Melihat Kasus Citilink, Ketahui Aturan Pintu Darurat Pesawat

Ketahui pentingnya aturan menggunakan pintu darurat saat di pesawat!

30 September 2021

Melihat Kasus Citilink, Ketahui Aturan Pintu Darurat Pesawat
Pexels.com/Longxiang

Pesawat Citilink QG 944 rute Cengkareng-Batam terpaksa mendarat darurat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Sumatera Selatan pada Senin (27/9/2021).

Pesawat ini harus mendarat darurat setelah seorang anak usia 6 tahun membuka penutup tuas pintu darurat yang membuat pesawat harus segera mendarat di bandara terdekat untuk dilakukan pengecekan secara teknis guna menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan para penumpang.

Untuk mencegah hal demikian terjadi kembali, kamu perlu mengetahui aturan apa saja terkait pintu darurat di pesawat yang tidak boleh sembarangan untuk dibuka begitu saja.

Nah, untuk membantu Mama mengetahui aturan pintu darurat di pesawat. Berikut Popmama.com rangkum informasinya di bawah ini.

1. Anak usia 6 tahun buka pintu darurat, pesawat Citilink mendarat darurat

1. Anak usia 6 tahun buka pintu darurat, pesawat Citilink mendarat darurat
Pexels.com/JuanPablo

Pesawat Citilink terpaksa mendarat darurat setelah seorang anak usia 6 tahun yang diketahui duduk di depan pintu darurat pesawat membuka tuas penutup pintu darurat.

Kejadian ini disaksikan oleh salah satu penumpang Citilink bernama Jadi Rajagukguk yang juga menjabat sebagai Ketua Kadin Kota Batam.

Jadi menjelaskan, ia sedang tertidur setelah satu jam lepas landas dari Bandara Cengkareng dan terbangun akibat menyaksikan awak kabin terlihat panik dan berlarian ke arah pintu emergency.

"Saya duduk di kursi nomor 2C, ketika itu baru sekitar sejam pesawatr take off dan saya tertidur. Kemudian saya dikejutkan karena pramugari pada berlarian ke arah pintu emergency," ungkap Jadi.

Editors' Picks

2. Apakah ada syarat khusus untuk penumpang duduk di area pintu darurat?

2. Apakah ada syarat khusus penumpang duduk area pintu darurat
Pexels/Sourav Mishra

Dilansir dari airasia, untuk duduk di barisan pintu darurat pesawat maka penumpang harus memenuhi kriteria berikut ini:

  • Sehat fisik dan mental untuk membantu awak kabin dalam keadaan darurat
  • Mampu memahami instruksi darurat tertulis/yang diucapkan
  • Berusia 15 tahun ke atas
  • Tidak dalam keadaan hamil usia berapa pun
  • Tidak bepergian dengan bayi
  • Tidak membeli tempat duduk tambahan

3. Jangan sampai salah, patuhi aturan soal pintu darurat pesawat

3. Jangan sampai salah, patuhi aturan soal pintu darurat pesawat
Freepik.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aturan terkait pintu darurat adalah penumpang tidak dapat sembarangan membuka pintu darurat jika tidak dalam kondisi darurat. 

Selain itu, pintu dan jendela pesawat tidak dapat dibuka begitu saja ketika pesawat berada di udara karena pintu dan jendela pesawat dirancang untuk tidak bisa dibuka saat dalam penerbangan.

Sehingga, penting sekali bagi awak kabin memberitahu kepada para penumpang terkait aturan-aturan apa saja yang harus dipahami dan dipatuhi oleh penumpang sebelum pesawat lepas landai.

4. Pentingnya himbauan dari awak maskapai terkait pintu darurat pesawat

4. Penting himbauan dari awak maskapai terkait pintu darurat pesawat
Pexels.com/Jcomp

Kegunaan pintu darurat di pesawat adalah untuk meminimalisir jika sewaktu-waktu terjadinya suatu insiden yang bisa membahayakan dan mengancam jiwa seluruh penumpang maka pintu darurat ini bisa digunakan.

Oleh karena itu, penting sekali bagi awak maskapai memberikan himbauan dan mengingatkan kepada seluruh penumpang khususnya yang duduk di area pintu darurat agar paham dan sadar fungsi dari kegunaan pintu tersebut.

5. Pintu darurat pesawat hanya bisa digunakan saat dalam kondisi darurat saja

5. Pintu darurat pesawat ha bisa digunakan saat dalam kondisi darurat saja
Freepik

Seperti namanya, fungsi dari pintu darurat di pesawat adalah untuk keluar dari badan pesawat saat dalam kondisi darurat.

Kondisi tersebut maksudnya adalah saat adanya kondisi yang membahayakan dan mengancam jiwa para penumpang, seperti kebakaran dan kecelakaan lainnya.

Itulah aturan terkait pintu darurat pesawat yang tidak boleh sembarangan dibuka kecuali dalam kondisi darurat saja. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.