

Restoran ini terdiri atas halaman dalam alias inner courtyard, serta outdoor dengan sirkulasi udara yang lancar dan sejuk. Beberapa pilihan menu yang terkenal di antaranya seperti Binjai Fried Chicken, Butter Sauce Crab, Fried Jurong Fish, serta Lamb Honey Sauce.

Jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu jika berencana hendak bukber di restoran Seribu Rasa ini ya, Ma! Mama bisa menelepon ke nomor 021-3928892.

3. Kembang Goela

3. Kembang Goela
Instagram.com/kembanggoela.pakisculinary

Restoran dengan menu dan suasana khas Indonesia lainnya yang juga cocok dijadikan tempat bukber adalah restoran Kembang Goela. Lokasinya berada di Plaza Sentral-Annex Building, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 47-48, Jakarta Pusat.

Ini merupakan restoran khas Indonesia yang berkelas mewah dan elegan. Berdiri sejak tahun 2005, restoran ini menyajikan hidangan klasik dengan gaya Rijsttafel. Dalam bahasa Belanda, ini berarti sebuah cara penyajian makanan secara berurutan dengan pilihan hidangan dari berbagai daerah di Nusantara.

Interior Restoran Kembang Goela saat ini menerapkan desain kolonial dipadukan dengan modern minimalis. Gaya kolonial dapat dilihat dari benda-benda antik yang ada, serta foto-foto kuno Sultan dan Sunan Jawa membuat siapapun yang masuk ke restoran seperti sedang kembali ke masa lalu.

Restoran Kembang Goela memiliki 5 ruangan yang berbeda, yaitu Kembang Sepatu, Sedap Malam, Melati, Bakung dan Cempaka yang masing-masing mempunyai kapasitas yang berbeda.

Selain itu pada penamaan jenis makanan pun banyak membangkitkan kesan nostalgia klasik, misalnya seperti Djoewita Malam, Oedang Kapitein Jongker, Ayam Mevrouw Lintje, Sosis Sinyo Londo, Nasi Goreng Si Pitoeng, dan lain-lain.

Editors' Picks

4. Plataran Menteng

4. Plataran Menteng
Instagram.com/platarandining

Restoran Plataran Menteng terletak di Jalan HOS Cokroaminoto No. 42, Gondangdia, Jakarta Pusat. Dengan luas tanah sekitar 1.500 meter persegi, restoran ini megah dan menyajikan nuansa berkonsep kolonial.

Selain itu, di luar restoran ini juga banyak pohon-pohon rindang sehingga terasa sejuk dan menyatu dengan alam.

Tak cuma sering digunakan sebagai restoran, Plataran Menteng juga sering digunakan sebagai tempat acara penting. Mulai dari corporate gathering, ulang tahun sampai acara pernikahan.

Restoran ini terdiri atas tiga lantai dan rooftop. Lantai pertama adalah yang dilengkapi dengan fasilitas bar, dapat menampung sebanyak 100-120 tamu dengan dua area makan dan dua ruang privat.

Sementara itu, lantai dua terbagi menjadi area makan, sebuah lounge, serta empat ruang privat yang bisa digabungkan. Dengan kapasitas 100-150 orang, area ini juga dilengkapi dengan fasilitas mushola. 

Baca juga:

5. Sate Khas Senayan

5. Sate Khas Senayan
Instagram.com/satekhassenayan

Mama suka dengan hidangan sate serta berbagai pelengkapnya? Coba yuk bukber di restoran Sate Khas Senayan! Restoran ini terkenal dengan menu sate yang menggugah selera.

Di Jakarta Pusat, ada beberapa cabang Sate Khas Senayan yang bisa Mama pilih. Ada yang di Jalan Kebon Sirih No 31A, Jakarta Pusat. Ada juga yang di Jalan Tanah Abang II No. 76, Jakarta Pusat.

Selain itu, Sate Khas Senayan juga ada yang berada di mal. Beberapa di antaranya seperti Plaza Indonesia dan Grand Indonesia.

Menu sate yang disajikan memiliki cita rasa yang sangat empuk dan berbumbu istimewa. Ya, tekstur bumbu kacangnya sangat lembut dan gurih. Selain sate ayam, ada juga sate kambing, sate sapi, serta sate sampler. Ini merupakan menu campuran antara sate ayam, kambing, sapi dan kulit ayam.

Ada juga menu pendamping sate lainnya seperti tahu telur, lontong cap gomeh, gule tongseng, dan lain-lain.

6. Restoran Garuda Sabang

6. Restoran Garuda Sabang
Instagram.com/restorangaruda

Nah, jika pilihan menu bukber Mama adalah menu khas Padang, maka Restoran Garuda bisa menjadi pilihan yang tepat, nih. Salah satu cabangnya berada di Jalan Sabang No. 59, Jakarta Pusat, Ma.

Sama seperti restoran khas Padang lainnya, saat datang Mama akan disuguhkan berbagai menu makanan khas Padang seperti rendang, dendeng balado, ayam pop, telur dadar, serta sayuran seperti daun singkong dan sayur nangka.

Yang berbeda, berbagai variasi menu yang disajikan benar-benar memiliki rasa khas dan ‘berani’ bumbu, Ma. Dijamin akan membuat momen bukber Mama menjadi istimewa!

7. Bumbu Desa

7. Bumbu Desa
Instagram.com/bumbudesa.id

Berbagai hidangan khas Sunda yang gurih dan enak dengan suasana restoran yang modern bisa Mama dapatkan di restoran Bumbu Desa. Salah satu cabangnya terletak di Jalan Cikini Raya No. 72, Jakarta Pusat.

Yang istimewa, terdapat juga alunan musik khas Sunda yang akan menemani momen bukber Mama di restoran ini, lho.

Area restoran ini cukup besar dengan area parkir yang luas, sehingga cocok untuk dijadikan tempat bukber Mama di bulan Ramadan kali ini.

Beberapa menu yang disajikan di antaranya seperti nasi timbel, ayam goreng, sayur asem, sop buntut, gurame pindang, tumis jambal dan karedok.

Demikian rangkuman beberapa rekomendasi tempat bukber di Jakarta Pusat yang bisa Mama pilih. Jangan lupa ajak keluarga dan teman-teman menghabiskan waktu bersama di sini, ya!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;