Tips Puasa Sehat dari Creator TikTok, Bisa Ditiru Nih Ma!

Agar konten media sosial lebih berguna, ambil manfaat baiknya yuk

28 April 2021

Tips Puasa Sehat dari Creator TikTok, Bisa Ditiru Nih Ma
Pexels/cottonbro

Menahan lapar dan haus selama menjalani ibadah puasa mungkin akan membuat Mama urung untuk berolahraga karena takut akan mengalami kelelahan.

Jangan khawatir Ma, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadan terdapat beberapa tips dari beberapa kreator video di media sosial TikTok yang bisa Mama lakukan.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasinya.

1. TikTok sebagai platform berbagi tips

1. TikTok sebagai platform berbagi tips
Pexels/cottonbro

Mama mungkin sudah tidak lagi asing dengan sosial media TikTok yang booming dan banyak meraup pengguna dari berbagai kalangan semenjak awal 2020.

Dengan adanya sosial media TikTok beberapa orang memanfaatkan platform tersebut sebagai tempat untuk membagikan berbagai tips salah satunya tips kebugaran tubuh di bulan Ramadan.

Editors' Picks

2. Olahraga pada waktu yang tepat

2. Olahraga waktu tepat
Pexels/alenap-darmel

Salah satu Kreator yang menggunakan TikTok sebagai tempat berbagi tips adalah Sally Tanudjaja yang juga merupakan seorang ahli gizi.

Sally menyarankan agar saat berpuasa umat muslim memilih waktu olahraga yang bisa menghindari diri dari dehidrasi cairan. Malam hari menjadi waktu yang sangat disarankan untuk berolahraga.

Pilih olahraga dengan intensitas rendah dan jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan dengan mengonsumsi air mineral minimal 2 liter sehari.

3. Lakukan gerakan yang mudah dilakukan

3. Lakukan gerakan mudah dilakukan
Pexels/artem-podrez

Olahraga yang dilakukan sebaiknya jangan yang terlalu berat, cukup berolahraga dengan gerakan yang ringan hingga menengah, sudah bagus untuk menjaga kebugaran tubuh.

Mama bisa melihat contoh gerakan yang mudah dilakukan melalui akun TikTok @gilangseiya yang merupakan seorang instruktur olahraga.

4. Mengatur asupan makanan

4. Mengatur asupan makanan
Pexels/fox

Untuk mencegah tubuh agar tidak lemas selama sehari berpuasa, Mama harus memerhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Asupan gizi pada saat sahur dan buka puasa harus memiliki karbohidrat dan protein untuk memberikan tenaga dan membangkitkan kembali energi tubuh.

5. Istirahat yang cukup

5. Istirahat cukup
Pexels/andrea-piacquadio

Selain berolahraga dan mengonsumsi makanan bernutrisi, jangan lupa untuk istirahat dengan cukup saat bulan Ramadan Ma.

Hal ini karena jadwal kegiatan Mama kemungkinan berbeda dari bulan lainnya, yaitu waktu di malam juga terpakai untuk beraktivitas. Jadi, pastikan tubuh memperoleh istirahat dan tidur dengan cukup.

Itulah rangkuman informasi terkait tips puasa sehat dari beberapa kreator TikTok. Semoga informasi di atas dapat membantu Mama dalam menjalankan ibadah puasa ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.