Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Chef Arnold Jadi Juru Masak Gala Dinner KTT G20, Berasa Pressure Test!

Menyajikan ragam masakan khas Nusantara, membuat chef Arnold tegang bak di Masterchef Indonesia

16 November 2022

Chef Arnold Jadi Juru Masak Gala Dinner KTT G20, Berasa Pressure Test
Instagram.com/arnoldpo

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bertajuk "Recover Together, Recover Stronger" pada Selasa, 15 November 2022 di Bali. Chef Arnold adalah salah satu juri Masterchef Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam acara akbar tersebut. 

Tak hanya terampil dalam membuat publik kagum akan masakannya di acara TV tersebut, kini ia menjadi koki untuk jamuan makan kenegaraan tersebut yang ia bagikan melalui akun Twitter @arnoldpoernomo.

Intip, yuk! Keseruan Chef Arnold yang jadi juru masak gala dinner KTT G20, berasa pressure test! Simak artikel Popmama.com berikut.

Memasak Hidangan Langsung untuk Para Tamu Kenegaraan

Memasak Hidangan Langsung Para Tamu Kenegaraan
Instagram.com/arnoldpo

Dipercaya sebagai koki jamuan makan malam, chef Arnold tampak tegang bak sedang berada dalam babak pressure test di depan para panelis juri yang saat itu adalah Presiden Jokowi sendiri. 

Pria asal Surabaya itu ditunjuk menjadi chef jamuan makan para pemimpin negara-negara G20. Ia merasa bahwa momen ini adalah yang tersulit dan terpenting selama hidupnya. Hal ini ia sampaikan pada akun instagram pribadinya dengan beberapa potret saat Jokowi melakukan visit untuk melihat langsung menu makanan yang akan disajikan.

"Kami melakukan yang terbaik untuk melayani bangsa kami dan membuat Bapak Jokowi juga Indonesia, bangga."

Gala dinner yang dilakukan pada acara tersebut, bertempat di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kabupaten Badung, Bali. Jamuan makan ini sekaligus menjadi puncak acara KTT G20 pada Selasa (15/11/2022). 

Sembari makan malam berlangsung, Jokowi juga sempat menjelaskan makna dari Patung GWK yang selaras dengan tanggung jawab para pemimpin. 

"Dalam mitologi Bali, patung ini menggambarkan cinta, tanggung jawab, keberanian, dan pengabdian. Ini adalah tugas kita terhadap dunia dan kemanusiaan," jelas Presiden. 

Menu Jamuan Makan di KTT G20 oleh Chef Arnold

Menu Jamuan Makan KTT G20 oleh Chef Arnold
Instagram.com/arnoldpo

Berlangsung secara meriah, menu makanan yang disajikan pun beragam. Walaupun diadakan di Bali, chef Arnold menyuguhkan ragam makanan khas Nusantara dari berbagai daerah, seperti Bali, Jawa, Sulawesi Utara, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh. 

Sebagai makanan pembuka (appetizer), chef Arnold menyajikan makanan khas Bali hingga Manado dengan nama sajian "Aneka Ratna Mutumanikam" atau diversity in one yang artinya satu keragaman. Makanan tersebut mencakup perkedel jagung, daging rajungan Manado, mangga, rumput laut, dan salad dengan bumbu rujak Bali.

Seperti yang kita ketahui, salad adalah buah-buahan dan sayuran segar yang diberi dressing salad. Kali ini, dibuat dengan tambahan bumbu rujak khas Bali yang teksturnya cair, terasa manis, asam, dan pedas, agar siapapun yang menyantapnya akan merasa segar. 

Perkedel jagung yang dikenal sebagai bakwan jagung adalah makanan pendamping atau camilan gorengan yang dibuat dengan bahan dasar jagung manis dan tepung. 

Sementara, untuk main course, para pemimpin negara disuguhi dengan tenderloin sapi wagyu khas Lampung, rendang Padang, mousseline singkong dan kentang, asparagus dalam saus kunyit Bali, hingga puree terong balado. 

Mungkin terdengar asing, tetapi Mousseline singkong ini adalah saus kental yang berbahan dasar singkong. Kentang asparagus dalam saus kunyit, adalah sayur asparagus dibalur dengan bumbu kunyit khas Bali. Puree terong balado adalah kari terong balado yang terasa pedas, manis, dan gurih.

Diakhiri dengan Ragam Menu Makanan Penutup

Diakhiri Ragam Menu Makanan Penutup
Instagram.com/arnoldpo

Setelah menyajikan begitu banyak jenis makanan Nusantara, tak lengkap rasanya bila para pemimpin negara tak mencicipi menu makanan penutup (dessert). Pada puncak acara KTT G20 tersebut, chef Arnold menyuguhkan cokelat mousse Aceh, nasi tuille, beras ketan hitam dengan kelapa parut, dan coulis mangga.

Coklat mousse Aceh berbahan dasar coklat padat khas Aceh dengan taburan bubuk cokelat di atasnya. Nasi tuille dengan bahan dasar nasi dan berbentuk lubang jaring. Beras ketan hitam kelapa parut sendiri adalah jenis camilan yang umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan rasa yang khas, ketan hitam ini dibuat dengan taburan kelapa dengan rasa manis gurih di lidah. 

Coulis mangga atau coulis adalah saus kental yang berbahan dasar buah-buahan segar untuk mewarnai makanan penutup.

Gala dinner tersebut tak hanya menyajikan makanan lezat dari ragam daerah, namun menampilkan lebih dari 200 penari tradisional sebagai gambaran warisan budaya Indonesia. 

Itulah tadi keseruan keseruan Chef Arnold yang ditunjuk jadi Juru Masak KTT G20. Jadi penasaran mau coba masakan chef Arnold, nih!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk