Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memutuskan untuk Pakai Veneer Gigi

Perhatikan ini jika kamu akan pasang veneer gigi!

21 Mei 2024

Hal Harus Kamu Tahu Sebelum Memutuskan Pakai Veneer Gigi
Freepik/artphoto_studio

Veneer gigi adalah salah satu metode kosmetik yang populer untuk memperbaiki penampilan gigi.

Veneer gigi berbentuk seperti lapisan tipis yang ditempatkan di permukaan depan gigi untuk meningkatkan estetika senyuman. Meskipun prosedur ini menawarkan banyak manfaat, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Berikut Popmama.comhadirkan hal yang harus kamu ketahui mengenai veneer gigi

Veneer Gigi dan Jenisnya

Veneer Gigi Jenisnya
Freepik/anastasiakazakova

Veneer gigi adalah lapisan tipis yang biasanya terbuat dari porselen atau resin komposit yang ditempelkan pada permukaan depan gigi. Alat ini digunakan untuk memperbaiki gigi yang patah, retak, berubah warna, atau memiliki celah di antaranya. Veneer juga bisa mengubah bentuk, ukuran, dan panjang gigi.

Dalam jenisnya, veneer porselen akan lebih tahan lama dan lebih tahan terhadap noda dibandingkan veneer komposit. Jenis ini akan terlihat lebih alami karena sifat transparan porselen. 

Sedangkan jenis lainnya yaitu veneer resin komposit merupakan veneer yang lebih murah dibandingkan veneer porselen dan bisa dipasang dalam satu kunjungan ke dokter gigi. Namun, jenis ini tidak sekuat atau setahan lama veneer porselen.

Manfaat Veneer Gigi

Manfaat Veneer Gigi
Unsplash/Lesly Juarez

Hal yang harus kamu ketahui mengenai veneer gigi adalah manfaat dari veneer itu sendiri. 

Terdapat beberapa manfaat dari penggunaan veneer, utamanya adalah alasan estetika karena veneer  dapat memperbaiki penampilan gigi dan memberikan senyuman yang lebih menarik.

Selain itu veneer juga tidak memerlukan perawatan khusus, cukup menjaga kebersihan mulut yang baik. Ketika menggunakan veneer, kamu dapat merawat gigi dengan menyikat gigi, menggunakan benang gigi dan menghindari makanan keras. 

Walau begitu, ada hal yang harus diperhatikan setelah memasang veneer karena beberapa orang mungkin mengalami peningkatan sensitivitas terhadap suhu panas dan dingin.

Wajib Konsultasi Dokter

Wajib Konsultasi Dokter
Freepik/teksomolika

Sebelum memutuskan untuk mendapatkan veneer. hal penting yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter gigi yang berpengalaman. 

Kamu dapat mendiskusikan tujuan estetika, anggaran, dan harapan kamu untuk memastikan bahwa veneer adalah pilihan yang tepat. Setelah itu, kamu mungkin akan mendapat prosedur persiapan seperti menghilangkan sedikit enamel gigi akan dihilangkan untuk membuat ruang bagi veneer. Proses ini biasanya memerlukan anestesi lokal.

Baru nantinya cetakan gigi akan dibuat dan dikirim ke laboratorium untuk pembuatan veneer yang sesuai. Selanjutnya baru veneer akan dipasang. 

Demikian hal yang harus kamu ketahui mengenai veneer gigi. Kamu dapat menjadikan veneer sebagai opsi estetikamu. 

Baca Juga:

The Latest