TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Tips Menjaga Kesehatan untuk Meningkatkan Gairah Seksual Laki-Laki

Mulai menua bukan berarti performa di tempat tidur ikut menurun

13 Agustus 2022

6 Tips Menjaga Kesehatan Meningkatkan Gairah Seksual Laki-Laki
Freepik/jcomp

Seiring bertambahnya usia seorang pria, mereka cenderung tidak terlalu memperhatikan kondisi kesehatan dan hanya fokus pada peran sebagai kepala keluarga seperti pengambil setiap keputusan dalam rumah tangga, mencari nafkah, serta menjadi Papa yang baik.

Ketidakpedulian terhadap kondisi kesehatan tentu berisiko terhadap berbagai penyakit. Sebut saja kardiovaskular, diabetes, ginjal hingga mengalami impotensi. Hal tersebut tentu berdampak menurunnya gairah seksual terhadap pasangan yang dapat mempengaruhi harmonis hubungan rumah tangga.

Untuk itu mulailah melakukan perubahan gaya hidup dengan fokus menjaga kesehatan agar tetap bugar dalam menjalankan aktivitas terutama bergairah dalam menjalankan hubungan bersama Mama.

Berikut beberapa tips yang sudah Popmama.com rangkum yang bisa jadi referensi buat Papa. Yuk simak.

1. Mulailah rutin berolahraga

1. Mulailah rutin berolahraga
Freepik/pressfoto

Membiasakan berolahraga secara teratur bisa dimulai dengan kegiatan yang ringan seperti berjalan kaki, jogging, sepeda dan renang.

Karena dengan melakukan olahraga ringan dan dijadikan kebiasaan atau rutinitas dapat memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh, termasuk aliran darah ke penis. Hal tersebut mencegah risiko tubuh mengalami impotensi.

Selain itu, manfaat dari olahraga adalah dapat menjaga kebugaran tubuh sehingga Papa memiliki stamina yang prima dalam memberikan performa seks yang menyenangkan.

2. Melakukan pijatan secara teratur

2. Melakukan pijatan secara teratur
Freepik/Javi_indy
Ilustrasi

Pijatan memberi manfaat yang baik untuk kesehatan salah satunya memperlancar aliran darah dan tentu saja memberi efek relaksasi pada tubuh.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa  melakukan pijat secara teratur dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan merangsang pelepasan endorfin dan meningkatkan energi pada tubuh.

Pijat juga salah satu solusi dalam mengatasi insomnia karena dapat mengontrol kadar kortisol (hormon stres) di dalam tubuh, dan meningkatkan serotonin serta melatonin (hormon yang mengatur tidur).

Editors' Picks

3. Kelola stress dengan baik

3. Kelola stress baik
Freepik/wavebreakmedia_micr

Stress dapat mempengaruhi kesehatan termasuk menurunnya libido.

Pada saat mengalami stress rentan terjadi meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah sehingga mempengaruhi stamina seksual pria, salah satunya dalam mencapai orgasme.

Olahraga yang teratur adalah salah satu cara yang bagus mengurangi stres. Selain itu menciptakan obrolan yang dengan Mama juga dapat menenangkan diri dan tentunya dapat memperkuat hubungan harmonis.

4. Menjaga asupan nutrisi makanan yang baik

4. Menjaga asupan nutrisi makanan baik
Freepik/User6694312
Dok. Jovee

Bertambah usia pada laki-laki juga diiringi dengan menurunya kadar testosteron yang membuat stamina berkurang sehingga rentan terhadap perubahan suasa hati, kesulitan tidur hingga berujung stress dan depresi.

Untuk itu selain perlu menjaga stres, juga diikuti mengubah pola makan dengan menjaga asupan gizi dan nutrisi yang baik.

Salah satunya bisa mengosumsi makanan penguat testosteron seperti kacang almond, telor, dan sayuran serta buah-buahan yang memiliki kandungan flavonoid.

5. Menikmati matahari pagi

5. Menikmati matahari pagi
Unsplash/Zwaddi
Sinar matahari pagi mengandung banyak sekali Vitamin D

Papa juga rentan terkena depresi lho Mama ketika mulai menghadapi perubahan kemampuan fisik mereka dalam performa di atas ranjang seiring usia menua. Nah, agar terhindar dari depresi salah satunya dengan menikmati suasana pagi saat matahari mulai terbit.

Berjalan santai dan menghirup udara segar adalah kegiatan yang bisa dilakukan saat pagi hari. Pasalnya, salah satu cara yang direkomendasikan dalam melawan depresi adalah dengan mendapatkan cukup vitamin D.

Sinar matahari pagi adalah sumber terbaik dalam memperoleh vitamin D. Tapi, jangan lupa menggunakan sunscreen atau sunblock ya pada saat menikmati matahari pagi.

6. Berhenti merokok dan tidur yang cukup

6. Berhenti merokok tidur cukup
Freepik/Racool_studio

Kebiasaan gaya hidup merokok salah satu penyebab terjadinya impotensi yang tentu saja mempengaruhi gairah seksual dengan pasangan. Untuk itu mulailah berhenti merokok dan tidur yang cukup agar kebugaran tetap terjaga.

Jika Papa. mengalami kesulitan untuk tidur yang cukup secara teratur, cobalah untuk minum teh herbal seperti chamomile dan lavender.

Nah itu tips sederhana dan menarik yang dapat dilakukan oleh Papa dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Biar bagaimana pun Papa memiliki peranan penting dalam performa di tempat tidur. Jangan lupa beritahu Papa, ya Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk