Pandemi Belum Usai, Ini 5 Tips untuk Tingkatkan Imun Keluarga

Gampang juga kok ternyata

5 Februari 2021

Pandemi Belum Usai, Ini 5 Tips Tingkatkan Imun Keluarga
Shutterstock/WHYFRAME

Sepertinya pandemi masih belum terlihat ujungnya, ya? Tentu saja menjaga sistem imun yang kuat sangat penting untuk kondisi seperti ini. Karena kesehatan Mama, pasangan, dan si Kecil adalah prioritas.

Untuk membentuk dan menjaga imun sebetulnya mudah kok, Ma. Hal itu dijelaskan pada acara Webinar Deltomed x Popmama pada Jumat (29/1) yang mengusung tema Mama Sigap Menjaga Imunitas Keluarga. Bersama narasumber Chief Business Development dan R&D Deltomed Laboratories apt. Drs. Victor S. Ringoringo, SE, MSC dan Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dr. Inggrid Tania MSi.

Mereka berbagi pengetahuan tentang menjaga imunitas tak hanya dengan dari physical distancing tapi juga dari mengkonsumsi olahan herbal yang biasa ditemukan sehari-hari lho, Ma. Jadi, sebetulnya mudah banget. Untuk selengkapnya simak terus ya, Ma!

1. Pentingnya 5M dan olahraga untuk menjaga kesehatan diri

1. Penting 5M olahraga menjaga kesehatan diri
Shutterstock/KC Yoong

Ini sudah nggak asing lagi buat Mama. Para narasumber menyarankan untuk tidak hanya melakukan 3M tapi juga butuh 5M untuk menghindari risiko terinfeksi COVID-19 yaitu: memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

Ingat ya, Ma. Ini adalah cara awal untuk memproteksi diri. Setelah itu juga melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap harinya.

Editors' Picks

2. Mengkonsumsi nutrisi yang berasal dari tanaman herbal untuk meningkatkan imun tubuh

2. Mengkonsumsi nutrisi berasal dari tanaman herbal meningkatkan imun tubuh
Shutterstock/Dolly MJ

Dr. Inggrid Tania menjelaskan bahwa tanaman yang biasa ditemukan sehari-hari seperti meniran, daun kelor, dan kunyit merupakan bahan yang memiliki banyak khasiat. “Tanaman ini bisa disebut sebagai imunomodulator yakni memiliki zat untuk memodifikasi respon imun,” jelasnya.

Meniran terbukti secara ilmiah sebagai imunostimulan yang berfungsi meningkatkan sistem imun spesifik dan non spesifik. Daun kelor kaya akan nutrisi seperti kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, dan berbagai vitamin, serta berfungsi juga sebagai imunomodulator.

Kunyit juga dapat membantu memelihara sistem saluran pencernaan sehingga meningkatkan absorpsi nutrisi pada saluran pencernaan, sebagai antiviral, dan anti inflamasi yang berfungsi sebagai imunomodulator. Oleh karena itu, Ma, tanaman tersebut disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

Namun untuk hasil yang maksimal, tentu saja perlu pemrosesan yang baik. Mulai dari pemilihan tanaman yang berkualitas serta proses yang benar. Jadi, juga perlu hati-hati ya, Ma!   

3. Imugard beri kepraktisan untuk mengkonsumsi herbal untuk daya tahan tubuh

3. Imugard beri kepraktisan mengkonsumsi herbal daya tahan tubuh
Instagram/imugard_id

Agar Mama nggak riweuh, Imugard juga bisa jadi solusi lho. Sebab, Imugard merupakan produk herbal dengan kandungan 3 in 1 herbal formula dari meniran, daun kelor dan kunyit. ”Dari kombinasi 200 mg meniran, 125 mg daun kelor, dan 75 mg kunyit saling bersinergi dan membentuk imunomodulator alami yang berkualitas untuk tubuh,” jelas Victor.

Semua itu diolah melalui proses dan standarisasi BPOM Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik. Semua diperhatikan mulai pemilihan bahan baku dari alam sampai proses packaging yang higienis. Ditambah lagi PT Deltomed Laboratories juga memiliki sertifikat ISO 9001:2015 terkait quality management system (QMS). Jadi, tentu saja ini sangat aman untuk dikonsumsi, Ma!

Imugardini juga tidak menyebabkan ketergantungan bagi siapapun karena tidak mengandung zat adiktif. Mama juga bisa mengkonsumsinya setiap hari tanpa ada tenggat waktu yang ditentukan. Sebab, biasanya produk imunomodulator memiliki larangan untuk dikonsumsi pada jangka waktu tertentu.

4. Imugard juga aman untuk anak 12 tahun ke atas

4. Imugard juga aman anak 12 tahun ke atas
Instagram/imugard_id

Imugard sangat mudah untuk dikonsumsi hanya butuh 2 kaplet per hari yakni untuk pagi dan malam. Waktu terbaik untuk meminumnya adalah 1 kaplet di pagi hari sebelum beraktivitas, dan malam hari setelah beraktivitas. Untuk mendapatkannya pun mudah, tersedia di Century, Watson, apotek dan toko obat terdekat, serta bisa juga didapatkan online di Deltomed Store (official store)seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, Bukalapak, dan JD.ID. Nggak perlu repot untuk keluar. Tinggal klik sudah sampai di depan rumah.

Si Kecil yang sudah berusia lebih dari 12 tahun juga boleh meminum Imugard, Ma. Hanya perlu 1 kaplet per hari. Setengah dosis di pagi dan malam hari. Harganya pun sangat terjangkau hanya Rp 3,000,- per kapletnya. Oh iya jika membeli lewat e-commerce gunakan pastikan beli di Deltomed Store (official store), karena dijamin keasliannya dan banyak promo menarik. Lumayan nih!

5. Ibu menyusui juga boleh untuk mengonsumsi

5. Ibu menyusui juga boleh mengonsumsi
Dok. Popmama.com

Bagi Mama yang sedang menyusui juga boleh banget buat mengkonsumsi Imugard. Tentu saja untuk meningkatkan imun Mama yang sekaligus nanti berdampak untuk peningkatan imun si Kecil. Karena pada dasarnya bahan baku Imugard juga memiliki kandungan daun kelor yang juga dapat melancarkan ASI. Eits, tapi jangan lupa disertakan MPASI juga ya, Ma! Biar makin lengkap dan bisa terus sehat.

Hal ini merupakan aspirasi PT Deltomed Laboratories untuk terus hadir membantu masyarakat meningkatkan sistem imunnya di era pandemi ini. Karena tanaman herbal seperti ini juga menjadi nutrisi yang penting untuk tubuh.” jelas Victor. (CSC)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.